IBX5981FE7FCD958 Berbagai Jenis Bridge Pada Gitar Elektrik

Berbagai Jenis Bridge Pada Gitar Elektrik

Leave a Comment
Guitarsquartz.net- Bridge adalah salah satu bagian gitar yang mempengaruhi keluaran suara gitar. Bridge adalah tempat senar mengalami kontak dengan saddle, untuk mengalirkan energi getaran senar ke bodi gitar. Ada berbagai jenis bridge gitar yang memiliki fitur dan fasilitas berbeda-beda, kenali berbagai perbedaan bridge gitar pada artikel ini.



Jenis Bridge Gitar
Bridge gitar dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu fixed bridge dan vibrato/tremolo/floating bridge. Penamaan tremolo sebenarnya salah, karena suara yang dihasilkan saat mengayun lengan tremolo adalah vibrato (perubahan pitch atau naik turunnya nada). Namun karena sudah dipakai selama bertahun-tahun, maka penggunaan kata 'tremolo' dipertahankan.

Contoh fixed bridge ada pada Gibson Les Paul, sedangkan tremolo contohnya pada Fender Stratocaster. Di bawah ini adalah beberapa jenis fixed bridge dan tremolo yang sering digunakan pada gitar.

Fixed Bridge
-Tune-o-matic + stoptail : contohnya Gibson
-Hardtail : memiliki saddle seperti Fender
-Single string : contohnya ABM single string


Tremolo Bridge  
-Vintage 6 point (Fender) : tremolo yang biasa ditemukan pada Stratocaster vintage
-2 point tremolo : tremolo stratocaster modern
-Floyd Rose : locking tremolo, seperti yang digunakan Van Halen
-Bigsby :

Bahan Pembuat Bridge
Berbagai logam dapat digunakan sebagai bahan utama bridge gitar. Stainless steel adalah bahan yang paling umum untuk bridge gitar. Namun ada juga yang terbuat dari alumunium, brass, atau bahkan titanium.

Membicarakan bridge maka kita juga otomatis membahas saddle. Saddle bisa saja terbuat dari bahan yang berbeda dengan bridge untuk menghasilkan suara yang berbeda atau agar senar tidak cepat putus.


 Locking Bridge
Bridge tipe locking menggunakan mekanisme pengunci agar tuning lebih stabil. Umumnya sistem locking ini diterapkan pada bridge tremolo, seperti Floyd Rose. Namun ada juga fixed bridge yang dilengkapi dengan sistem locking, seperti pada gitar Jackson Mick Thompson Soloist.


Headless Bridge
Headless bridge didesain khusus untuk gitar dan bass headless. Maksudnya adalah tuning dilakukan di bridge, bukan di headstock (headless=tanpa headstock) seperti gitar pada umumnya. Headless bridge ada yang fixed ada juga yang tremolo. Setiap perusahaan gitar memiliki versi bridgenya masing-masing. Ada juga perushaan yang khusus membuat part aftermarket bridge headless seperti Hipshot. Gitar dan bass headless sudah pernah dibahas secara singkat di artikel berikut ini.
Pengaruh Bridge Terhadap Sound Gitar
Beberapa pembuat bridge aftermarket banyak yang memberi klaim bahwa bridge buatan mereka terbaik dan memberi pengaruh yang signifikan terhadap keluaran sound gitar. Tapi kita perlu mengingat bahwa bridge hanyalah salah satu dari banyak variabel pada suara akhir sebuah gitar.

Namun bridge gitar yang berkualitas serta memiliki konstruksi yang baik sudah pasti merupakan investasi untuk instrumen kesayangan Anda.

Jenis Bridge Lainnya
Evertune adalah sebuah fixed bridge yang memanfaatkan per agar senar selalu kembali ke seteman awal. Evertune adalah inovasi terbaru fixed bridge di dunia pergitaran. Evertune tersedia dalam berbagai ukuran dan jumlah senar.
Bridge lainnya yang patut mendapat apresiasi adalah Sophia by CSL dan Rick Toone. Mereka membuat berbagai desain bridge, baik yang fixed maupun tremolo dengan desain modern serta beberapa fitur inovatif.


Sekian dulu artikel singkat kita tentang bridge gitar, baca terus berbagai artikel menarik seputar musik hanya di Guitarsquartz.

0 comments: