Tips Mengatur Jarak Senar Pada Gitar Dan Bass

Leave a Comment
Guitarsquartz.net- Jarak senar dengan fretboard, atau sering juga disebut action adalah salah satu ukuran enak atau tidaknya sebuah gitar atau bass ketika dimainkan. Setting jarak action memang berbeda untuk setiap player, ada yang menyukai action yang tinggi ada juga yang suka action super ceper, seperti saya contohnya hehehe....

Cara Setting Jarak Senar Gitar Dan Bass
Saat kita membeli gitar atau bass, pasti kita mendapat kit perawatan berupa set kunci L berbagai ukuran, biasanya disatukan dengan buku manual. Kunci L yang disediakan biasanya ada dua, yang besar untuk setting truss rod, yang paling kecil inilah untuk setting action atau jarak senar.

contoh bridge dan saddle bass
Kunci L ini ditempatkan di dua sekrup kecil yang ada di saddle. Saddle adalah bagian di bridge tempat senar bertumpu. Saddle dengan dua sekrup adalah desain saddle yang paling sering ditemukan pada bridge bass dan gitar.
bridge dan saddle pada gitar

Beberapa jenis bridge mungkin memiliki desain saddle dan bridge yang berbeda, karena itu pastikan untuk selalu menjaga tools khusus (jika ada) untuk mengatur tinggi saddle. Sedangkan kunci L dapat kita beli di toko perkakas, walaupun untuk ukuran kecil mungkin agak susah di cari.

Khusus untuk bridge bertipe stop tail atau tune-o-matic seperti Gibson atau Tonepros, kita cukup memutar thumb screw yang ada padakedua ujung bridge.


Mengatur Jarak Senar/Action Pada Saddle
Untuk mengatur jarak senar, kita sebaiknya melonggarkan senar dulu. Lalu kita atur tinggi saddle sesuai dengan kebutuhan kita, dengan memutar sekrup saddle kekiri atau kekanan. Usahakan agar setiap senar mengikuti lengkungan radius fretboard agar memiliki tinggi yang seragam.

Karena itu kita harus mengetahui dengan pasti radius fretboard pada gitar atau bass kita. Radius adalah ukuran lengkungan fretboard yang dihitung dalam hitungan inci. Semakin besar angkanya, maka akan semakin datar sebuah fretboard.


Ada alat ukur khusus radius agar memudahkan kita mengatur tinggi senar. Tapi jika tidak punya, maka bisa mencari di internet template radius fretboard, kemudian kita print dan tempel di karton atau bahan kaku lain.

Kita juga bisa menghitung putaran kunci L agar setiap senar memiliki tinggi saddle yang seragam, walaupun pada akhirnya tetap dibutuhkan sedikit adjustment untuk mencapai action atau jarak senar yang pas.

Selain Saddle dan Bridge..
Tidak cukup hanya saddle dan bridge saja, kita juga harus memperhatikan neck relief atau kelengkungan neck. Neck relief ini diatur dengan memutar truss rod, sebaiknya diserahkan pada ahlinya, luthier atau spesialis service gitar dan bass. Informasi lebih lanjut seputar truss rod, bisa melihat pada artikel berikut ini. Setting saddle sebaiknya dibarengi dengan setting truss rod yang benar agar jarak senar sesuai dengan keinginan kita.

Jarak Senar Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Kita?
Action atau jarak senar yang sangat rendah mungkin lebih menyenangkan untuk dimainkan, khususnya untuk bending dan speed atau bermain cepat. Tapi jika action terlalu rendah maka dapat menyebabkan buzzing (getaran senar terkena fret) yang berlebihan, yang dapat mengurangi sustain dan tone gitar dan bass.

Karena itu setting action atau jarak senar sebenarnya adalah kompromi antara jarak senar rendah namun tidak sampai buzzing. Nah, jarak senar inilah yang sangat subyektif, berbeda dan bervariasi untuk setiap pemain gitar dan bass.

Bisa saja kita setting agar jarak senar sangat rendah, namun dibutuhkan treatment khusus pada fretboard, seperti membuat radiusnya lebih datar (16"-20" atau lebih), dan melakukan fret leveling. Namun dari pengalaman, setting action super rendah membutuhkan disiplin teknik yang lebih ketat, contohnya setiap petikan harus sama powernya, petikan harus lebih presisi, dll.

Masih menyambung poin sebelumnya, ukuran senar yang kita gunakan juga dapat mempengaruhi kenyaman action senar gitar dan bass. Senar berukuran besar memiliki tension atau tegangan lebih besar, cenderung tidak memiliki buzzing sebanyak senar berukuran lebih kecil. Karena itu senar kecil lebih enak jika disetting dengan action yang agak tinggi.

Set Up Gitar Profesional
Untuk hasil yang lebih maksimal, kita bisa menyerahkan gitar untuk setting lengkp mulai dari fretboard hingga intonasi dan bridge. Memang sedikit membutuhkan dana, tapi hasil yang didapat juga sepadan. Carilah luthier atau pembuat gitar, atau tempat khusus service gitar. Harga bervariasi sekitar 300-500 ribuan untuk satu gitar atau bass.

Sampai di sini dulu artikel singkat kita, jangan lewatkan berbagai informasi menarik lainnya hanya di Guitarsquartz.

0 comments: