IBX5981FE7FCD958 Tips Belajar Memainkan Bass Fretless

Tips Belajar Memainkan Bass Fretless

Leave a Comment
Guitarsquartz.net – Bass fretless adalah instrumen yang dapat menambah perbendaharaan sound bass kita. Suara unik yang dihasilkan bass fretless akan membuat sebuah lagu memiliki nuansa berbeda. Namun memang instrumen tanpa fret memang sedikit menantang untuk dimainkan. Tapi bukan berarti tidak bisa. Bila kita bisa memainkan bass fretless dengan baik, maka hal tersebut akan menjadi nilai tambah yang tidak terkira untuk Anda sebagai seorang musisi.


 licensed under CC BY-SA 3.0 Picture by JD


Belajar hal baru memang bukan proses yang mudah. Namun untuk Anda yang senang dengan tantangan mungkin menyukai belajar memainkan bass fretless. Beberapa kelebihan bass fretless dibandingkan bass dengan fret adalah :

1. Menambah Speed
Karena tidak ada fret maka permainan bass kita bisa semakin cepat. Dan juga memungkinkan untuk setting ketinggian senar yang lebih rendah. 


2. Mempermudah Teknik Legato
Dengan bass fretless teknik-teknik legato seperti slide dapat dilakukan dengan lebih mudah dan halus. 


3. Sound Unik Yang Masuk Untuk Segala Genre Musik
Suara bass fretless yang unik membuatnya cocok untuk digunakan berbagai macam jenis musik, mulai dari pop hingga metal.

Nah setelah kita mengetahui berbagai kelebihan bass fretless, mari kita lihat beberapa tips singkat yang dapat membantu kita untuk memainkan bass fretless. 

1. Gunakan Tuner
Tuner sangat membantu agar kita bisa melatih ketepatan posisi jari di fretboard. Sembari kita menekan jari di fretboard, kita dapat melihat tuner untuk memastikan akurasi not yang kita mainkan. Agar lebih mudah gunakan tuner yang memiliki mikrofon agar kita bisa berlatih dengan menggunakan amplifier. 

BIla Anda cukup yakin dengan telinga Anda yang sudah terlatih, tidak ada salahnya menggunakan tuner agar semakin mantap dengan akurasi not yang Anda mainkan.



2. Posisikan Jari Tepat Di Kawat Fret
Anda bisa membayangkan seperti apa memainkan bass fretless dengan bass standar yang memiliki fret. Caranya cukup mudah, tempatkan jari Anda tepat di kawat fret. Biasanya kita hanya perlu menekan sedikit dibelakang fret untuk menghasilkan nada yang tepat. Namun bila kita gunakan cara yang sama di bass fretless maka bisa dipastikan not yang keluar akan fales atau ‘miss.’ 

Biasakan untuk menaruh jari tepat di kawat fret, karena seperti itulah cara kita memainkan bass fretless. Memang sedikit menantang karena jari kita harus melakukan ‘stretch ’ atau peregangan yang mungkin lebih banyak daripada biasanya.



3. Mainkan Tangga Nada
Tangga nada adalah cara yang baik untuk berlatih memainkan bass fretless. Lebih efektif lagi sambil menggunakan tuner. Mainkan tangga nada dari interval pertama hingga terakhir. Perhatikan apakah kita sudah memainkan nada yang tepat, dan perhatikan juga posisi jari kita. BIla ternyata memainkan nada yang salah, segera lihat tuner dan tempatkan jari kita hingga memainkan nada yang benar.



4. Gunakan Sound Clean!
Kenapa saya beri tanda seru, karena banyak orang yang mulai berlatih bass menggunakan efek-efek seperti yang digunakan Jaco Pastorius. Tidak salah karena bass fretless dengan chorus memang terdengar keren, namun sebaiknya kita melatih dulu ketepatan not kita dengan sound bass clean karena penggunaan efek dapat mengaburkan pendengaran kita dari not yang salah. 



5. Mulai Dari Tempo Yang Pelan
Mungkin kita tergoda untuk menambah kecepatan permainan pada bass fretless baru kita. Namun hasilnya akan lebih maksimal jika kita mulai berlatih dari tempo yang perlahan. Setelah mahir pada tempo tersebut, maka kita boleh menaikkan tempo sedikit demi sedikit agar lebih fun!

Semoga tips tadi berguna untuk kita yang ingin mencoba belajar dan memainkan bass fretless. Di Indonesia sendiri masih jarang pemain bass yang mampu memainkan bass fretless dengan skill yang menonjol seperti  Bintang Indrianto. Nama tadi boleh dicek berbagai albumnya karena beliau adalah salah satu master bass fretless di Indonesia.


Selamat belajar dan bersenang-senang dengan bass fretless baru Anda, jangan lupa nantikan terus berbagai artikel seru dan menarik lainnya hanya di Guitarsquartz.net . Sampai jumpa dan selamat berlatih!!


0 komentar: