IBX5981FE7FCD958 5 Efek Distorsi Dan Overdrive Terbaik Untuk Bass

5 Efek Distorsi Dan Overdrive Terbaik Untuk Bass

Leave a Comment
Guitarsquartz.net - Perkembangan teknologi serta kemajuan musik semakin mempermudah musisi untuk mencari dan menemukan sound. Terutama untuk pemain bass, dimana saat ini adalah saat terbaik untuk bereksperimen dengan sound karena banyaknya efek yang dibuat khusus untuk pemain bass.

Distorsi dan overdrive pada bass dapat membuat sound bass lebih menonjol dan membantu suara bass kita terdengar di dalam band. Guitarsquartz sudah sempat membahas beberapa hal seputar bass overdrive pada artikel :  Tips Menggunakan Distorsi Untuk Bass.

Distorsi dan overdrive bass sekarang bukan hanya buat musik keras saja. Banyak pemain bass dari berbagai genre menggunakan distorsi dan overdrive untuk menambah tekstur dan memberi variasi warna suara pada bass.


Efek distorsi dan overdrive untuk bass sekarang mudah ditemukan dan banyak perusahaan efek membuatnya. Beberapa efek overdrive dan distorsi terbaik untuk bass ini bisa kita temukan dengan mudah di Indonesia, lewat toko musik atau toko online juga sudah banyak tersedia.

Ok, tanpa berpanjang lebar lagi, mari kita lihat berbagai efek distorsi dan overdrive terbaik untuk bass. Oya, sengaja tidak diberi nomor atau urutan karena semua efek ini menurut saya bagus, tinggal karakter suara yang membedakan dan disesuaikan dengan selera dan kebutuhan.


Darkglass Microtubes B3K


Darkglass Electronics adalah pembuat efek dan amplifier asal Finlandia yang sedang naik daun. Bernama Microtubes B3K, efek overdrive ini terkenal di kalangan pemain bass karena suara overdrive-nya yang modern dan clear. Hampir semua pemain bass modern pasti mengenal nama
Darkglass. Karena karakter suaranya yang modern, Darkglass sering digunakan pemain bass progresif rock dan metal.

Selain B3K, Darkglass juga membuat amplifier bass, compressor, serta beberapa jenis pedal overdrive dan fuzz juga. B3K memiliki sirkuit analog, namun beberapa produk Darkglass kini sudah mulai menggunakan teknolog digital seperti IR.

Darkglass Microtubes


TC Electronic Spectradrive


Efek bass buatan TC Electronic ini adalah pedal preamp/overdrive/DI pertama dari perusahaan alat musik asal Denmark tersebut. Spectradrive memiliki fitur paling lengkap dari seluruh efek overdrive yang ada di list ini.

Overdrive, preamp, DI, hingga headphone output dan aux input dimasukkan ke dalam boks efek yang berukuran tidak terlalu besar. Spectradrive dapat digunakan untuk latihan maupun live. Dengan teknlogi Toneprint, berbagai preset suara dapat diupload dari smartphone ke Spectradrive dengan aplikasi Toneprint.

TC Electronic

EBS Billy Sheehan Signature Drive Deluxe


Efek overdrive ini adalah hasil kerjasama EBS Sweden dengan bass extraordinaire Billy Sheehan. Efek ini didesain mengikuti bass rig Billy Sheehan, yaitu dua jalur terpisah untuk clean dan drive. Kita bisa menambah efek untuk jalur clean dan drive secara terpisah.

Untuk versi deluxe, terdapat boost untuk menambah gain channel drive. Jadi bukan untuk menambah level. Dengan dua jalur efek terpisah, maka kita bisa bereksperimen sesuai keinginan. Menambah efek drive di channel drive, atau menambah efek octave dan compressor di channel clean, seperti yang dilakukan mas Billy Sheehan pada jalur efeknya.

EBS Sweden

Ampeg Scrambler Bass Overdrive


Walaupun namanya bass overdrive, Ampeg Scrambler ini juga bisa menghasilkan sound fuzz hingga warm clean tone. Merupakan reissue dari efek bernama sama yang tenar di tahun 80-an. Awalnya Scrambler jadi satu dengan preamp di pedal Ampeg SCR DI. Lalu kemudian Ampeg membuat preamp dan overdrivenya terpisah.

Suara yang dihasilkan cukup mendekati geraman SVT ketika dipush menuju overdrive. Ampeg Scrambler menghasilkan suara vintage Ampeg, sebuah alternatif dari sound bass modern.

Ampeg

MXR Bass Distortion


Efek distorsi bass ini adalah kerjasama antara Ryan Ratajski (Fuzzrocious Pedals) dengan MXR. MXR Bass Distortion mampu menghasilkan suara distorsi ringan hingga all out fuzz. Mulai dari RAT hingga Bigmuff, semuanya bisa dihasilkan dari MXR Bass Distortion.

Efek ini memiliki kontrol level Clean dan Drive yang terpisah, sehingga rentang suara MXR Bass Distortion cukup luas.

MXR

Berbagai efek diatas hanya sedikit dari banyaknya efek distorsi dan overdrive bass yang ada saat ini, dan rata-rata efek ini buatan pabrikan, bisa jadi di waktu mendatang akan dibuat juga artikel tentang pembuat efek butik atau handmade. Sampai disini dulu artikel tentang 5 efek distorsi dan overdrive terbaik untuk bass, sampai jumpa di artikel menarik berikutnya hanya di Guitarsquartz.



0 comments: