IBX5981FE7FCD958 Mengapa Suara Gitar Bass Sulit Didengar ?

Mengapa Suara Gitar Bass Sulit Didengar ?

Leave a Comment
Guitarsquartz.net - Beberapa saat lalu ada pertanyaan dari Quora yang isinya kira-kira begini : "Mengapa begitu banyak band memiliki gitar bass jika Anda hampir tidak mendengarnya di hampir semua lagu?"
Image by Michael Bolli from Pixabay

Sebuah pertanyaan awam, tapi cukup menarik untuk didiskusikan. Apakah memang pemain bass kurang terdengar pada setiap lagu?

No Bass = No Foundation!

 Satu hal yang pasti, jika suara bass pada sebuah lagu dihilangkan, maka pasti track atau lagu tersebut akan terdengar sangat sepi. Kenapa? Karena bass bersama dengan drum membangun fondasi ritem yang mengisi frekuensi rendah pada sebuah lagu.

Saat proses rekaman dan mixing, semua alat musik memiliki tempat rentang frekuensi-nya masing-masing, dan ditaruh pada setiap track.



Ada frekuensi untuk gitar, vokal, keybord, dan bass serta drum. Oleh teknisi mixing atau sound engineer, semua alat musik tersebut di atur agar memiliki 'tempat' frekuensi nya masing masing.

Sehingga jika salah satu track alat musik dihilangkan, maka akan terasa kurang lengkap dan kurang 'ngisi'. Termasuk untuk bass. Jadi walaupun suatu lagu rasanya tidak terdengar suara bass nya, tapi apabila track bass dihilangkan atau di mute, maka sebuah lagu akan terasa sepi dan hampa.

Lalu kalau begitu mengapa sulit terdengar? Memang tidak semua lagu memiliki suara bass yang kuat. Ini tergantung dari cara produser atau sound engineer memixing sebuah lagu. Kadang suara bass sudah cukup hanya sekedar dirasakan atau berupa feel saja, karena dirasa sudah cukup mengisi dan memberi landasan bagi instrumen lainnya.

Tapi memang ada saatnya ketika bass butuh dimixing lebih tinggi. Contohnya pada lagu Cosmic Girl - Jamiroquai (dengan pemain bass-nya,  Stuart Zander). Disitu suara bass nya terdengar jelas hingga lagu selesai.

Hampir semua musik memiliki suara bass, entah itu dari gitar bass atau suara synth bass, sebuah lagu membutuhkan fondasi frekuensi rendah yang solid, dan itu bisa diberikan oleh drum serta bass, entah itu terdengar sangat jelas atau samar-samar.

Media Pendengar 

Jika kita mendengar lagu dari upload yang tidak resmi di Youtube, atau mendownload lagu bajakan, atau dari CD bajakan, maka suaranya tentu sudah jauh berkurang dari yang aslinya.

Lagu dari CD, kaset, vinyl, atau media streaming resmi, memiliki resolusi yang lebih besar dan lebih jelas. Karena itu kita bisa mendengar semua rentang frekuensi dengan jelas. Agar selalu mendapat kualitas terbaik, pastikan hanya mendownload atau membeli serta mendengarkan lagu dari kanal resmi milik musisi.

Saat ini untuk berlangganan streaming lagu resmi sudah tidak terlalu mahal dan memiliki banyak koleksi lagu dari berbagai musisi.

Headphone Atau Speaker Yang Digunakan 

Untuk lebih mendengar suara bass pada sebuah lagu, coba gunakan headphone atau IEM dengan range frekuensi yang lebar.

Jika kita hanya mendengar lagu dari speaker laptop atau smartphone saja, kemungkinan besar kita tidak akan mendengar suara bass. Selain headphone, sound bar atau speaker portable yang bagus akan bisa mengeluarkan frekuensi bass yang jelas dan padat.

Gunakan headphone yang memiliki frequncy response flat, dari 20-20kHz. Dengan begitu kita akan bisa mendengar semua frekuensi dengan jelas, termasuk yang dimiliki gitar bass.


Anda Memang Tidak Bisa Mendengarnya 

Kalau mau jujur, kita memang harus berkonsentrasi untuk bisa memilah berbagai suara alat musik pada sebuah lagu. Untuk pemain bass atau yang sudah memiliki telinga yang terlatih, pasti dapat mengenali suara bass dengan mudah.

Sementara untuk pendengar lagu kasual, kebanyakan hanya fokus di melodi vokal atau gitar, rata-rata seperti itu.

Kesimpulannya...

Hampir setiap lagu membutuhkan nada bass sebagai landasan ritme dan melodi, juga untuk tempat bertumpunya alat musik lain. Meskipun kadang hanya samar terdengar atau tidak sejelas alat musik lain, bass adalah salah satu elemen penting dalam musik modern.

Ok, sampai disini dulu artikel singkat kita, nantikan terus berbagai artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz.net !!!




0 comments: