IBX5981FE7FCD958 6 Bass Short Scale Terbaik Untuk Bassist Modern!!

6 Bass Short Scale Terbaik Untuk Bassist Modern!!

Guitarsquartz.net - Bass yang sering dijual saat ini umumnya long scale, seperti Fender Jazz atau Precision. Bass long scale sudah menjadi 'standar' buat pemain bass. Tapi mari kita coba melihat short scale bass sebagai alternatif.

unsplash-logoJohn Hult

Apa Itu Short Scale Bass?

Short scale adalah bass yang memiliki scale length kurang lebih 30 inci. Jika masih penasaran soal scale length maka silakan melihat artikel Tiga Macam Scale Length Bass Yang Sering Digunakan. Beberapa contoh short scale bass, akan kita bahas selanjutnya.....


Mengapa Harus Short Scale Bass?

Karena short scale bass memiliki jarak antar fret yang lebih rapat, dibandingkan dengan Fender Jazz (long scale, 34 inci) atau Ibanez BTB (super long scale, 35 inci). Dengan jarak antar fret yang lebih rapat, maka manuver jari di fretboard bisa lebih jauh dan lincah, tidak harus stretch atau merentangkan tangan sejauh kedua contoh bass tadi, jadi jari fretting tidak cepat lelah...

Sedangkan suara yang dihasilkan short scale bass.... Nanti kita akan bahas di point berikutnya.


Mengapa Tidak Short Scale Bass?

Untuk player yang memiliki tangan besar dan jari panjang, short scale mungkin terasa terlalu pendek dna kecil. Short scale bass juga identik dengan tone vintage yang warm (banyak bass mid sedikit treble) serta classic rock, walaupun sebenarnya tidak selalu demikian.

Selain itu tidak terlalu banyak variasi short scale bass, tidak sebanyak bass-bass lainnya. Namun jika tekun mencari, sebenarnya cukup banyak yang membuat short scale bass, walaupun terhitung custom dan bukan pabrikan.



Beberapa Contoh Short Scale Bass Untuk Bassist Modern

Dibawah ini adalah short scale bass modern yang bisa kita temukan saat ini. Silakan melihat-lihat spesifikasinya dan siapa tahu cocok dengan kebutuhan Anda.



Ibanez Talman TMB30

Bass ini masih termasuk ke dalam seri bass Talman. Diantara Talman Bass lainnya yang notabene long scale, Ibanez menyelipkan TMB30, sesuai dengan nama modelnya memiliki scale length 30 inci alias termasuk short scale bass.

Dengan pickup ala PJ serta 2 volume dan sebuah tone control, elektronik bass ini cukup versatile untuk memainkan berbagai jenis musik.

Secara style, TMB30 tampil klasik, namun untuk sound nya masih tergolong modern. Untuk sound vintage cukup menutup sedikit knob tone control nya. Oya TMB30 ini harganya sangat friendly juga...
Ibanez TMB30



Fender Mustang American Performer

Bass ini disukai pemain bass dari berbagai genre, mulai dari session legend Justin M Johnson, hingga pemain bass Talking Heads, Tina Weymouth. Fender Mustang ini termasuk ke dalam seri terbaru American Performer.

Masih memiliki split pickup khas Mustang Bass, namun dengan tambahan pickup Jazz Bass di posisi bridge. Jadi masih ada nuansa vintage dari split pickup nya.

Bass ini masih made in America, tepatnya di California. American Performer dibuat untuk menggantikan seri American Special. Jadi soal kualitas tidak perlu diragukan lagi.
Fender Mustang American Performer


Gretsch G2220 Junior Jet Bass II

Gretsch selain membuat drum dan gitar, mereka juga membuat berbagai bass dengan gaya dan sound vintage. Tapi Junior Jet Bass II ini masih cukup oke untuk memainkan musik-musik modern, karena sepasang pickup mini humbucker yang memiliki karakter suara bright. Dengan dua pickup variasi suara yang dihasilkan cukup, walaupun secara karaker cenderung ke vintage.

Bass ini juga solid body, berbeda dari bass-bass Gretsch yang biasanya semi hollow. Jadi buat main rock-rockan juga masih oke. Ehem... Royal Blood.



Spector Bantam 4

Spector adalah brand yang kurang dikenal untuk bass short scale. Padahal Spector sempat membuat bass short scale untuk Garry Talent, pemain bass E Street Band. Tahun ini Spector meluncurkan Bantam 4, tampaknya meneruskan spirit signature series Garry Talent tersebut.

Dari semua bass yang ada di list ini, hanya Bantam 4 yang memiliki pickup aktif dan preamp EMG. Karena itu bisa disimpulkan bass ini karakter suaranya modern (banget), seperti bass-bass Spector lainnya. Maksudnya modern adalah suaranya sangat bright, dengan attack yang jelas, low yang padat dan treble yang nge-cring.
Spector Bantam 4


Supro Huntington

Supro kembali meramaikan industri alat musik, sebelumnya dikenal sebagai salah satu gitar vintage dibawah brand Valco. Dibawah kepemimpinan baru, Supro membuat kembali amplifier, efek, dan juga gitar serta bass.

Supro tidak meninggalkan ciri khas vintagenya. Terlihat dari pickup Gold Foil yang menjadi ciri khas  gitar dan bass Supro.

Ada tiga varian, mulai dari Huntington I , II , dan III. Nama romawi tersebut melambangkan jumlah pickup pada bass tersebut.
Supro Huntington



Birdsong Bass

Birdsong adalah pembuat bass asal Texas dengan spesialisasi bass short scale, baik 4 maupun 5 senar. Satu-satunya pembuat bass short scale custom di list ini. Birdsong memiliki beberapa model dengan spesifikasi dasar, dengan pilihan full custom untuk yang memiliki dana lebih.

Birdsong memiliki bass dengan berbagai macam karakter, mulai dari modern vintage, hingga semi akustik. Karena custom shop juga, Birdsong siap mewujudkan bass short scale impian Anda. Memang dari segi pricing Birdsong termasuk premium.
Birdsong Guitars


Terakhir... Where To Buy

Setelah beberapa paragraf di atas, tentu saja yang paling penting adalah, apakah semua bass di atas bisa di beli di Indonesia. Well, sayangnya belum semua tersedia...

Yang sudah ada di Indonesia dan tersedia di berbagai marketplace antara lain: TMB30, Junior Jet Bass II, dan Fender Mustang (walaupun bukan seri American Performer, kemungkinan masuk awal tahun depan).
Beberapa bass yang ada di list ini sudah bisa dibeli di Indonesia


Spector Bantam 4 juga kemungkinan besar bakal tersedia awal tahun di Indonesia. Sedangkan Supro Huntington saya belum tahu pasti, bisa jadi datang tahun depan dari distributor terkemuka seperti Hiend Guitar atau Melodia.

Birdsong mau tidak mau kita harus memesan langsung dari Amerika. Silakan berhitung sendiri ongkir dan dana yang dibutuhkan. Dibawah setiap sub artikel bass sudah disediakan link ke website resminya.

Baca Juga : Memilih Power Supply Untuk Efek Gitar Dan Bass


OK, sampai disini dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian yang ingin mengeksplor bass short scale. See u in the next article!! Tunggu berbagai artikel menarik hanya di Guitarsquartz.