IBX5981FE7FCD958 3 Tips Latihan Finger Picking Untuk Bass

3 Tips Latihan Finger Picking Untuk Bass

Guitarsquartz.net- Finger picking atau menggunakan jari tangan untuk memetik senar bass merupakan teknik yang dikuasai oleh sebagian besar pemain bass. Nyatanya tidak semua memahami dan memainkan teknik dengan benar.

Finger picking adalah teknik dasar untuk memetik bass. Hal yang pertama kali kita harus kuasai adalah mendapatkan hasil petikan dengan suara yang bersih, tegas, jelas dan konsisten. Ke empat hal tadi adalah yang paling penting dalam menilai baik atau buruknya teknik fingerpicking bass. Dengan tambahan satu lagi, efisiensi teknik finger picking agar tidak cepat lelah.

Namun sayangnya, untuk yang sudah bermain bass cukup lama pun teknik dasar ini sering dilupakan atau diabaikan. Padahal picking hand (tangan yang memetik bass) entah kiri atau kanan merupakan modal awal menjadi pemain bass yang baik.

Selanjutnya kita akan belajar beberapa tips latihan untuk melancarkan teknik fingerpicking pada bass.


1. Posisi Picking Hand
Posisi picking hand sebenarnya berbeda-beda untuk tiap orang Namun yang paling penting adalah posisi tersebut tidak mengganggu kelancaran serta tidak menimbulkan lelah yang berlebihan ketika bermain bass dalam waktu yang lama. Dari beberapa posisi picking hand, posisi ini adalah yang paling nyaman untuk saya.

Tangan agak sedikit menyamping, seperti memegang pick. Mungkin ini karena kebiasaan saya memain bass dengan pick.  Contoh posisi lainnya adalah seperti ini.
Tidak ada satu posisi 'benar' karena pajang lengan serta bentuk fisik keseluruhan orang berbeda-beda. Kita akan menemukan posisi tangan yang paling nyaman jika berlatih rutin. Intinya kita dapat berpindah senar dengan cepat dan tidak membuat tangan lelah.


2. Dapatkan Tone Yang Konsisten Dan Jelas
Tone adalah warna suara musikal yang dihasilkan sebuah instrumen. Tone juga sangat dipengaruhi oleh picking baik menggunakan flatpick atau finger. Teknik finger picking dasar menggunakan 2 jari secara bergantian, jari telunjuk dan jari tengah.

Untuk mendapatkan tone yang baik dengan finger picking bisa dengan latihan berikut ini.

Mainkan satu not, apa saja pada senar mana saja. Gunakan metronom dan set pada 85 bpm. Jika tidak punya metronom, search saja di Google.

Metronom bisa kita temukan di search page Google
Lalu cobalah mainkan not mengikuti tempo diatas. Latih agar jari telunjuk serta jari tengah mendapatkan suara yang jelas, bulat dan konsisten. Cukup mainkan satu not setiap ketukan metronom.


Jika suara yang kita dapatkan sudah jelas dan konsisten, kita bisa menambah not. Kali ini kita bisa memainkan 2 not dalam satu ketukan. Seperti ini.
Setelah lancar dengan dua teknik tadi, sebaiknya jangan langsung terburu-buru menambah kecepatan.


3. Berlatih Tangga Nada
Sebelum kita menambah kecepatan, mari kita berlatih dulu memainkan tangga nada mayor. Cukup mainkan tangga nada mayor. Tidak hanya di satu posisi saja, tapi di seluruh fretboard. Kita bisa mulai dengan tangga nada C.
Setiap nada kita mainkan dengan jari telunjuk dan jari tengah secara bergantian. Sama seperti latihan sebelumnya, tetap jaga agar suara yang keluar konsisten dan jelas. Tidak terlalu keras atau pelan, namun definisi tiap note terdengar. Kali ini kita bisa menambah tempo metronom sedikit demi sedikit, namun tidak perlu terlalu cepat karena kita lebih mengutamakan kerapian teknik.


Itu saja tips yang bisa saya berikan kali ini. Tips latihan fingerpicking ini diperlukan agar picking hand kita memiliki stamina serta stabilitas dalam permainan bass. Jangan lupa terus berlatih dan mengulik lagu agar skill tetap terjaga. Untuk yang senang mengulik lagu bisa membaca artikel ini. Sampai bertemu laig di artikel berikutnya. Until next time.