IBX5981FE7FCD958 Berbagai Jenis Ukuran Senar Bass Untuk Drop Tuning

Berbagai Jenis Ukuran Senar Bass Untuk Drop Tuning

Guitarsquartz.net-Senar bass tersedia dalam berbagai macam ukuran, jenis dan bahan. Semua hal tersebut berpengaruh pada suara bass yang akan dihasilkan. Kali ini kita akan khusus membahas tentang ukuran senar bass untuk drop tuning.


Mengapa Harus Drop Tuning?
Drop tuning untuk bass  biasanya dilakukan pada genre metal, namun musik musik yang membutuhkan nada rendah seperti R n B atau pop juga dapat memanfaatkan drop tuning. Biasanya bass 4 senar yang sering mengalami drop tuning. Tujuannya sederhana, yaitu untuk mencapai range atau jangkauan nada yang lebih rendah, agar sesuai dengan tuning gitar yang juga di drop. Biasanya bass 4 senar yang sering didrop karena pemain bass ingin tetap mempertahankan feel 4 senar, dan lebih memilih drop tuning dari pada menggunakan bass 5 senar. 

Akan tetapi, banyak juga bass 5 senar yang di drop tuning. Hal ini dilakukan sesuai dengan kebutuhan serta pilihan pemain bass.

Berbagai Drop Tuning Untuk Bass
Drop tuning yang paling sederhana adalah Drop D, dimana hanya senar E saja yang diturunkan ke D. Lalu ada juga DGCF atau CGCF, C# F# B E , C F Bb Eb, dan berbagai drop tune lainnya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tuning ini disesuaikan dengan kebutuhan lagu, biasanya senar 4 merupakan nada terendah dalam lagu tersebut. 

Diatas adalah tuning untuk bass 4 senar, sedangkan 5 senar contohnya adalah AEADG (senar B diturunkan ke A), ADGCF, G C F Bb Eb hingga F# B E AD.

Ukuran Senar Bass Untuk Drop Tuning
Senar bass untuk tuning standar berukuran mulai dari 40 60 80 100, atau 45 65 85 105. Set ukuran tersebut masih bisa digunakan untuk tuning turun setengah langkah (Eb Ab Db Gb). Jika turun satu langkah (DGCF) maka kemungkinan besar senarnya akan longgar dan suara bass menjadi kurang jelas. Karena itu untuk tuning lebih rendah kita membutuhkan ukuran senar yang lebih besar. Hal yang sama juga berlaku untuk gitar. 

Untuk tuning DGCF atau CGCF, bisa mencoba ukuran senar 110 90 75 55. Ukuran senar ini juga bisa digunakan untuk tuning C (C F Bb Eb). 

Untuk tuning BEAD, kita tinggal menggunakan senar dari bass 5 senar, dan hanya mengambil 4 senar saja. Contohnya 130 105 85 65 atau 125 100 60 80.

Sedangkan untuk bass 5 senar, ukuran 135 ke atas masih aman untuk tuning hingga A. Beberapa pembuat senar juga menyediakan senar 5 dengan ukuran hingga 140 bahkan hingga 175 untuk tuning F#. Jika penasaran seperti apa tuning bass dengan low F#, maka bisa melihat artikel ini.


Baca Juga : Mengenal Extended Range Bass (ERB) dan Extended Range Gitar (ERG)



Where To Buy Bass Strings
Senar bass untuk tuning standar dan 5 senar dapat dengan mudah kita temukan di berbagai toko musik. Yang cukup sulit ditemukan adalah senar dengan ukuran set 110 atau 115 untuk tuning D atau C. Sebenarnya cukup banyak perusahaan yang membuat senar dengan berbagai ukuran tersebut seperti Ernie Ball, DR Strings, D’Addario atau Stringjoy. Sayangnya senar-senar ukuran set 110 atau 115 tersebut jarang yang masuk Indonesia, dan kalaupun ada, harganya cukup mahal. 

Saat ini baru ada satu pembuat senar gitar lokal yang saya tahu, yang memproduksi senar bass dengan berbagai ukuran. Djabon Strings berasal dari kota Bandung, dan sudah cukup tenar namanya di kalangan musisi underground sebagai pembuat senar. Jika Anda membutuhkan senar bass dengan berbagai ukuran dapat menghubungi Djabon Strings. 

Beberapa merek luar seperti DR Strings saya sempat menemukan di beberapa outlet online, dan kebetulan memang didesain untuk drop tuning. Sayangnya senar seperti itu tidak bertahan lama di pajang, karena cukup banyak orang yang mencari dan membeli walau harganya cukup mahal. 


Demikian artikel tentang Berbagai Jenis Ukuran Senar Bass Untuk Drop Tuning, semoga dapat menambah pengetahuan Anda tentang musik. Sampai jumpa di artikel menarik berikutnya hanya di Guitarsquartz.