IBX5981FE7FCD958 Pentingnya DI Box Untuk Gitar Bass Elektrik

Pentingnya DI Box Untuk Gitar Bass Elektrik

Leave a Comment
Guitarsquartz.net - DI Box atau direct box adalah salah satu tools atau alat yang sangat berguna untuk pemain bass. Menggunakan DI box saat rekaman dan live sudah menjadi hal yang wajar untuk pemain gitar bass elektrik.

Dari berbagi efek yang ada untuk pemain bass, direct box sering luput dari perhatian pemain bass. Padahal cukup penting dan praktis agar pemain bass bisa manggung secara direct tanpa perlu amplifier jika diperlukan.

Mengenal DI Box

Fungsi DI box adalah untuk mengubah arus listrik dari gitar atau bass agar cukup kuat untuk masuk ke mixer. Berbagai DI box memiliki fitur yang berbeda-beda untuk disesuaikan dengan keperluan pemain bass.

Radial J48, contoh DI box aktif yang sering digunakan. 


DI box ada dua jenis, yaitu DI box aktif dan pasif. DI box aktif digunakan untuk bass dengan elektronik pasif (untuk memperkuat suara bass pasif), dan sebaliknya DI box pasif digunakan untuk bass dengan elektronik aktif.

DI box memiliki input instrumen dan outputnya jack XLR (jack Canon atau microphone).

Contoh Koneksi Standar DI Box

Berikut ini adalah contoh koneksi DI box :



Dari bass, output terbagi dua. Satu ke mixer (jack XLR atau mic) dan satu lagi jack output THRU untuk ke amplifier atau monitor panggung.

Berbagai Fungsi DI Box Untuk Bass

DI box bisa memiliki beberapa fungsi penting untuk bass. Mari kita lihat apa saja kegunaan DI box untuk bass...

  • Sebagai Alat Untuk Direct Ke Mixer 
Apa alat yang paling minimalis yang bisa digunakan pemain bass? Cukup kabel, bass, dan direct box aktif/pasif langsung ke mixer. Itu saja dan pemain bass sudah bisa manggung... 

  • Alat Untuk Rekaman 
Tidak semua soundcard memiliki input instrumen atau Hi-z. Soundcard yang hanya memiliki input XLR membutuhkan DI box untuk bisa digunakan. 

  • Alat Untuk Menambahkan Sound Bass Clean 
Biasanya selain amplifier dan pedalboard, pemain bass juga menambahkan DI box untuk tambahan jalur ke mixer. Gunanya untuk menambahkan jalur clean, seandainya jika terjadi masalah dengan jalur utama ke mixer. 

Bisa juga untuk menambahkan sound bass clean untuk menambah frekuensi low yang hilang pada jalur utama ke mixer. Jadi ada dua jalur bass ke mixer. Contohnya bisa kita lihat di bawah :




Kekurangan DI Box
DI box hanya mengubah sinyal gitar bass agar bisa ke mixer, tanpa tambahan karakter warna suara seperti amplifier. Karena itu DI box lebih sering digunakan instrumen akustik dan bass, atau juga instrumen yang membutuhkan karakter suara natural tanpa pewarnaan suara dari ampli.

contoh bass DI + preamp, Sadowsky DI


Untuk itu ada DI box yang sudah dilengkapi dengan EQ atau preamp agar bisa membentuk suara bass ke mixer. DI box untuk bass yang sudah ada preamp dan EQ nya akan kita bahas di artikel berikutnya.

Ok sampai disini dulu artikel ini, semoga bisa menambah wawasan untuk pembaca Guitarsquartz sekalian. Baca juga berbagai artikel menarik lainnya, seperti news musik, tips dan trik, berbagai chord lagu barat dan Indonesia, hanya di Guitarsquartz.net !!




0 comments: