IBX5981FE7FCD958 7 Tips Agar Senar Gitar Dan Bass Tahan Lebih Lama

7 Tips Agar Senar Gitar Dan Bass Tahan Lebih Lama

Leave a Comment
Guitarsquartz.net-Senar gitar merupakan salah satu komponen penting gitar yang harus rutin diganti setiap beberapa waktu. Dan jujur saja, harga senar yang bagus cukup mahal dan tentunya menghabiskan banyak dana untuk membeli senar baru.


Tergantung dari beberapa gitar yang kita punya, rata-rata kita membeli satu set senar untuk setiap gitar. Untuk yang memiliki dana lebih biasanya menyiapkan dua set senar untuk masing-masing gitar sebagai cadangan.

Semakin sering senar dipakai, maka akan semakin berkurang kesegaranya hingga akhirnya berkarat dan kehilangan suara aslinya. Atau juga senar bisa putus karena perlakukan ang kurang tepat saat pertama kali memasang senar.

Untuk menghemat senar, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar senar kita dapat tahan lebih lama.

1. Bersihkan Senar Setelah Menggunakan Gitar Atau Bass
Terutama untuk senar gitar, yang akan terasa penurunan pada brightness atau treblenya setelah dimainkan beberapa kali. Gunakan pembersih senar berkualitas yang sudah menjadi standar, seperti buatan Dunlop atau Planet Waves.
Selain membersihkan bagian atas senar, jangan lupa juga untuk membersihkan bagian bawah senar, karena cukup banyak juga kotoran yang terperangkan di bagian tersebut.

2.Taruh Gitar Atau Bass Di Tempat Kering
Kelembapan yang berebih dapat merusak kayu juga membuat senar cepat berkarat. Karena itu sebaiknya gitar atau bass ditaruh di dalam softcase atau gigbag sesering mungkin, terutama untuk wilayah tropis seperti Indonesia.

3. Pasang Senar Dengan Benar
Pemasangan senar yang keliru dapat menyebakan senar gampang putus atau tersangkut yang dapat mempengaruhi keawetan serta kelenturan senar. Pastikan senar sudah tergulung dengan rapih di tuner serta tidak mudah terkait atau putus.
Bila senar yang kita pasang sering putus, salah satu penyebabnya adalah adanya sudut runcing pada hardware seperti bridge atau saddle. Hal ini bisa kita perbaiki mengamplas atau menghaluskan bagian runcing tadi dengan kikir atau amplas halus.

4. Slot Nut
Nut adalah bagian yang menahan senar selain bridge. Slot nut harus presisi dan sesuai ukuran senar, jika tidak senar bakal tersangkut dan dapat putus atau terpelintir. Begitu juga bila kita mengganti senar dengan ukuran yang lebih besar, maka kita juga harus memperbesar nut. Kalau tidak yakin, sebaiknya diserahkan pada luthier profesional.

5. Gunakan Senar Ber-coating
Senar dengan coating khusus memiliki umur pakai yang lebih lama dibandingkan senar biasa. Senar jenis ini memiliki lapisan tipis untuk mencegah karat dan kotoran masuk kedalam senar dan merusaknya. Ada beberapa merk seperti Elixir, DR Strings, D Addario yang membuat senar-senar tipe coated. 

Kekurangannya adalah suara senar mungkin tidak se-bright atau setajam senar biasa, untuk beberapa orang. Saya sendiri sudah pernah mencoba senar dengan coating dan masih oke untuk selera saya.

6. Bersihkan Fretboard Secara Teratur
Fretboard juga dapat menimbun kotoran yang bisa menempel di senar. Bersihkan fretboard setiap kali kita mengganti senar baru, menggunakan cairan khusus pembersih fretboard. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian bawah senar agar tidak ada kotoran atau karat yang menempel.

7. Mitos Mengendurkan Senar
Ada tips turun temurun yang sering kita dengar, untuk mengendurkan senar jika kita tidak memainkannya. Cara ini tidak sepenuhnya benar. Dari beberapa materi yang saya baca serta bertanya langsung pada luthier, mengendurkan senar malah akan senar berkali kali meregang dan tidak dapat mempertahankan tegangan sesuai dengan tuning. Senar sebaiknya tidak sering dikendurkan, kecuali jika kita tidak memainkan gitar atau bass tersebut dalam jangka waktu yang sangat lama. 

Cukup menyimpan gitar dengan posisi berdiri di stand, sambil dimasukkan ke dalam gigbag, softcase atau hardcase.

Demikian tips tentang menjaga keawetan senar agar tahan lebih lama, saksikan juga berbagai tips menarik lainnya hanya di Guitarsquartz.



0 komentar: