Mengenal Fan Fret Pada Gitar dan Bass

Leave a Comment
Guitarsquartz.net – Fan fret atau multiscale adalah salah satu fitur yang diterapkan pada fretboard gitar atau bass modern. Bentuk fret yang seperti kipas atau “fan” ini semakin banyak digunakan oleh pabrikan gitar saat ini. Apa sebenarnya fan fret atau dikenal juga dengan sebutan multiscale ini, dan apa kelebihannya untuk instrumen gitar dan bass? 


Asal Usul/Origins
Gitar atau bass ber-fan fret memiliki fret yang miring seperti kipas atau “fan.” Senar terendah memiliki scale length (jarak senar dari nut sampai bridge) yang lebih panjang dibandingkan senar dengan nada tinggi. 


Ternyata teknologi fan fret ini bukanlah hal yang baru. Sebuah instrumen bernama bandora, sudah menggunakan fan fret sejak abad ke ke 16. Konstruksinya sama seperti gitar atau bass fan fret modern. Senar bassnya (senar bernada lebih rendah) memiliki scale length lebih panjang dibandingkan senar yang bernada tinggi. Orpharion adalah instrumen lain yang menggunakan fan fret, juga masih di sekitar abad ke 16.

Era Modern
Luthier yang pertama kali memperkenalkan fan fret atau multiscale adalah Ralph Novak. Ia bahkan sempat mematekan fan fret tahun 1989. Ia membuat beragam instrumen dengan teknologi fan fret, mulai dari gitar, bass hingga gitar akustik.

Kelebihan Fan Fret
Fan fret mungkin terlihat aneh untuk dimainkan. Namun kini semakin banyak pemain gitar yang beralih ke fan fret dibandingkan gitar dengan fret biasa yang lurus. Salah satu kelebihan fan fret adalah suara senar rendah yang lebih jelas dan bersih dan suara senar tinggi yang lebih warm dan lebih mudah dimainkan. 


Kelebihan lainnya adalah tension atau tegangan senar yang lebih merata untuk semua senar. Biasanya senar tinggi memiliki tension yang lebih besar dan senar rendah cenderung lebih longgar. Bentuk fret yang miring membuat senar rendah memiliki scale length yang lebih panjang dan senar tinggi memiliki scale length yang lebih pendek. Dengan demikian tension bisa lebih merata untuk semua senar, membuat gitar atau bass menjadi lebih nyaman dimainkan.
Selain itu bentuk fret miring juga mengikuti bentuk jari saat fingering bass atau gitar.

Beberapa Pembuat Gitar/Bass Fan Fret
Sudah banyak pembuat gitar yang menerapkan fan fret. Ibanez, ESP, Schecter, Kiesel, Strandberg, dan Dingwall adalah beberapa pembuat fan fret yang populer saat ini. Penggunaan fan fret juga sudah cukup populer saat ini sehingga pembuat gitar custom juga menawarkan fan fret sebagai salah satu option. 


Perbedaan Fan Fret Dengan Fret Lurus
Menurut beberapa musisi yang sudah mencoba fan fret, menurut mereka tidak ada perbedaan yang berarti antara fan fret dengan fret lurus. Tapi tentu Anda harus mencoba sendiri untuk mengetahui perbedaannya. Musisi yang terkenal dengan instrumen fan fretnya antara lain adalah Charlie Hunter, Lee Sklar, Adam “Nolly” Getgood, dan Andy McKee.

Kesimpulan
Fan fret adalah teknologi abad ke 16 yang kini kembali populer. Fan fret menawarkan pilihan baru untuk musisi modern yang mencari instrumen dengan karakter yang berbeda. Meskipun identik dengan gitar modern, namun fan fret adalah bukti bahwa ilmu pengetahuan dari jaman dulu masih berguna dan relevan hingga saat ini. Soal fan fret cocok atau tidak untuk Anda, maka Anda harus mencobanya sendiri. 

Segitu dulu artikel tentang fan fret pada gitar dan bass. Sampai bertemu di artikel menarik lainnya, hanya di Guitarsquartz. 



0 comments: