IBX5981FE7FCD958 7 Aksesoris Yang Harus Dimiliki Gitaris Pemula

7 Aksesoris Yang Harus Dimiliki Gitaris Pemula

Leave a Comment
Guitarsquartz.net - Selain berlatih dan belajar berbagai teori dasar, gitaris pemula juga perlu mengetahui alat-alat dan aksesoris musik yang berguna untuk gitarnya. Berbagai aksesoris ini juga pastinya membantu dalam proses belajar gitar.


Berbagai Alat Pendukung Gitaris Selain Efek

Memiliki efek memang cukup penting jika kita ingin manggung atau rekaman. Tapi dalam proses berlatih sebaiknya tidak perlu menggunakan efek apapun.

Akan lebih bagus memiliki berbagai aksesoris pendukung ini, selain bermanfaat untuk merawat gitar juga akan terpakai dalam waktu lama seiring dengan perkembangan skill kita.

Apa saja kira-kira berbagai aksesoris gitar itu?


Tuner


Tuner atau alat penyetem gitar ini adalah alat yang sangat, sangat wajib dimiliki oleh gitaris tidak peduli latar belakang gaya permainan atau level skillnya.

Tuner menjamin gitar tetap stem dan membuat kita tetap menjadi satu dengan band. Apalagi pemain gitar akan cukup terasa bila out of tune alias fales. Tuner ini harus dimiliki semua gitaris, tidak ada alasan !

Salah satunya adalah karena tuner ini tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Ada yang model jepit di headstock gitar, ada yang berbentuk efek dengan footswitch, ada juga yang sudah menyatu dengan metronom dan drum pattern.

Tentunya disarankan untuk membeli tuner yang berkualitas sekalian. Tidak perlu terlalu mahal, di rentang 100-200 ribu kita sudah bisa mendapat tuner gitar yang akurat.


Pembersih Senar + Fretboard


Kebiasaan membersihkan senar setiap selesai menggunakan gitar harus dilatih dan dibiasakan. Senar seperti kita tahu dapat terpengaruh keringat dan minyak dari tangan kita. Hal tersebut dapat merusak senar.

Senar dibersihkan dengan kain khusus tanpa serabut, dengan cairan pembersih senar seperti contohnya buatan Dunlop, atau ada juga produsen lokal yang sudah bisa membuat cairan pembersih senar yang cukup bagus.

Selain senar, fretboard juga harus dibersihkan. Pembersih fretboard juga berfungsi sebagai pelembap agar fretboard tidak terlalu kering, karena bisa retak dan patah. Ada pembersih senar yang juga bisa digunakan untuk fretboard, tapi sebaiknya beli pembersih yang terpisah khusus untuk fretboard.


Pick Gitar


Tergantung dari style bermain kita, tapi rata-rata gitaris menggunakan pick saat bermain gitar kecuali Anda seperti Ritchie Kotzen. Ada banyak sekali ukuran dan ketebalan pick, belum lagi jenis material dan bentuknya.

Tapi yang lebih penting adalah ketebalan picknya. Dari awal belajar gitar, kita harus membiasakan diri dengan ukuran pick yang sudah kita pilih. Tidak ada aturan atau rule khusus, cukup gunakan ukuran yang paling kita suka.

Memang ada berbagai macam material pick mulai dari plastik lembaran yang murah hingga yang berteknologi canggih. Ada beberapa pembuat pick yang mengklaim buatannya bakal membuat senar bersuara lebih bagus...

Menurut saya pribadi, perbedaan terbesarnya hanya pada usia pakai saja. Pick yang agak mahal dengan material canggih mungkin bisa tahan 1 minggu sampai sebulan, sedangkan yang murah mungkin sekali manggung saja sudah terkikis (dalam kondisi dipakai setiap hari).

Pick gitar yang berkualitas medium berkisar antara 6-15 ribu satu picknya. Sekali lagi tidak perlu yang mahal, yang penting kita sudah terbiasa menggunakannya...


String Cutter (Pemotong Senar)


Gitaris pemula harus dan wajib belajar mengganti senar. Salah satu alat yang bakal mempermudah proses ganti senar adalah tang pemotong senar atau String Cutter.

Setelah kita memasang senar, biasanya ada bagian senar yang tidak terpakai. Kita juga bisa saja menggunakan tang biasa, tapi ukurannya terlalu besar dan berat untuk di bawa-bawa. String cutter memiliki bentuk seperti paruh kakatua dan hanya berfungsi untuk memotong senar.

Untuk bridge gitar model Floyd Rose, string cutter mempermudah pemasangan senar terutama karena bridge model ini harus dibuang ball-end nya (bulatan kuningan pada ujung senar).

String cutter yang bagus contohnya buatan Planet Waves. Tapi banyak juga string cutter lain dengan berbagai macam fitur dan rentang harga. Tools yang satu ini cukup berguna.


Multi Efek Gitar


Sebenarnya yang terakhir ini tidak wajib-wajib amat. Tapi multiefek membuat kita belajar berbagai jenis suara efek gitar, serta juga cara memanipulasi suara gitar agar menjadi seperti yang kita inginkan.

Tapi multi efek apa yang paling bagus untuk gitaris pemula? Sebaiknya multi efek yang memiliki fitur berikut ini :


  • Aux in 
  • Headphone out
  • Drum/rhythm pattern/metronome
  • Looper
Sebenarnya asalkan sudah ada aux in serta headphone out juga sudah layak untuk pemula. Mengapa harus ada fitur-fitur tadi?

Aux in berguna saat kita ingin belajar atau mengulik lagu. Dengan minijack stereo 1/8 inch atau kabel aux, kita bisa menghubungkan output headphone dari laptop/smartphone/music player ke multi efek. 

Jadi kita ada suara gitar dan suara lagu bersamaan dan bisa mengulik lagu dengna lebih akurat. Headphone out pada multi efek juga berguna seandainya kita ingin berlatih malam hari atau kondisi hening tanpa mengganggu sekitar. 

Drum pattern atau metronome membantu kita berlatih ritme dan menjaga ketukan. Berlatih dengan metronom kadang membosankan dan lebih menarik jika ada drum pattern. Beberapa multi efek sudah memiliki berbagai jenis drum pattern seperti contohnya rock, pop, jazz, dan berbagai jenis musik lainnya. 

Looper adalah alat untuk merekam permainan gitar kita, untuk kemudian diputar berulang-ulang.  Looper berguna untuk melatih progresi kord dan solo gitar. Misalnya kita coba mainkan progresi chord sederhana seperti  Am - C - G - F, kita rekam di looper, kemudian kita coba mainkan solo gitar di atas loop tersebut. 

Looper juga berguna untuk merekam ide lagu. 

Multiefek yang bisa direkomendasikan antara lain Zoom G1on/G1xon atau Joyo Gem BOX II. 

Headphone Amp Gitar 


Jika multi efek terlalu besar dan mahal, maka alternatifnya adalah headphone amp. Contoh headphone amp ini adalah Valeton Rushead atau Vox Amplug. 

Headphone amp ini adalah alat berukuran kecil. Alat ini memungkinkan kita untuk main gitar dengan hanya berbekal headphone/headset dan gitar saja. Headphone amp gitar juga sudah ada aux in dan headphone output untuk latihan senyap. 

Berbeda dengan multi efek yang segudang efeknya, headphone amp gitar biasanya hanya memiliki satu jenis efek saja. Yang penting adalah kita masih bisa berlatih tanpa menimbulkan suara di sekitar kita. 


Ok sampai disini dulu tips singkat kita. Jangan lupa untuk terus berlatih dan mengasah skill permainan gitar kita. 

Salah satunya bisa didapat dengan membaca terus Guitarsquartz.net dan berbagai artikel menarik didalamnya, seperti tentang berita musik, tips dan trik, aksesoris gitar dan bass, efek gitar, chord lagu barat dan Indonesia. 



Artikel Menarik Lainnya :

Memilih Power Supply Untuk Efek Gitar Dan Bass




0 comments: