IBX5981FE7FCD958 Mencoba Tuning Bass BEAD, Bass 4 Senar Serasa 5 Senar

Mencoba Tuning Bass BEAD, Bass 4 Senar Serasa 5 Senar

Leave a Comment
Guitarsquartz.net- Semoga judul diatas tidak terlalu membingungkan hehe. Jadi bagaimana maksudnya 4 senar rasa 5 senar?

Biasanya, bass 4 senar memiliki tuning standar EADG. Bass 5 senar dituning BEADG. Bass 4 senar sendiri sudah menjadi standar industri musik selama puluhan tahun. Namun musik era modern mengharuskan bass untuk menjangkau nada yang lebih rendah, maka diciptakanlah bass bersenar 5 dengan tuning BEADG.

Namun bass 5 senar memiliki keunikannya tersendiri, yaitu harganya yang lebih mahal dari bass 4 senar. Bass 5 senar juga memiliki neck serta bodi yang sedikit lebih besar. Neck yang lebih lebar juga berarti jari harus sedikit menjangkau lebih jauh dan untuk bassist yang memiliki jari yang tidak terlalu besar, memainkan bass 5 senar dapat menjadi tantangan. Untuk mereka yang memiliki jari panjang serta telapak tangan yang lebar harusnya tidak menjadi masalah. 

Karena itu para bassist pun bereksperimen dengan tuning BEAD pada bass 4 senar. Mengapa? Karena mereka ingin tetap mempertahankan feel serta kemudahan bermain dari neck 4 senar, dan memiliki range ekstra untuk nada rendah di bawah E. Karena itu makanya memiliki bass 4 senar tapi rasa 5 senar hehehe...

Selain itu kelebihan tuning BEAD yang lain adalah..

1. Bisa Memainkan Semua Jenis Musik
Mulai dari metal hingga pop, tuning BEAD mampu melahapnya. Karena sebagian besar musik populer jarang menggunakan hingga senar G, kebanyakan hanya E, A, D saja. Plus kita mendapat range ekstra dari senar B. Kita tidak perlu lagi melakukan drop D, karena kita memilika nada tambahan sampai B.

2.Interval Tetap Sama
Pada drop tuning, senar paling rendah diturunkan sehingga memiliki interval yang berbeda dari tiga senar lainnya. Untuk beberapa orang, salah satunya saya, cukup sulit untuk membiasakan dengan satu senar dengan interval yang berbeda dengan lainnya. Dengan tuning BEAD, kita dapat mempertahankan semua bentuk scale, kord sama seperti 4 senar.

3. Lebih Enjoy Bermainnya
Khususnya, untuk pemain bass dengan jari yang kecil (me again), jari tidak terlalu tersiksa dengan neck tebal dan lebar yang membuat pegal.

4. Terlihat Keren
Kita jadi kelihatan keren dan unik, karena bass kita tidak bisa dipinjam sembarangan orang, apalagi untuk pemula yang terbiasa dengan tuning standar bass 4 senar hehehe. Mungkin juga kita mendapatkan respek ekstra dari musisi yang ada di sekitar kita.

Ok, poin yang ke empat tadi jangan dianggap terlalu serius alias just kidding saja. Kelebihan lainnya dari tuning BEAD adalah kita tidak perlu membeli bass 5 senar untuk mendapatkan nada low B, cukup cari saja bass 4 senar yang harganya relatif lebih murah.

Cara Menerapkan Tuning BEAD
Lalu bagaimana caranya kita menerapkan tuning BEAD? Caranya sangat mudah, beli senar bass 5 senar dan tinggal di pasang di bass kita. Semudah itu...? Sayangnya tidak.

-Karena kita mengganti ukuran senar bass yang lebih besar, maka sudah pasti kita harus mengatur ulang intonasi di bridge, terutama untuk senar B. Selain itu, mungkin dibutuhkan setting ulang pada truss rod untuk mengatur kelengkungan neck. Setiap senar bass memiliki tension atau ketegangan yang berbeda, bila senar yang kita gunakan memiliki tension yang besar, maka sudah hampir pasti kita harus setting truss rod.
-Lalu mencari ukuran senar yang tepat. Pada artikel Berbagai Jenis Ukuran Senar Bass Untuk Drop Tuning, ada berbagai macam ukuran untuk setiap tuning yang berbeda. Sedangkan senar untuk bass 5 senar biasanya memiliki ukuran 130 105 80 65 45 atau 125 100 80 60 40. Untuk tuning BEAD kita hanya perlu menggunakan 4 senar saja minus senar G.
-Terakhir,  kita harus memperlebar nut pada bass agar senar bisa masuk. Terutama pada senar 4, karena kita menggunakan senar B yang berdiameter lebih lebar dari senar E.

Beberapa hal diatas mungkin belum pernah kita kerjakan, karena itu sebaiknya kita menyerahkannya pada teknisi gitar profesional .
That’s it! Cukup mudah bukan, sekarang kita memiliki bass 4 senar dengan rasa 5 senar! Tapi sebelum memutuskan menggunakan tuning BEAD, pertimbangkan hal berikut ini.
1. Tuning BEAD membutuhkan modifikasi pada nut, intonasi serta neck relief. Jika nanti kita ingin kembali menggunakan tuning standar EADG, maka kita harus kembali menyetting bass pada ketiga parameter tersebut.
2. BEAD mungkin tidak cocok untuk pemain bass yang senang mengeksplorasi nada-nada tinggi, karena absennya senar G.
3. Sebaiknya kita memiliki bass 4 senar khusus yang menggunakan tuning BEAD. Bila kita sering mengganti tuning, maka dikhawatirkan dapat merusak neck.
4. Modifikasi pada poin 1 sebaiknya dilakukan oleh teknisi gitar atau luthier profesional.

Demikian artikel tentang tuning BEAD ini, semoga dapat menjadi solusi untuk Anda ingin mendapatkan nada low ekstra dari bass 4 senar. Nantikan berbagai artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz.  


0 comments: