Sumber Noise Pada Alat Musik Dan Cara Mengatasinya

Leave a Comment
Guitarsquartz.net-Noise sangat mengganggu saat kita tampil live maupun rekaman. Noise tidak hanya berasal dari gitar saja, melainkan ada beberapa penyebab noise pada peralatan musik kita.

Noise atau bunyi yang mengganggu, sering juga diesbut storing, humming atau buzzing. 
Humming adalah bunyi pelan yang tidak terlalu terdengar karena tertutup oleh instrumen lainnya. Storing atau buzzing merupakan noise yang cukup berisik dan biasanya terjadi karena kerusakan perangkat elektronik. 

Mari kita lihat sumber noise lainnya yang bisa saja terjadi pada peralatan musik kita, serta beberapa tips untuk mengatasi noise tersebut. 


1. Efek Gitar
Efek gitar yang rusak juga dapat menjadi sumber noise. Kabel yang longgar atau kerusakan pada komponen dapat menyebabkan timbulnya noise yang cukup parah. Beberapa kerusakan pada efek masih dapat diperbaiki dengan mengganti komponen, namun bila kerusakan cukup parah maka kita terpaksa mengganti efek tersebut.

2.Power Supply
Noise juga dapat berasal dari power supply efek kita. Terutama untuk power supply/adapter yang berharga murah. Seringkali adaptor efek murah tersebut sama sekali tidak bukan untuk efek gitar. Beberapa adaptor efek yang murah biasanya merupakan adaptor/power supply untuk router wifi dan peralatan elektronik lainnya.

3. Ground Bangunan
Ground sebuah bangunan juga dapat menyebabkan noise. Instalasi ground yang buruk dapat menyebabkan noise, dan juga sebenarna cukup berbahaya karena dapat menyebabkan arus listrik yang bocor. Untuk yang satu ini sebaiknya kita tidak mencoba memperbaiki sendiri dan meminta bantuan pada ahli instalasi listrik.

4. Amplifier Rusak
Bila gitar, efek, serta ground bangunan baik-baik saja, maka kemungkinan asal noise dari amplifier yang rusak. Terutama pada amplifier di studio latihan, yang hampir setiap hari dipakai dan kadang sering terabaikan oleh operator studio.

5. Gitar/Bass
Noise pada gitar atau bass disebabkan oleh kabel ground yang putus atau instalasi kabel yang buruk.

Berikut ini adalah cara untuk mengatasi atau menghilangkan noise berlebihan yang dihasilkan peralatan musik kita:

1.Noise Gate
Noise Gate adalah alat untuk memotong noise. Alat ini sebesar efek dan ditempatkan pada paling akhir di urutan efek. Noise gate bisa menghilangkan sebagian besar masalah noise yang kita alami.

2. Shielding Gitar/Bass
Shielding adalah proses melapisi atau menutupi rongga tempat elektronik gitar dengan material konduktif. Shielding berfungsi untuk menghalau sinyal atau frekuensi dari luar. Biasanya gitar yang berkualitas sudah dilengkapi dengan shielding yang cukup baik. Jika kita tidak, maka kita bisa menggunakan aluminium foil, copper tape, atau cat konduktif. Kita bisa membahas seputar shielding ini dilain kesempatan.

3. Menggunakan Baterai Untuk Efek
Baterai adalah salah satu solusi untuk mengurangi noise. Sayangnya efek-efek jaman now, terutama modulasi serta delay dan reverb, adalah efek digital yang memakan daya yang besar dan tidak mungkin menggunakan baterai. Namun untuk efek analog masih bisa menggunakan baterai, seperti overdrive atau distorsi.

4. Direct Ke Mixer
Bila noise ampli terlalu parah, maka kita bisa mencoba menggunakan jalur direct ke mixer. Tentunya agar bisa direct kita membutuhkan direct box atau cabinet simulator. Tapi sebelumnya pastikan dulu line direct yang kita gunakan berfungsi dengan baik.


Satu hal yang harus diingat, noise tidak bisa hilang sepenuhnya terutama pada efek yang menambah gain atau volume. Tapi biasanya noise saat distorsi akan tertutup dengan suara instrumen lain.
Tipe pickup single coil juga menghasilkan noise yang cukup besar dibandingkan humbucker, namun dengan wiring yang baik serta solder yang rapi, maka single coil sekalipun tidak akan terlalu mengganggu noisenya. 

Demikian artikel tentang mengatasi noise serta penyebabnya pada alat musik. Nantikan terus berbagai artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz.net .



0 comments: