Beberapa Peralatan Yang Harus Dibawa Saat Manggung

Leave a Comment
Guitarsquartz.net-Manggung adalah ketika skill serta kemampuan seorang musisi diperlihatkan. Segala latihan, kerja keras, dan keterampilan musisi diperlihatkan di atas panggung. Namun panggung sendiri jarang selalu lancar dan aman-aman saja. Ada saja kesalahan atau gangguan teknis yang terjadi.

Gangguan teknis yang sering terjadi saat manggung antara lain kabel yang rusak atau putus, efek yang bermasalah, hujan, dan masih banyak lagi. Tentunya sangat mengesalkan, tapi kita harus sadar bahwa segala masalah tersebut dapat terjadi kapan saja tanpa kita sadari.
Oleh karena itu kita harus menyiapkan beberapa peralatan yang harus dibawa saat manggung untuk membantu mengatasi berbagai masalah yang mungkin muncul ketika kita tampil live atau manggung.  

1. Lakban
Benda satu ini adalah item yang sangat serbaguna. Bisa memperbaiki banyak hal, mulai dari strap yang lepas, gigbag bolong, jack gitar atau bass yang longgar, hingga merapikan kabel di panggung. Satu ketika saya pernah melihat drummer mengganjal stand simbal dengan lakban karena kunci standnya rusak. Hasilnya ia bisa tampil hingga setnya beres. Bisa juga untuk mengganjal kabel jumper yang kendor, walaupun sebaiknya hanya dilakukan saat darurat saja dan segera diganti dengan kabel baru. 

Intinya adalah lakban harus selalu dibawa setiap kali kita manggung, karena kita tidak tahu kapan kita membutuhkannya. 


2. Cable ties/zip ties
Untuk yang membutuhkan perbaikan yang lebih permanen, maka kita bisa menggunakan cable ties atau zip ties. Misalnya untuk efek yang lepas dari pedalboard. Bahkan saya pernah menyambung strap yang putus dengan cable ties. Cable ties atau zip ties bisa juga untuk memberi tanda pada peralatan kita agar tidak tertukar atau hilang.


3. Colokan Listrik
Panggung memang selalu menyiapkan sumber listrik untuk efek gitar dan peralatan musik yang membutuhkan daya listrik seperti keyboard atau synth misalnya. Tapi tidak setiap saat sumber listrik tersebut berada di tempat yang cukup jauh dari posisi kita bermain. Lebih sering daripada tidak, kita harus menarik colokan listrik dari tempat yang cukup jauh.  
Dan ini bisa menyebabkan beberapa masalah tersendiri. Yang paling sering terjadi adalah kabel power supply efek terlepas tiba-tiba di tengah lagu, karena harus menarik colokan cukup jauh. Hal tersebut tentu sangat mengganggu.

Keuntungan lainnnya membawa colokan listrik ekstra adalah kita bisa berbagai sumber listrik dengan sesama anggota band kita, seperti yang sering saya lakukan. Jangan lupa membawa colokan listrik ketika manggung.
 

4. Kabel jack
Kabel jack ini meliputi kabel jumper penyambung efek serta kabel untuk instrumen. Mengapa kita harus membawa kabel sendiri, padahal rental sound biasanya sudah menyediakan...  Kabel yang sudah disediakan oleh rental sound biasanya sudah terpakai berkali-kali dan beresiko rusak. Jika kita membawa kabel sendiri, maka kita sudah tahu kualitasnya dan lebih aman tentunya. Dan juga mengurangi waktu yang terbuang karena harus mengganti kabel di panggung saat cek sound.


5. Gitar atau bass cadangan
Saya sendiri tidak punya bass atau gitar cadangan hehehe... Tapi jika kita memiliki lebih dari satu gitar dan bass, maka tidak ada salahnya ikut dibawa ke panggung sebagai cadangan jika senar putus atau ketika kita menggunakan seteman gitar yang berbeda. Selain itu menggunakan lebih dari satu gitar atau bass dalam sebuah lagu akan membuat kita terlihat lebih “profesional” hehehe.. 


6. Pick
Untuk yang bermain menggunakan pick, sepertinya memiliki pick cadangan adalah sebuah keharusan. Jika tidak ingin sering mengganti pick, maka kita harus mencari pick berkualitas yang tahan lama dan tidak cepat habis. 



 Demikian artikel tentang Beberapa peralatan yang harus dibawa ketika manggung. Semoga tips ini dapat membantu kita untuk prepare manggung dengan lebih baik lagi. Sampai jumpa di artikel berikutnya hanya di Guitarsquartz. Ciao.


0 comments: