Mengapa Efek Gitar Kurang Oke Di Bass?

Leave a Comment
Guitarsquartz.net – Halo pembaca Guitarsquartz, kembali lagi di sebuah artikel yang mungkin cukup menarik, terutama untuk para pemain bass. Yaitu penggunaan efek untuk bass. Artikel ini mungkin berguna untuk para bassist yang senang mengeksplor sound-sound bass unik. Oke, mari kita mulai saja.


Saat ini sudah semakin banyak pabrikan efek dna aksesoris musik yang membut efek khusus untuk bass. Sebelumnya, efek yang didesain khusus untuk bass jarang ditemukan. Para bassist pun terpaksa menggunakan efek gitar untuk mencari dan menemukan sound yang ada didalam imajinasi mereka.
Namun kenyataannya, tidak semua efek gitar bisa digunakan untuk bass. Terutama untuk efek seperti distorsi dan overdrive. Begitu juga dengan beberapa efek modulasi serta time-based effect seperti delay. Kira-kira apa penyebab dari efek-efek gitar yang kurang oke jika digunakan di bass?

Penjelasannya cukup sederhana, yaitu adanya sirkuit low cut pada rangkaian efek gitar. Low cut dibutuhkan untuk mengurangi frekuensi bass yang berlebih pada gitar saat menggunakan efek sejenis distorsi, sehingga suara distorsi atau overdrive terdengar lebih jelas, atau bahasa kerennya lebih clear dan defined. Silakan ambil efek distorsi apa saja, ambil bass Anda dan colok ke ampli. Bisa dibilang sebagian besar efek gitar mengurangi frekuensi low bass dengan cukup drastis. 

Memang ada beberapa efek gitar yang masih bisa kita pakai untuk bass, yaitu efek gitar atau stompbox yang tidak meng-cut atau mengurangi frekuensi low terlalu banyak. Salah satu efek gitar paling terkenal dan oke buat bass atau gitar adalah Electro Harmonix Russian Big Muff. Dengan suara fuzznya yang khas, Russian Big Muff ini juga menjadi efek favorit musisi indie rock atau alternative. 


Efek distorsi lainnya yang cukup populer di kalangan pemain bass adalah Fulltone OCD. Fulltone juga sebenarnya sudah punya efek distorsi khusus bass, yaitu BassDrive. Tapi OCD masih cukup populer dan sering dipakai para pemain bass. Untuk yang menyukai distorsi yang lebih agresif, bisa mencoba Wampler Triple Wreck. Efek buatan Brian Wampler ini menghasilkan distorsi yang cocok untuk musik metal. Untuk efek-efek khusus bass ini akan kita bahas diartikel berikutnya ya, hehehe.
Jadi intinya, selama efek gitar tersebut tidak memotong atau mengurangi frekuensi low bass Anda, efek tersebut bisa kita gunakan. Perhatikan juga apakah efek tersebut merubah suara asli bass terlalu jauh, jika ya, maka kita membutuhkan sebuah blender. Apakah blender itu??? Nanti akan kita bahas di artikel lain ya hehe, yang jelas bukan blender buat bikin jus.


Untuk yang butuh referensi efek-efek gitar yang cocok untuk bass bisa mencoba mengunjungi kanal Youtubenya  Pedals & Effects. Channel Youtube ini digawangi oleh pemain bassnya Mars Volta, Juan Alderete. Juan dikenal sebagai pemain bass handal yang senang eksplorasi sound. Di sini tempat saya menghabiskan waktu menonton berbagai demo efek-efek yang keren hehe. 

Satu lagi situs yang bisa kita kunjungi adalah John K Vintage Guitars. Doi adalah luthier atau pembuat gitar, dan juga senang memodifikasi berbagai efek. Di laman ini, tepatnya di bagian paling bawah, John membuat list beberapa (cukup banyak sebenarnya hehe....)  efek gitar yang mantap untuk bass, khususnya dari genre overdrive, distorsi, dan fuzz.

Kesimpulan
Loh kok ada kesimpulan?? Heheh...  Diawal artikel mungkin Anda bertanya-tanya, kenapa gak pake efek KHUSUS bass aja?? Toh sekarang sudah banyak berbagai efek yang dibuat khusus untuk bass...
Jawabannya hanya satu : eksperimen. Untuk mereka yang senang eksplor sound gitar dan bass maka hal ini wajib. Mencoba berbagai efek, baik digital atau analog untuk menemukan berbagai sound unik, atau juga berusaha mewujudkan sound yang ada didalam imajinasi kita. 

Semoga pembaca senang membaca artikel ini, sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz.


0 comments: