Berbagai Bentuk Interval Pada Bass

Leave a Comment
Guitarsquartz.net- Sebagai pemain bass, sangat penting bagi kita untuk mengenal berbagai posisi not di fretboard. Tujuannya adalah agar kita dapat memiliki banyak variasi not untuk bermain serta meningkatkan kelancaran jari ketika menjelajahi berbagai tempat berbeda di fretboard.

Interval
Apakah interval itu? Interval adalah jarak di antara dua nada. Pemahaman interval penting agar bisa memperkirakan posisi not dalam tangga nada atau arpegio. Juga sangat membantu saat berpindah dari satu senar ke senar lainnya.

Sebagai contoh, mari kita lihat fretboard di bawah ini.
Secara sekilas tampak rumit. Namun jika kita sudah menguasai interval dan tangga nada maka akan lebih mudah untuk mencoba berbagai posisi di fretboard. Sebagai contoh mari kita coba melihat bentuk-bentuk interval pada bass.

Karena bass memiliki jarak nada yang sama pada senarnya, maka bentuk bentuk dibawah ini dapat digunakan di semua posisi fretboard tanpa ada perubahan.


gambar 1
gambar 2









gambar
gambar 4
gambar 5

gambar 6

gambar 7

gambar 8

gambar 9







gambar 10






gambar 11







gambar 12








Bentuk-bentuk interval ini ada dalam semua tangga nada atau kord. Misalnya kita ambil contoh tangga nada C mayor.

nada lain sengaja dihitamkan

Pada tangga nada C tersebut kita bisa menemukan interval-interval yang sudah kita lihat sebelumnya. Misalnya sebagai berikut.
Kita lihat pada garis kuning menunjukan interval major third(3rd), seperti pada gambar 6. Lalu ada juga interval minor sixth (6th) yang ditunjukan garis biru, seperti pada gambar 8. Sedangkan garis hijau menunjukan interval perfect fifth. 

Contoh lain ada pada bentuk kord atau arpeggio. Kali ini kita lihat pada contoh triad atau arpeggio E mayor.
Pada bentuk triad diatas bisa kita lihat ada dua interval yang membentuk triad E mayor. Yaitu interval major third dan interval minor third. Major third ditunjukkan oleh titik merah (E) dan titik hijau di senar D (G#). Sedangkan minor third ditunjukkan oleh dua titik hijau, yaitu nada G# dan B (titik hijau di senar G).

Contoh terakhir kita lihat pada scale atau tangga nada G mayor berikut ini.

Demikianlah artikel tentang berbagai bentuk interval pada bass. Artikel berikutnya masih berhubungan dengan interval yang ada di artikel ini. Nantikan juga berbagai news musik dan artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz.



0 comments: