IBX5981FE7FCD958 10 Brand Pembuat Bass Custom Terbaik Di Dunia

10 Brand Pembuat Bass Custom Terbaik Di Dunia

Guitarsquartz.net - Gitar dan bass custom di Indonesia bukanlah hal yang aneh lagi. Di beberapa daerah, pembuat gitar dan bass custom sendiri bisa ditemukan dengan mudah baik di ibukota maupun daerah yang agak jauh dari ibukota.

unsplash-logoHannah Gibbs

Namun tidak bisa dipungkiri, desain serta teknik pembuatan ada yang mengacu pada pembuat gitar dan bass custom luar negeri. Sesuai dengan judulnya, kita akan melihat 5 brand pembuat bass custom terbaik yang ada di dunia. Berbagai bass buatan mereka ikut membentuk trend desain bass dunia serta kerap digunakan oleh pemain bass ternama dunia.

Baca Juga :
Mengenal Extended Range Bass (ERB) dan Extended Range Gitar (ERG)
Amplifier Gitar Listrik Yang Bagus Untuk Pemula & Berpengalaman
Berbagai Jenis Bridge Pada Gitar Elektrik

Mengapa Harus Bass Custom?

Jika pemain bass sudah sering mencoba berbagai bass atau juga memiliki banyak bass, maka ia akan mulai mengenal dan mengingat spesifikasi apa saja yang disukai dari berbagai bass. Misalnya bass A memiliki neck yang pas, tapi bass B punya elektronik yang lebih bagus, dan bass C  memiliki warna yang paling terang, dan lain sebagainya.

Karena bass yang dibuat massal di pabrik belum tentu sesuai dengan seluruh kebutuhannya, maka ada kalanya seorang pemain bass membutuhkan bass custom.


Dari Bass Custom Ke Signature Series

Baik luthier(ahli pembuat instrumen bersenar) custom atau pabrikan instrumen besar seperti Ibanez dan Fender pun memiliki divisi khusus untuk menangani pesanan atau spesifikasi tertentu seorang musisi. Dan bila sang musisi ini cukup dikenal atau memiliki karakter yang unik, maka spesifikasi bass sang musisi tersebut dapat menjadi signature series.

Signature series adalah bass (dan gitar) custom yang dibuat berdasarkan keinginan dan kebutuhan sang pemain bass, mulai dari warna hingga ke bagian terkecilnya didesain dan dibuat sedetail mungkin sesuai dengan kemauan sang pemain bass.


Ok mari kita langsung lihat 10 brand pembuat bass custom terbaik yang ikut merevolusi dan mengubah dunia dengan desain mereka!!

Fodera


Pembuat bass dan gitar asal New York ini dikenal memiliki bass custom dengan ketelitian serta kustomisasi total pada setiap bass yang mereka buat. Karena masih handmade, dan membuat sendiri hampir seluruh bagian bass mulai dari senar, bridge hingga knobnya, bass buatan Fodera memiliki harga yang cukup fantastis.

Tapi dengan berbagai inlay serta ukiran kayu rumit dan penuh seni, bass dan gitar buatan Fodera merupakan kebanggan tersendiri untuk yang memilikinya. Salah satu endorsing artis terkenal Fodera adalah Victor Wooten dan Anthony Jackson.

Fodera 


Status 


Pembuat bass asal UK ini dikenal menggunakan material serat karbon untuk gitar dan bass mereka. Cukup jarang pembuat gitar dan bass custom yang menggunakan serat karbon sebagai material utamanya, karena material tersebut membutuhkan pengetahuan khusus, sesuatu yang sudah dikuasai selama bertahun-tahun oleh Status. Mereka juga membuat sendiri seluruh bagian bass mulai dari hardware hingga senar.

Pemain bass Muse, Chris Wolstenholme dan bassist Level 42, Mark King dikenal sebagai endorser bass Status. Mungkin tidak lama lagi Alex Venturella (Slipknot), juga akan menjadi salah endorser Status karena sering terlihat menggunakannya saat live.

Status Bass 


Nats

Nah pembuat bass ini berasal dari Indonesia lho. Sayangnya belum memiliki website sendiri, tetapi beberapa info tentang bass buatan mereka bisa dilihat di akun IG serta line mereka. Nats membuat bass yang sudah sering digunakan musisi profesional Indonesia. Desain serta keahlian mereka membuat bass tidak perlu diragunkan lagi, tidak kalah dengan pembuat bass custom dari negara lainnya.

Silakan cek bass buatan Nats di @natsbassindonesia .


Conklin


Adalah pembuat bass custom ini merupakan salah satu pelopor pada gitar dan bass extended range. Conklin akan membuat berbagai bass dan gitar sesuai keinginan Anda, dengan paduan kayu serta warna yang mengagumkan, juga tidak masalah jika ingin gitar atau bass 7, 8, 9, 10 senar atau berapa pun.

 Sayangnya terakhir kali di cek situs Conklin Guitars sedang down. Semoga nanti akan cepat kembali lagi, karena situs Conklin penuh dengan berbagai gambar gitar dan terutama bass custom mereka yang menakjubkan. Untuk sementara kita bisa melihat karya mereka di akun Facebook Conklin Guitars.

Conklin Facebook

Tom Clement Bass


Tom Clement memiliki beberapa design bodi bass yang unik. Selain membuat beberapa bentuk bass standar dan modern juga. Dibuat custom oleh Tom sendiri, mulai dari beberapa model singlecut, classic seperti bodi Fender dan juga beberapa model ergonomis dengan bodi yang lebih kecil. Tapi Tom juga menerima berbagai pesanan custom sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

Tom Clement Bass



Birdsong Bass


Perusahaan pembuat bass custom ini adalah salah satu yang mempopulerkan bass short scale di dunia. Bass short scale identik dengan musik jadul, tetapi Birdsong memadukannya dengan desain dan konstruksi modern yang kekinian. Walaupun modern masih terasa ruh klasiknya. Bass buatan Birdsong ini semuanya memiliki scale length 31 inci baik untuk bass 4 atau 5 senarnya.

Birdsong juga menghidupkan kembali brand klasik SD Curlee sebagai bagian dari bisnisnya, yang memang mengkhususkan diri untuk bass short scale. Jika Anda penyuka bass berukuran kecil yang nyaman namun memiliki sound besar, maka Birdsong untuk Anda.

Birdsong Bass


Sadowsky


Siapa yang tidak kenal Sadowsky? Roger Sadowsky adalah nama yang tenar untuk pembuat bass custom modern. Sadowsky masih mengadopsi desain klasik, dan selain bass mereka juga memiliki inovasi lain yaitu preamp nya. Tersedia dalam bentuk wiring atau stombpox, sound preamp serta bass Sadowsky telah mengisi berbagai rekaman baik di Amerika maupun seluruh dunia. Sadowsky juga mulai membuat bass single cut yang menjadi tren terbaru di dunia gitar bass.

Bisnis utama Sadowsky adalah custom, tapi mereka juga memiliki line semi-custom yaitu MetroLine dan Metro Express yang dibuat di Jepang dengan harga yang lebih terjangkau lagi.

Sadowksy


Wilcox Guitar


Selain kualitas bassnya, perusahaan pembuat bass custom ini lebih dikenal karena teknologi pickup optikal nya. Pickup ini (bernama Lightwave) tadinya dijual bebas sebagai aftermarket, namun saat ini hanya bisa didapatkan melalu bass buatan Wilcox. Bass mereka dinamai Saber, dan tersedia dalam 4 dan 5 senar, solid atau hollowbody, juga tersedia pilihan output MIDI untuk setiap senar.

Keunikan teknologi Lightwave adalah tidak menggunakan magnet namun sensor khusus untuk mendeteksi getaran senar. Hasilnya suara bass yang jernih dan nyaris tanpa noise seperti pada pickup konvensional.

Wilcox juga memiliki divisi custom shop yang siap mewujudkan bass dengan dimensi dan fitur sesuai dengan keinginan Anda.

Wilcox Guitars


Jerzy Drozd


Pembuat bass custom ini adalah salah satu pembuat bass custom elit dunia. Memiliki desainnya sendiri yang berbeda dengan bass lain yang sudah ada dipasaran. Mulai dari pickup, preamp, kosntruksi, bentuk bodi dan neck merupakan hasil karya Jerzy Drozd sendiri.

Jerzy Drozd juga membuat banyak ERB atau extended range bass yang bersenar 7 hingga 12 senar dan anything in between and even more!! Melihat bass buatan Jerzy Drozd seperti melihat sebuah karya seni yang dibuat menjadi bass. Salah satu bass Jerzy Drozd yang paling terkenal adalah Legend XII yang dibuat unuk musisi Yves Carbonne, fotonya bisa Anda lihat di judul sub artikel ini.

Jerzy Drozd Basses


Carl Thompson Bass


Carl Thompson juga seorang luthier yang memiliki gaya unik dan berbeda dalam setiap bass buatannya. Ia hanya mau membuat bass dengan kualitas terbaik, dari material terbaik dan perhatian penuh pada setiap detail. Salah satu kliennya adalah Les Claypool, pemain bass sensasional dari band Primus.

Baca artikelnya. 


Karena begitu unik dan personal bass buatan Carl, maka satu unit bassnya dapat mencapai harga belasan ribu dollar!! Namun jangan kuatir, ia juga membuat bass "no frills" yang straight to the point dengan kosmetik yang minim sehingga bisa lebih murah.

Ia masih aktif membuat bass, meskipun usianya sudah tidak muda lagi. Carl Thompson dibantu beberapa asisten untuk membuat bassnya, seperti yang terlihat di instagramnya. Ia adalah salah satu legenda dalam kancah luthier bass dunia.


Carl Thompson IG 
Carl Thompson Bass


OK, segitu dulu artikel ini mudah-mudahan bisa menambah pengetahuan pembaca Guitarsquartz mengenai dunia musik. Nantikan terus berbagai artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz.net!! Until next time.