IBX5981FE7FCD958 Tips Steman Tuning Drop D Pada Bass

Tips Steman Tuning Drop D Pada Bass

Leave a Comment
Guitarsquartz.net - Tuning drop D pada bass sudah sangat umum dilakukan. Mulai dari lagu pop hingga metal ikut menggunakan tuning drop D. Steman ini membuat bass menjangkau nada D yang lebih rendah dari nada dasar senar E pada bass.



Mengubah tuning adalah cara termudah untuk menambah jangkauan nada pada bass 4 senar. Terutama untuk lagu rock dan metal yang banyak memainkan nada rendah. Untuk tuning drop D ini tidak dibutuhkan peralatan yang sulit, cukup tuner saja.


Mengapa Menggunakan Tuning Drop D ?

Untuk menambah jangkauan nada rendah pada bass 4 senar. Ada pemain bass yang senang dengan neck bass 4 senar yang lebih kecil dan enak di genggam, tapi membutuhkan nada rendah. Maka solusi nya adalah dengan melakukan steman drop D.

Cara Stem Drop D Pada Bass

Tuning Drop D pada bass cukup mudah dilakukan. Kita tinggal menurunkan senar E atau senar 4 hingga nadanya sama dengan senar 2 (nada D).

Untuk mendapatkan nada yang lebih tepat, maka bisa menggunakan tuner, baik yang jepit atau dalam bentuk pedal tuner. Tapi lebih mudahnya tinggal menyamakan nada dengan senar 2 pada bass.

Jadi begini hasil seteman bass setelah melakukan tuning drop D :
senar 1 : G
senar 2 : D
senar 3 : A
senar 4 : D

atau jika dilihat dari senar rendah, maka jadinya DADG.

Cukup begitu saja, kita sudah bisa mendapatkan steman drop D pada bass. Tapi dengan tuning ini, kita juga harus memperhatikan beberapa masalah yang muncul karena drop D.


Berbagai Masalah Tuning Drop D

Pertama, yaitu senar E yang sudah kita drop tadi, seringkali akan terdengar lebih keras di banding ketiga senar lainnya. Untuk mengatasinya bisa mengurangi sedikit ketinggian pickup di senar 4.

Masalah lainnya adalah, jika ukuran senar 4 nya cukup kecil (90-100), maka kemungkinan senarnya terlalu renggang dan bakal timbul suara senar menghantam fret yang cukup mengganggu. Disarankan minimal menggunakan senar dengan ukuran .100 ke atas.

Kita juga mungkin harus sedikit menaikkan senar agar tidak terlalu banyak fret noise, atau suara senar yang bertabrakan dengan kawat fret. Tapi tergantung dari yang sound yang ingin didapatmungkin juga tidak diperlukan menaikkan ketinggian senar.



Beberapa Lagu Yang Menggunakan Tuning Drop D

Ada banyak sekali lagu yang menggunakan tuning drop D, mulai dari pop hingga musik metal. Beberapa lagu yang menggunakan steman drop D diantaranya :

Velvet Revolver : Slither
Nirvana              : Heart Shaped Box
The Beatles        : Dear Prudence
Serigala Jalanan : Godbless
RATM                : Killing In The Name
Gorrillaz            :  Feel Good Inc
Tool                   : The Pot

...dan masih banyak lagi.


Beberapa Drop Tuning Lainnya

Ada beberapa drop tuning pada bass lainnya, seperti drop D, drop C, drop B, dan lainnya. Semakin rendah tuning yang digunakan maka setting bassnya pun harus disesuaikan.

Ok sampai disini dulu artikel singkat kita, nantikan terus berbagai artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz.net !!





0 comments: