IBX5981FE7FCD958 9 Pickup Terbaik Untuk Jazz Bass

9 Pickup Terbaik Untuk Jazz Bass

Guitarsquartz.net - Jazz Bass pasti sudah tidak asing lagi dikalangan pemain bass. Jazz Bass juga cukup terkenal di kalangan gitaris dan teknisi rekaman karena suaranya yang familiar dan sudah mengisi suara bass di berbagai rekaman terkenal.

unsplash-logoAlberto Bigoni

Jazz Bass memiliki 2 pickup yang membuatnya bisa menghasilkan berbagai sound yang beragam. Karena itu Jazz Bass cukup fleksibel memainkan berbagai genre musik, mulai dari pop hingga metal, reggae hingga funk rock, atau punk hingga black metal.

Fender Jazz Bass standarnya saja sudah cukup bagus, tapi bagi yang ingin mengupgrade soundnya, yang paling mudah adalah dengan mengganti pickupnya.

Ada banyak pickup aftermarket untuk Jazz Bass yang bisa kita gunakan. Beberapa pickup Jazz Bass di bawah ini adalah pilihan Guitarsquartz. Mari kita lihat beberapa di antaranya.


Seymour Duncan Antiquity II Jazz Bass

Pickup Jazz Bass buatan Seymour Duncan ini terinspirasi dari Jazz Bass tahun 60'an. Dibuat dengan magnet Alnico V, untuk sound klasik Jazz Bass tapi dengan sedikit tambahan output.

Secara penampilan pickup ini juga didesain seperti pickup yang berusia cukup tua. Pas jika Jazz Bass Anda bergaya relic.


Dimarzio Model J

Model J adalah pickup Jazz Bass untuk yang ingin main rock! Memiliki output yang lebih besar dan sudah hum cancelling yang mengurangi noise. Meskipun menggunakan magnet ceramic, tone yang dihasilkan tetap jelas dan tidak 'muddy' atau terlalu penuh.

Model J juga bisa diatur pole piece-nya agar output tiap senar sama dan rata.


EMG JVX Set

JVX adalah jawaban EMG untuk penampilan pickup aktif yang sedikit membosankan. Berbeda dengan cover yang biasanya menutup seluruh permukaan pickup aktif, JVX memiliki pole piece yang terbuka seperti pickup Jazz Bass klasik.

Tapi tidak hanya penampilan saja, JVX juga bisa menghadirkan sound klasik pickup Jazz Bass. Tapi dengan segala kelebihan pickup aktif, seperti range frekuensi lebih lebar, bisa men-drive kabel panjang, dan yang lebih penting minim noise!


Aguilar HC Jazz Bass Pickups

Setelah membuat ampli dan efek untuk pemain bass, Aguilar mencoba terjun di pembuatan pickup. HC Jazz Bass adalah salah satu produk andalan mereka.

Magnet Alnico 5 menjadikan suara pickup ini lebih tebal dan kuat, tapi masih memiliki karakter pickup Jazz Bass. Seri HC berarti hum-cancelling, artinya pickup ini didesain untuk mengurangi noise.

Tersedia dalam versi 4, 5, dan 6 senar.


Bartolini b axis Jazz Bass Pickups

Nama Bartolini sudah tidak asing lagi di kalangan pemain bass. Inovasi terbaru mereka adalah pickup b-axis.

Pickup dengan pole piece miring ini didesain untuk menangkap getaran senar dari segala dimensi. Hasilnya adalah suara yang punch dan kuat, tapi tetap bright dan jelas. Pickup ini juga sudah hum cancelling.


Fender N3 Noiseless Jazz Bass Pickup

Rasanya kurang lengkap membahas pickup Jazz Bass tanpa pickup buatan Fender. N3 adalah pickup low noise buatan Fender.

Pickup-pickup ini juga digunakan di bass produksi Fender. N3 memiliki karakteristik suara Jazz Bass 60'an tapi dengan noise yang lebih kecil. Sangat pas untuk mengupgrade pickup di Squier atau Jazz Bass lainnya.

Nordstrand Big J Blade

Nordstrand membuat inovasi dengan pole piece yang berbentuk 'blade' atau bilah. Desain tersebut agar pickup ini bisa digunakan untuk berbagai macam jarak senar.

 Suara yang dihasilkan juga lebih fokus dan tajam, tapi masih memiliki low yang kuat.

Tersedia dalam dua pilihan output, 'clean and clear' (low output) atau 'warm and wooly' (high output).


Joe Barden J Pickups

Joe Barden membuat berbagai pickup hum cancelling, salah satunya digunakan oleh gitaris Danny Gatton pada gitar Telecaster-nya.

Mereka juga membuat berbagai pickup bass. Desain blade yang digunakkannya membuat setiap output senar rata dan seragam. Blade yang ada di bagian atas pickup juga memiliki radius mengikuti kelengkungan fretboard.

Pickup ini cukup bright dan bisa memperjelas amplifier atau bass yang terlalu nge-bass.


Aluma J Bass Pickups

Pickup buatan Lace Music ini memiliki teknologi khusus yang tidak menggunakan terlalu banyak gulungan kawat dan lebih sedikit parts logam-nya.

Suara yang dihasilkan cenderung full range dan cukup rata di semua frekuensi. Kelebihan nya adalah sound dan output nya cukup setara dengan pickup aktif, tapi pickup ini pasif tanpa baterai. Selain itu tampilan pickup ini cukup futuristik.


Kesimpulan

Dari 9 pickup di atas, manakah yang menjadi pilihan Anda? Rata-rata semua pickup di atas cukup fleksibel untuk memainkan segala genre musik. Berbagai fitur dan fungsi pickup juga sesuai dengan kebutuhan semua pemain bass.

Memang untuk pickup dan aksesoris gitar dan bass, cara terbaik adalah dengan mencobanya sendiri sehingga kita benar-benar tahu kebutuhan kita.

Semoga artikel ini bermanfaat, sampai ketemu di artikel menarik selanjutnya hanya di Guitarsquartz.net !!!