IBX5981FE7FCD958 5 Peralatan Yang Dibutuhkan Saat Membuat Cover Lagu

5 Peralatan Yang Dibutuhkan Saat Membuat Cover Lagu

Leave a Comment
Guitarsquartz.net- Youtube dan sosmed lainnya telah menjadi sarana orang untuk mengeskpresikan diri lewat musik. Selain memainkan lagu sendiri, memainkan dan menyanyikan lagu musisi lain, disebut juga 'cover lagu' menjadi populer. Kini setiap orang bisa menunjukan bakat dan kemampuannya lewat cover lagu.

Namun seringkali cover lagu di sosmed atau Youtube tidak memiliki kualitas suara yang baik. Umumnya cover hanya menggunakan smartphone, yang merekam suara dari instrumen dan sumber suara lain seperti speaker computer atau pemutar musik. Tidak semua gadget atau smartphone memiliki microphone bagus yang memiliki range lebar. Sedangkan untuk kualitas video bisa dikatakan sudah cukup bagus, terutama untuk smartphone keluaran terbaru.

Artikel kali ini akan membahas membuat cover lagu dengan sarana utama laptop atau komputer, dan menggunakan kamera eksternal untuk merekam gambar nya. Untuk tutorial membuat cover lagu dengan hanya smartphone akan dibahas di artikel berikutnya.

Jika kita ingin membuat video cover lagu yang bagus, sebaiknya siapkan beberapa peralatan berikut ini agar memiliki sound dan video yang berkualitas.


1. Kamera
Tampaknya untuk kamera tidak perlu khawatir lagi sebab sekarang selain GoPro dan Xiaomi, sudah banyak berbagai merk kamera action maupun kamera smartphone dengan kualitas gambar cukup bagus. Untuk hasil terbaik kita set di resolusi tertinggi. Disarankan juga untuk tidak membuka aplikasi lain dan menonaktifkan jaringan internet agar merekam dapat berlangsung lancar.




2. USB Soundcard (Atau Tanpa USB Soundcard)

USB soundcard diperlukan untuk mengubah sinyal analog dari bass ke sinyal digital di komputer atau laptop. Semakin bagus suatu soundcard maka akan semakin jernih dan bagus juga hasil rekamannya. Jika kita tidak memiliki soundcard pun masih bisa merekam menggunakan soundcard bawaan laptop atau komputer, seperti pada tutorial merekam langsung ke laptop.

Jika kita memilih untuk menggunakan USB soundcard, maka ada banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan budget kita. Untuk yang berharga cukup murah namun oke bisa mencoba dari Focusrite Scarlett.


3. Mikrofon

Mikrofon seperti kita tahu untuk menangkap suara vokal. Namun bisa juga untuk langsung menangkap suara dari speaker amplifier gitar atau bass untuk suara instrumen yang lebih natural. Tergantung dari spesifikasi soundcard yang kita gunakan, soundcard yang memiliki lebih dari satu input biasanya dapat digunakan untuk merekam 2 sumber suara sekaligus. Misalnya satu untuk vokal dan satu lagi untuk instrumen.


4. Mixer

Alat ini terutama diperlukan seandainya kita ingin merekam lebih dari 2 sumber suara. Out dari mixer kemudian masuk ke USB soundcard. Output dari mixer adalah LINE level, jadi jangan lupa untuk setting input soundcard agar bisa menerima LINE level.

Agar lebih praktis lagi, kita bisa menggunakan mixer yang sudah dilengkapi dengan USB soundcard. Beberapa mixer yang sudah dilengkapi soundcard tersebut juga berharga cukup murah, jadi tidak ada salahnya menambahkan mixer untuk memperbanyak input.


5. Kabel Instrumen

Bukan hanya sekedar kabel gitar biasa yang dibeli di toko musik (maaf), namun kabel berkualitas seperti buatan Planet Waves atau Mogami. Bisa saja kita menggunakan kabel biasa, namun pengalaman membuktikan jika kabel yang bagus memiliki pengaruh besar terhadap hasil rekaman cover kita nantinya. Saya sendiri sedikit memaksakan untuk memiliki kabel recording namun hasilnya sungguh sepadan.

Oya sebaiknya kabel ini tidak dibawa manggung atau keperluan lain selain untuk recording. Selain kabel instrumen, jika memungkinkan kita juga bisa membeli kabel XLR (untuk mic) yang berkualitas agar suara vokal semakin mantap.

Satu tambahan lagi....

Software Edit Video

Soft ware editing video diperlukan untuk menggabungkan video dari kamera dan audio dari USB soundcard. Bisa menggunakan apa saja mulai dari Vegas hingga Final Cut Pro. Jaman sekarang ini rasanya hampir semua orang memiliki software editing video di laptop atau komputernya.


Dengan memiliki beberapa peralatan diatas, semoga akan menghasilkan video cover lagu yang bagus. Sampai di sini dulu perjumpaan kita, sampai bertemu lagi di lain kesempatan di tempat yang sama, hanya di Guitarsquartz!!

0 komentar: