IBX5981FE7FCD958 Fungsi Bass Ramp Untuk Pemain Bass

Fungsi Bass Ramp Untuk Pemain Bass

Leave a Comment
Guitarsquartz.net- Pemain bass atau bassist memiliki kebutuhan yang berbeda dengan pemain gitar. Salah satunya adalah teknik finger picking atau memetik senar bass dengan menggunakan jari tangan dari pada pick.  Ada alat khusus untuk mempermudah pemain bass menerapkan fingerpicking.
Pick vs Fingers.....
Ok, tampaknya kurang lengkap jika tidak mengawali artikel ini dengan perdebatan panjang mengenai penggunaan pick pada bass serta jari untuk memetik senar. Saya sendiri tidak memihak salah satu teknik, dan menurut saya pemain bass harus bisa menguasai kedua teknik tersebut. 

Yang jelas adalah kebutuhan sound. Baik menggunakan jari (fingerpick) atau pick menghasilkan sound yang berbeda untuk keperluan yang berbeda pula. Artikel ini berbicara khusus tentang kebutuhan pemain bass dengan teknik fingerpicking atau menggunakan jari dalam memetik senar bass. Jadi....


 Apakah Itu Bass Ramp?
Bass ramp, atau lebih sering disebut dengan sebutan ‘ramp’ saja, merupakan suatu alat yang berfungsi untuk membuat teknik fingerpicking lebih smooth dan cepat. Salah satu pemain bass modern yang mempopulerkan penggunaan ramp adalah Gary Willis. 

Bentuk ramp berupa sepotong kayu atau material lainnya, biasanya ditempatkan diantara pickup. Bagian atas ramp memiliki radius yang sama dengan fingerboard. Ramp ditempel dengan double tape atau ada juga yang dipasang semi permanen dengan menggunakan sekrup. Jarak ramp diatur agar sedekat mungkin dengan senar namun tidak sampai menyebabkan terjadinya ‘buzzing’.

image by Haze Guitars
 Manfaat Bass Ramp
Ramp membuat jari kita hanya menyentuh senar secukupnya sehingga menjadi lebih cepat berpindah ke senar lain dan juga membuat gerakan jari menjadi efisien, karena jari tangan tidak harus memetik senar terlalu dalam. 
image by Gary Willis

 Karena kita hanya sedikit saja menyentuh senar, maka kita harus menambah volume di ampli. Namun menurut Gary Willis sendiri, hal ini memberi manfaat yaitu suara senar yang lebih konsisten, serta memungkinkan kita mengatur dinamika kekuatan petikan senar untuk menghasilkan variasi suara. 
Ramp juga membuat tangan kanan dapat berpindah ke berbagai posisi dengan cepat untuk menghasilkan variasi tone yang berbeda. 



Asal Mula Ramp?
Asal mula ramp yang pertama kali di pasang pada bass tidak diketahui secara jelas. Gary sendiri tidak dapat mengakui bahwa ia yang menciptakan ramp, karena ada juga beberapa pemain bass atau luthier yang membuat ramp versi masing masing. Komunitas bass menerima ramp sebagai inovasi kolektif yang dibuat beberapa orang dalam waktu yang berbeda. Karena itu banyak versi ramp yang berbeda-beda satu sama lain. 



Pemain Bass Lain Yang Menggunakan Ramp
Matthew Garrison, Richard Bona, Gary Grainger, Igor Savedra, Gary Willis tentu saja, dan masih banyak lagi. Mungkin juga Anda, setelah membaca artikel ini hehe....


Kekurangan Penggunaan Ramp
Karena ramp didesain dekat dengan senar, maka teknik lain seperti menggunakan pick atau slap bisa jadi sulit atau menjadi tidak mungkin dilakukan. Tapi hal ini kembali lagi dengan tujuan dibuatnya bass ramp, yaitu untuk memudahkan teknik fingerpicking pada bass. Meskipun demikian saya membaca juga di beberapa forum ada juga yang memiliki ramp di bass-nya dan masih bisa menggunakan pick dan slap.

Jika sudah biasa menggunakan ramp, maka kadang ketika kita mencoba bass lain yang tidak dilengkapi ramp, kita bisa sedikit kesulitan. 


Do You Need It OR Not?
Tergantung kebutuhan Anda. Jika Anda adalah pemain bass yang hanya menggunakan fingerpicking sebagai teknik utama maka alat ini untuk Anda. Jika Anda memainkan beragam teknik pada bass Anda, maka Anda mungkin tidak membutuhkan ramp. Tapi jika kurang yakin maka bisa mencoba membuat bass ramp semi permanen. 

Oke, demikian artikel kita kali ini tentang Fungsi Bass Ramp Untuk Pemain Bass. Semoga dapat menambah pengetahuan kita tentang alat musik dan juga untuk Anda yang hobi musik. Sampai bertemu di artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz. Sebagai penutup, selamat menikmati permainan bass dari Gary Willis!!!




0 komentar: