IBX5981FE7FCD958 Tips Jago Bermain Bass Sambil Bernyanyi!

Tips Jago Bermain Bass Sambil Bernyanyi!

Leave a Comment
Gutiarsquartz.net-Bernyanyi sambil memainkan instrumen musik tidak semudah kelihatannya.


Dibutuhkan keterampilan untuk bisa melakukan dua hal secara bersamaan. Saat pertama kali saya mencoba memainkan bass sambil bernyanyi, hasilnya adalah super berantakan hehehe. Benar-benar tidak semudah kelihatannya. 

Kita mungkin pernah melihat, Geddy Lee, Jack Bruce, atau Mark Hoppus terlihat begitu atraktif bermain bass di panggung sambil bernyanyi. Mereka semua tentu harus berlatih dengan keras agar bisa bermain bass sambil nyanyi.

Nah, ada beberapa tips yang bisa saya bagikan kali ini untuk melatih bernyanyi sambil memainkan bass. Tips ini saya dapatkan dari hasil pengalaman serta bertanya dan berbagai referensi online.


1. Kuasai Bassline Dengan Sempurna
Kita harus sudah menguasai part bass sebuah lagu. Dengan kata lain, hafal part bass sebuah lagu. Bila kita tidak hafal atau tidak menguasai part bass yang akan kita mainkan, maka baik vokal maupun permainan bass kita tidak akan sempurna.
Kuasai disini maksudnya tidak boleh ada celah sedikitpun bagi kesalahan, lupa, atau beberapa bagian yang belum dapat kita mainkan. Sebaiknya kita melatih bagian yang sulit tadi sampai bisa, sebelum kita belajar menggabungkannya dengan vokal.


2. Mulai Dengan Lagu Yang Sederhana Dulu
Kita bisa mencoba bermain bass sambil bernyanyi pada lagu yang lebih sederhana terlebih dahulu. Carilah lagu dengan melodi vokal serta bassline yang sederhana, contohnya lagu Pearl Jam- Last Kiss. Hafalkan liriknya serta basslinenya secara terpisah, kemudian cobalah menggabungkan bassline tersebut dengan vokal.
Mungkin kita tidak butuh waktu lama untuk bisa melakukan dua hal tersebut. Namun ada juga yang harus berusaha sedikit lebih keras, seperti saya hehe.
Bila kita sudah menguasai lagu tersebut, maka bisa mencoba dengan lagu lain yang lebih sulit part bass dan vokalnya.

3. Menjadi Backing Vokal di Band
Jika kita bergabung dalam sebuah band, maka kita bisa menjadi lebih aktif di panggung dengan menjadi backing vokal. Dengan menjadi backing vokal band secara otomatis kita akan termotivasi untuk terus meningkatkan kemampuan kita sebagai backing vokalis dan pemain bass.
Apalagi jika band kita berformat trio. Dalam format trio backing vokal memiliki banyak ruang untuk menambah tekstur serta mempertebal nada vokalis. 

4. Menjadi Frontman
Menjadi frontman adalah tantangan terbesar bagi bassist/vokalis, karena selain bernyanyi dan main bass, kita juga harus tampil atraktif serta menghibur. Tapi tidak perlu khawatir, just do it and have fun!!

5. Latihan Pernapasan
Mau tidak mau, bernyanyi berarti kita harus mulai mempehatikan teknik-teknik bernyanyi. Salah satu yang terpenting adalah menjaga agar napas tetap panjang dan powerful. Ada banyak tutorial di Youtube yang mengajarkan kita cara untuk mengatur nafas kita agar lebih efisien saat bernyanyi.

6. Carilah Referensi Pemain Bass/Vokalis
Ada banyak pemain bass/vokalis dengan skill dan kemampuan yang luar biasa, baik sebagai vokalis atau pemain bass. Pilihlah salah satu atau dua yang bisa kita jadikan sosok panutan sebagai referensi kita. Salah satu pemain bass/vokalis/frontman favorit saya adalah Glenn Hughes. Silakan lihat sendiri penampilannya di Youtube, mungkin Anda akan mengerti kenapa hehe.

7. Per-simple Bassline Anda
Ketika kita bermain bass sambil bernyanyi, maka fokus orang yang utama adalah pada performa vokal kita, karena itu sebaiknya menyederhanakan permainan bass kita agar bisa bernyanyi dengan baik. 

Mempersimple disini bukan berarti memainkan bassline yang standar ya hehe. Maksudnya kita harus pandai mencari nada bass yang menarik, meskipun permainan kita lebih sederhana. Begitu maksudnya.  

Demikian artikel ini saya akhiri, semoga bisa berguna bagi Anda yang mencoba memainkan bass sambil bernyanyi. Sedikit tips tambahan, kita bisa menambahkan efek pada bass kita agar terdengar lebih menarik, seperti distorsi untuk bass. Bila kesulitan menemukan distorsi untuk bass, maka kita bisa menggunakan blender pedal. Dan tentu saja, latihan yang tekun .

Nantikan terus berbagai artikel, tutorial, serta tips dan trik menarik lainnya di Guitarsquartz.


0 comments: