IBX5981FE7FCD958 5 Head Amplifier Mini Dengan Sound Terbaik!!

5 Head Amplifier Mini Dengan Sound Terbaik!!

Guitarsquartz.net- Semakin meningkatnya biaya tur serta logistik transportasi membuat para gitaris malas membawa head amplifier yang besar dan berat. Solusi yang diambil biasanya adalah menggunakan multi FX digital.

Tapi tidak semua orang nyaman menggunakan multi FX. Memang tidak ada yang mengalahkan respons serta 'feel' sesungguhnya dari sebuah amplifier. Karena itu sekarang banyak pembuat amplifier yang membuat amplifier berukuran mini atau sering juga disebut "lunch box amps", karena begitu kecilnya ukuran head amplifier tersebut dibandingkan dengan head amplifier pada umumnya. Lalu...

Mengapa Head Amplifier (Harus) Berukuran Besar?
Karena memuat banyak komponen yang berukuran besar juga. Seperti tabung, transformer, preamp, poweramp, dan komponen lainnya. Transformer amplifier biasanya yang menyumbang berat pada sebuah head amplifier, ditambah dengan komponen lainnya. Sekadar tambahan juga, transformer adalah komponen paling mahal sebuah head amplifier bila rusak dan harus diganti. Karena itu pastikan menggunakan tegangan yang sesuai dengan kebutuhan amplifier.


Bagaimana Pembuat Ampli Membuat Head Ampli Mini?
Dengan semakin maju teknologi, semua komponen yang disebutkan di atas dapat diperkecil ukurannya, dan juga kadang memanfaatkan teknologi solid state pada power amp nya untuk mengurangi berat dan ukuran. Meskipun begitu, sebagian besar produk head amplifier mini kebanyakan masih analog dan menggunakan tabung.

Ok, langsung saja kita lihat beberapa head amplifier mini terbaik. Oya untuk menegaskan bahwa urutan angka ini tidak bermaksud menentukan yang paling bagus dan paling jelek, karena semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan kita.


1. Orange Rocker 15 Terror

 Salah satu produk unggulan dari Terror series, head amplifier mini ini memiliki sound tidak kalah besar dengan saudaranya, head amplifier Orange seri manapun. Meskipun 'hanya' 15 watt, power yang dihasilkan sudah cukup untuk latihan bersama dengan drum atau bass. Mengapa memilih Rocker 15 Terror? Karena dilengkapi fitur yang cukup lengkap, untuk sekedar latihan di kamar atau hingga di bawa manggung.

Memiliki pilihan power dari 15 watt, 7 watt, 1 watt, hingga 0.5 watt. Semua bisa dipilih lewat switch Headroom/Bedroom dan Full/Half. Tidak seperti Orange yang dikenal dengan sound crunchnya, Rocker 15 Terror juga memiliki sound clean yang renyah dan clear selain channel distorsinya tentu saja. Dibawah ini adalah spesifikasi lengkap head amplifier mini Orange Rocker 15 Terror.

Spesifikasi:

  • TWIN CHANNEL, VALVE BUFFERED EFFECTS LOOP, HALF POWER MODE & ‘HEADROOM/BEDROOM’ ATTENUATOR SWITCH.
  • Controls (Right to Left): NATURAL CHANNEL: VOLUME DIRTY CHANNEL: GAIN, BASS, MIDDLE, TREBLE, VOLUME CHANNEL SELECTOR, HALF/STBY/FULL POWER SELECTOR POWER SWITCH
  • Valves   PREAMP: 3 X ECC83 (12AX7), 1 X ECC81 (12AT7)
  • POWER AMP: 2 X EL84
  • Output Power:  0.5, 1, 7 OR 15 WATTS (SWITCHABLE)
  • EFFECTS LOOP   YES (VALVE BUFFERED)
  • Unboxed Dimensions (W x H x D):            35.6 x 17.7 x 15cm (14.01 x 6.96 x 5.9″)
          Boxed Dimensions (W x H x D)   43.9 x 25.3 x 23.9cm (17.28 x 9.96 x 9.40″)

Orangeamps



2. ZT Amp Lunch Box Amp

Ok, ok amplifier ini mungkin bukan head amp, tergolong sebagai combo amp. Tapi ZT Lunchbox bisa menggunakan speaker kabinet eksternal. Dan jika membandingkannya dengan ampli combo lain, maka ZT Lunchbox terlihat seperti amplifier untuk latihan! Tapi jangan tertipu dengan penampilan mininya, karena ZT Lunchbox memiliki output power hingga 200 watt.

Ampli ini dapat bersuara sekeras, Marshall half stack. Ingin lebih keras? Tinggal colokkan speaker kabinet eksternal, dan bisa menghandle kabinet 4x12! Ingin latihan senyap? Ada fitur speaker off untuk mematikan speaker internal dan menggunakan ZT Lunchbox sebagai practice amp. Panel kontrolnya pun sangat sederhana, hanya gain, tone, volume, dan ambiance. Untuk yang mencari head amplifier mini dengan sound maksimal, bisa mencoba ZT Lunchbox.

Spesifikasi :

  •     200W (100W + 100W) Class A/B Power Amplifier
  •     ​Custom-designed ultra-power 6.5" speaker
  •     Drives external speaker cabinet
  •     Dynamic response & headroom to handle effects with ease
  •     Switchable 115V/230V for international travel
ZT Amplifier


3. Hughes Kettner Tubemeister DLX 20
Hughes & Kettner sempat dikenal dengan pedal tabungnya, HK Tubeman dan juga DI box speaker Redbox. Tapi jangan salah, mereka juga memiliki beberapa head amplifier mini. Seperti Tubemeister DLX 20. Amplifier kecil ini memiliki fitur yang sangat lengkap, mulai dari 2 channel, pilihan output power mulai dari 20 watt hingga 'speaker off '(dalam posisi speaker off dapat digunakan tanpa speaker). Dan H&K Tubemeister 20 ini sudah dilengkapi dengan DI Redbox yang sangat berguna untuk rekaman atau live.

Spesifikasi:


  • CHANNELS          Clean, Lead + Boost

  • POWER                 20 Watts

  • POWER SOAK    5 , 1, 0 Watts

  • POWER AMP      2 x EL84

  • PREAMP              2 x 12AX7

  • TSC         Yes

  • EFFECTS LOOP   Serial

  • RED BOX              Red Box AE (Ambience Emulation)

  • FOOTSWITCH     FS-2 (optional)

  • SWITCHING FUNCTIONS               Channels, Boost

  • SPEAKER OUTPUTS         1x 8-16 Ω

  • DIMENSIONS     355 x 155 x 150 mm
  • WEIGHT               5 kg
Hughes & Kettner


4. ENGL Ironball E606


ENGL adalah pembuat amplifier asal Jerman yang soundnya bisa didengar di berbagai album rock dan metal. ENGL juga memiliki signature series gitaris ternama, mulai dari Ritchie Blackmore, Steve Morse, hingga Marty Friedman. Namun ENGL juga memiliki produk head amplifier mini bernama Ironball E606.

Full tabung, 20 watt, dua channel dengan fungsi boost untuk setiap channel. Sudah dilengkapi reverb, dan juga dapat di set untuk power output yang berbeda, mulai dari 20 watt hingga tanpa speaker. Bisa juga untuk silent practicing dengan headphone output. Silakan coba Ironball E606, untuk yang ingin merasakan kualitas ENGL dalam bentuk mini.

Spesifikasi:


Preamp:
2 Channels sharing one EQ (Bass, Middle, Treble) plus Presence, Gain Boost & Gain Control for each channel, extra Volume Control for the Rhythm/Lead Channel, Reverb, 4 x ECC83

Master Section:
20 Watts (2x EL84 power amp tubes), Power Soak (20W, 5W, 1W, Speaker Off), Master Volume Control & Master Volume Boost (MVB) with fixed setting for a second Master Volume.
Outputs: Headphone Out, Speaker Out (8 Ohm, 16 Ohm), Frequency Compensated Out, Serial FX Loop (Send & Return)
Compatible Footswitch: Z-3, Z-4
Dimensions & Weight: 33,5 x 14,2 x 21,7 cm, 7 kg


ENGL Amps


5. BluGuitar Amp 1

Ok, satu lagi pengecualian. Jika melihat gambar, sudah jelas BluGuitar Amp1 bukanlah sebuah head amplifier. Namun dengan berbagai fitur yang dimilikinya, BluGuitar Amp1 mungkin adalah solusi paling ringkas untuk yang masih menginginkan set up head amplifier + kabinet.

BluGuitar Amp 1 sejatinya adalah head amplifier berukuran mini. Lengkap dengan speaker output untuk speaker kabinet eksternal, effects loop, 4 channel, dan memiliki record out. Selain itu di bagian samping masih ada trimpot untuk mengatur beberapa fungsi channel dengan lebih akurat.

Tidak perlu takut mencolokkan kabinet 2x12 atau 4x12 karena BluGuitar Amp 1 memiliki power hingga 100watt! Jadi kita bisa membawa BluGuitar Amp 1 dalam case gitar atau disediakan juga carrying bag khusus, dan menggunakan kabinet apa saja di panggung. Jika butuh langsung ke mixer pun tidak masalah, bisa menggunakan rec out-nya.

Jika ingin lebih leluasa dalam mengatur berbagai fungsi BluGuitar, kita bisa membeli footswitch yang di jual terpisah. Footwitch tersebut digunakan untuk mengganti channel, fx loop, hingga fungsi MIDI.

Spesifikasi:


·  Compact 100-watt guitar amplifier with Nanotube-driven power amp section
·  Designed by world-famous guitarist Thomas Blug to be his ideal touring rig
·  Amazingly rugged construction, with metal chassis and robust knobs
·  Four selectable channels (Clean, Vintage, Classic, Modern) cover everything from ultra-clean to high-gain
·  Footswitches for Clean/Overdrive channels, Boost, and Reverb
·  Use it to drive a speaker cabinet, or run direct with the cabinet-emulated output
·  ·  Integrate your effects pedals with the built-in effects loop (switchable between serial and parallel)
·  Delivers the feel and character of a tube amp, in a compact pedal format that's perfect for travel
· the optional Remote 1 foot controller (not included) to store amp presets, adjust wattage, control MIDI gear and much more

 

Demikian artikel kita tentang 5 head amplifier mini dengan sound terbaik, semoga dapat menambah pengetahuan pembaca sekalian tentang dunia musik. Nantikan terus berbagai artikel menarik lainnya, mulai dari news, tips dan trik, dan lainnya.