Memainkan Chord Pada Bass!!

Leave a Comment
Guitarsquartz.net- Chord pada bass?? Why not? Bass adalah instrumen ritem, bersama dengan drum untuk menjaga groove dan tempo sebuah lagu. Tapi bass juga bisa memainkan solo dan chord juga lhoo...

Memainkan chord pada bass sebenarnya bukan hal baru, terutama untuk pemain bass jazz. Walaupun sebenarnya tidak melulu jazz saja. Billy Sheehan juga sering terlihat memainkan chord sebagai bagian dari permainan solo bass nya.

Di artikel ini kita akan mencoba melihat beberapa chord yang bisa kita mainkan di bass. Lumayan buat menambah koleksi teknik dan skill bass kita hehhe..

Sebelum kita mulai memainkan kord pada bass, mungkin ada yang punya pertanyaan seperti ini..

Tapi Kan Bass Cuma Ada 4 Senar..
Tidak masalah sebenarnya. Definisi chord adalah dua atau lebih not yang berbunyi bersamaan. Pada artikel sebelumnya tentang interval, ada banyak pilihan interval yang bisa dimainkan pada bass. Dari interval itulah kita akan membuat kord yang bisa di mainkan di bass.

Memang gitar dengan 6 senar menghasilkan suara chord yang lebih penuh dan berwarna. Kebalikannya, karena bass hanya memiliki 4 senar, maka nada yang bisa dimainkan terbatas. Karena itu kita harus memilih nada yang akan dimainkan dalam chord. Meskipun memiliki lebih sedikit senar, chord pada bass tetap terdengar full karena senar bass yang besar. 

Chord Terdengar Jelek Di Bass...
Tidak juga sebenarnya. Jika kita main kord F di fret pertama, digenjreng, tentu suaranya tidak bagus. Chord pada bass biasanya dimainkan di fret tinggi karena separasi nada tiap senar terdengar lebih jelas.

Trik lainnya ketika memainkan chord di bass adalah menggunakan pickup bridge, karena lebih banyak menghasilkan nada mid yang berguna untuk menambah definisi chord.

Ok, mari kita lihat beberapa bentuk chord yang bisa kita mainkan pada bass!!!

Chord bass diatas adalah C mayor. Hanya terdiri dari tiga nada saja, C (titik merah), C' (oktaf) dan E (titik hijau). Cara memainkannya, C (merah) dipetik dengan jempol, lalu nada lain dipetik dengan telunjuk dan jari tengah. Senar A sengaja tidak dimainkan. Walaupun hanya berisi tiga nada, C , C' (oktaf), dan E namun suara yang dihasilkan sudah cukup untuk menjadi sebuah chord C.

Angka 7 menunjukan posisi fret yang dimainkan. Kita memainkan chord ini di fret ke 8.


Bisa juga kita mainkan chord C tadi dalam bentuk triad. Seperti gambar di bawah ini.
Chord ini dimainkan di fret tinggi, yaitu fret 15, seperti yang terlihat pada gambar. Bunyinya sendiri sudah mewakili chord C, lengkap dengan interval 1st, 3rd dan 5th nya.

Dibawah ini ada beberapa chord yang bisa kita mainkan pada bass. Beberapa chord bass dibawah ini mungkin sudah pernah kita lihat sebelumnya. Oya, sengaja tidak saya tulis nada dasarnya karena bisa dimainkan di posisi manapun di fretboard. Titik merah merupakan nada root atau nada dasarnya.













Untuk chord maj7, dom 7, atau min7, ada alternatif bentuk chord yang bisa kita gunakan seperti di bawah ini..





Demikan tips memainkan chord pada bass, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca  Guitarsquartz.net. Nantikan berbagai news musik serta artikel menarik lainnya di Guitarsquartz.



0 comments: