IBX5981FE7FCD958 Tips Memainkan Gitar Elektrik Tanpa Pick

Tips Memainkan Gitar Elektrik Tanpa Pick

Leave a Comment
Guitarsquartz.net - Bermain gitar elektrik sudah pasti berhubungan dengan pick. Menggunakan pick membuat petikan setiap senar lebih jelas dan keras, serta sudah menjadi semacam norma di dalam dunia pergitaran. Gitar elektrik dan pick tidak terpisahkan.

Namun bisakah kita memainkan gitar elektrik tanpa pick? Yang jelas tidak ada larangan untuk itu hehehehe..... Sah-sah saja, bahkan kita bisa mendapatkan sound berbeda yang bisa menambah variasi teknik bermain gitar.

Sebagai ganti pick gitar, kita akan menggunakan jari pada picking hand kita untuk memetik senar-senar gitar.

Untuk yang mengawali bermain gitar dari gitar akustik atau klasik mungkin tidak terlalu kesulitan, namun untuk yang terbiasa menggunakan pick membutuhkan sedikit waktu untuk membiasakan teknik ini.


Mengapa Tanpa Pick?
Alasannya sederhana saja, ingin mencoba teknik dan sound baru pada gitar elektrik. Dengan menggunakan jari tangan, attack atau ketika pertama kali not dipetik, tidak sekuat atau setajam pick. Menurut saya ini berguna saat memainkan part clean atau mellow yang melankolis.

Tapi jika sudah mahir menggunakan jari, maka tidak ada salahnya mencoba menggunakan jari tangan untuk part distorsi atau lead. Sound yang didapatkan bisa jadi

Pada amplifier yang responsif akan cukup terasa perbedaan saat kita memetik keras dan pelan, dan menggunakan jari untuk memetik senar akan membuat sound menjadi lebih clean.


Beberapa Gitaris Yang Memainkan Gitar Elektrik Tanpa Pick
Nama pertama yang muncul adalah Ritchie Kotzen. Ia sendiri sudah menguasai teknik ini sehingga kadang kita lupa jika ia tidak menggunakan pick sama sekali. Silakan buka Youtube dan lihat permainannya bersama band The Winery Dogs.

Mark Knopfler adalah pemain gitar Dire Straits yang juga dikenal dengan memainkan gitar tanpa pick. Bagi yang sering memperhatikan perkembangan dunia gitar pasti tidak asing dengan kedua nama tadi.


Baca Juga : Tips Memilih dan Membeli Pick Gitar

Cara Memainkan Gitar Elektrik Tanpa Pick

Kita menggunakan jari pada tangan picking kita. Yang paling umum digunakan adalah menggunakan jari jempol dan telunjuk. 
Petik senar dengan ujung jari jempol dan telunjuk


Tampak depan

Senar dipetik dengan jempol dan telunjuk secara bergantian, jempol memetik ke bawah (ke arah lantai) dan telunjuk memetik ke atas. Untuk membiasakan dan melancarkan kita bisa memainkan scale atau tangga nada turun dan naik fretboard.

Setelah lancar dengan scale maka kita bisa mencoba memainkan part atau melodi gitar yang lebih sulit. Sebagai tantangan, coba mainkan solo gitar Paul Gilbert di lagu "Nothing But Love" hehehe.

Bila menggunkan ujung jari terasa tidak nyaman atau agak sakit, maka bisa menggunakan kuku jari untuk memetik senar. Tapi saya sendiri tidak punya kuku yang keras, jadi membiasakan menggunakan ujung jari saja.


Kita bisa juga menggunakan jari tengah untuk membantu fleksibilitas picking. Karena saya juga bermain bass jadi kadang menggunakan jari tengah dan telunjuk juga selain jempol untuk memetik senar, seperti teknik bermain bass.
Jari tengah bisa juga kita gunakan untuk membantu picking



Memang butuh waktu beberapa lama agar jari tangan jadi keras atau istilahnya 'kapalan.' Tapi harusnya tidak butuh terlalu lama untuk menguasai teknik ini dengan lancar, karena sebagian besar orang mengawali belajar gitar dengan gitar akustik, yang umumnya menggunakan jari untuk memetik senar.

Sekian dulu artikel singkat ini, sampai bertemu lagi di Guitarsquartz lewat artikel tips trik atau news musik yang update setiap hari. See you next time.



0 comments: