IBX5981FE7FCD958 Tips Menghafal Not Pada Fretboard Bass

Tips Menghafal Not Pada Fretboard Bass

Leave a Comment
Guitarsquartz.net-Menghafal not adalah salah satu cara terbaik dalam meningkatkan kemampuan bermain bass. Jika kita melihat fretboard bass, terlihat cukup sulit untuk menghafalkan semua not tersebut. Tapi ada beberapa tips yang bisa kita terapkan untuk mempermudah menghafalkan not yang ada pada fretboard bass.



Pada bass, ke empat senar memiliki interval yang sama, yaitu interval 4th (E A D G), karena itu sedikit memudahkan kita mempelajari bentuk bentuk tangga nada serta posisi not. Bentuk berbagai tangga nada juga sama pada setiap posisi fretboard.
Bass 5 dan 6 senar juga masih terdiri dari interval 4th, tapi kita akan bahas di lain waktu. Tips kali ini adalah untuk membantu menghafalkan not untuk bass 4 senar.

Menghafal not ini bukan menghafal satu-satu setiap not sampai ingat, melainkan ada berbagai cara untuk memahami pola nada untuk menghafal not pada fretboard bass. 


1. Cukup Sampai Fret 12 Saja
Fretboard pada bass cenderung lebih sederhana, karena hanya terdiri dari 4 senar saja. Selain itu, kita tidak perlu menghapalkan seluruh not dari fret pertama hingga fret terakhir, cukup sampai fret 12 saja, karena dari fret 13 sampai terakhir notnya sama.


Tanda ' : ' berarti oktaf, dimana E senar terbuka sama dengan E pada fret 12 (satu oktaf lebih tinggi), begitu juga tiga senar lainnya. Ini adalah hal pertama yang harus kita hafalkan. Bila kita teruskan hingga fret 24, ditandai dengan tanda ':' lainnya, maka kita juga mendapatkan E A D G yang satu oktaf lebih tinggi dari fret 12. 

Jadi dari ke- 24 fret (jika bass Anda memilikinya) kita hanya perlu menghafalkan not pada fretboard sampai posisi fret 12 saja, karena setelah itu nadanya sama.


2. Menghafal Bentuk Oktaf
Oktaf pada bass hanya ada  beberapa bentuk saja, dibandingkan dengan gitar yang memiliki banyak bentuk oktaf. Seperti contohnya kita coba dengan nada 'G'.
Seperti yang bisa kita lihat, titik merah di atas adalah letak not G. Pertama-tama kita fokus dulu pada senar 'E'. Pada senar 4 (E), ada 2 not G. Senar 3 (A), ada 2 not G, senar 2 ( D) juga sama. Hanya senar 1 (G) saja yang memiliki 3 not G.

Menghapalkan satu persatu tentu cukup membingungkan. Maka untuk mempermudahnya, kita bisa menggunakan bentuk oktaf untuk menghafal not pada fretboard serta mencari nada. Oktaf ini sangat berguna juga untuk menghafalkan berbagai tangga nada pada bass, karena kita sudah tahu nada pertama dan terakhirnya, maka kita tinggal menghafalkan nada-nada lain diantara oktaf tersebut. 

 Dibawah ini adalah bentuk oktaf pertama, mungkin kita semua sudah tahu. Contoh kali ini kita mulai dengan nada 'G'.

2.1 Bentuk Oktaf Pertama

Bentuk oktaf pertama adalah senar 4 di fret 3 serta senar 2 di fret 5. Jadi dari nada G di senar 4,Turun dua senar, maju dua fret. Maka kita akan mendapatkan nada 1 oktaf lebih tinggi.

 
1 oktaf lebih tinggi





 Untuk mencari nada satu oktaf dibawah nada asli, kita tinggal membalik rumus tadi. Jadi, naik dua senar mundur dua fret.
1 oktaf lebih rendah
 Cara yang sama juga berlaku untuk tiga bentuk oktaf lain yang ditandai dengan kotak.



2.2 Bentuk Oktaf Kedua
Bentuk oktaf kedua bisa kita lihat pada gambar dibawah ini.

Oktaf ini merentang cukup jauh, dari senar 4 ke senar 1. Berguna jika kita ingin mencari oktaf yang berada pada senar terjauh. Mundur 4 fret, turun 3 senar untuk mencari oktaf yang lebih tinggi. 

Sama dengan bentuk oktaf sebelumnya, kita tinggal membalik rumusnya untuk mencari oktaf yang lebih rendah. 


2.3 Bentuk Oktaf Ketiga
 Bentuk oktaf ini agak berbeda dengan dua bentuk oktaf lain, karena hanya berbeda satu senar saja. 

Bentuk oktaf ini sengaja disambung dengan garis agar tidak bingung saat membacanya. Bentuk ini adalah rentang oktaf yang sangat panjang dan sulit untuk memainkan tangga nada apapun diantaranya. Namun kita harus tetap mempelajarinya untuk melengkapi pengetahuan kita tentang fretboard. 

Rumusnya adalah naik satu senar lalu maju 5 fret, untuk oktaf yang lebih rendah. Untuk oktaf yang lebih tinggi, kita tingga membalik rumusnya. 

3. Tiga Bentuk Tangga Nada  Mayor/Minor
Tangga nada mayor dan minor mungkin kita sudah menguasai dengan baik. Tiga bentuk tangga nada mayor/minor ini dapat menjadi tambahan untuk bentuk tangga nada mayor dan minor lain yang sudah kita tahu. Semakin banyak tangga nada yang kita ketahui, maka semakin banyak pula area fretboard yang kita kuasai dan semakin banyak not yang kita hafal pada fretboard.

Untuk ketiga bentuk tangga nada ini kita akan coba dari nada 'A', dan tangga nada berikut adalah A mayor.

Bentuk 1


Bentuk 2

Bentuk 3

Kotak merah adalah nada dasar dan oktaf, sedangkan titik hijau adalah nada lainnya dalam tangga A mayor. Ketiga bentuk ini bisa dimainkan di posisi mana saja. Bentuk 1 umumnya adalah bentuk tangga nada mayor yang pertama dipelajari. 

Bentuk 2 dan 3 memungkinkan kita untuk menambah nada-nada lain ke dalam tangga nada A mayor, misalnya passing note atau embellishment (tambahan nada pada melodi). Selain itu juga menambah area fretboard yang tidak terjangkau di bentuk 1. 

4. Oktaf Pada Satu Senar
Sedikit bertentangan dengan poin 1, hehe... Teknik ini bisa menjadi permainan yang seru untuk dilakukan bersama dengan teman teman kita. Cukup mudah, misalnya kita ambil nada C di senar 3 fret 3, kemudian kita slide nada tersebut sampai C di senar 3 fret 15. 

Karena slide, berarti nada tersebut harus tetap berbunyi hingga mencapai oktaf berikutnya. Kelihatannya tampak mudah, tapi teknik ini membutuhkan kekuatan jari serta akurasi untuk memainkan nada yang tepat di fret berikutnya. Coba mainkan pada nada lainnya, dan ajak juga teman untuk sparing sambil latihan menghafal fretboard. 

Untuk menambah tingkat kesulitan, kita bisa mengakhirinya dengan nada yang lebih tinggi, seperti contoh ini, dari G# ke C!! Slide sejauh 16 fret!

Segitu dulu artikel tentang menghafal not pada fretboard bass, tetap semangat berlatih dan nantikan terus artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz.



0 comments: