IBX5981FE7FCD958 Manfaat Mendengarkan Dan Bermain Musik Untuk Otak

Manfaat Mendengarkan Dan Bermain Musik Untuk Otak

Leave a Comment
Guitarsquartz.net - Musik adalah kegiatan yang diketahui bermanfaat untuk otak kita. Sebagai hobi, musik bisa me-refresh otak yang lelah atau menenangkan diri. Tapi penelitian lebih lanjut ternyata manfaat musik lebih dari sekedar untuk menyalurkan hobi saja.
Image by jools_sh from Pixabay

Manfaat Musik Untuk Otak

Dahulu musik sering dikaitkan dengan otak kanan, yang identik dengan kreativitas. Sedangkan otak kiri identik dengan hal-hal yang logis dan matematis.

Namun penelitian terbaru mengungkapkan jika musik tidak hanya mengaktifkan otak kanan, namun juga kedua bagian otak secara bersamaan. Musik membantu otak kiri dan kanan membangun lebih banyak jaringan saraf dan lebih banyak koneksi saraf.

Bermain Musik vs Mendengarkan Musik

Mendengarkan Musik

Image by Free-Photos from Pixabay

Mendengarkan musik juga mengaktifkan serangkaian bagian otak yang berhubungan dengan emosi, memori, indra pendengar dan perasa dan lainnya.

Musik juga digunakan untuk seorang penderita gangguan berbicara (karena kecelakaan) untuk kembali mengaktifkan saraf dan neuron otaknya, sehingga kemampuan berbicaranya dapat kembali seperti semula.

Saat mendengar musik, terutama musik yang memiliki arti tersendiri dan penting bagi kita, kita sering merasakan "merinding" atau sering juga disebut "chills". Saat itulah otak kita aktif dan saling terkoneksi antara satu bagian dengan bagian lainnya.

Asosiasi yang dibangun antara lirik lagu, aransemen, emosi, dan ingatan tersebut terjadi sangat cepat, hanya sepersekian detik dari saat kita mendengarkan lagu.

Untuk pendengar musik yang lebih terlatih, mereka bisa mendengarkan setiap instrumen, nada, volume, berbagai bebunyian dan melakukan analisis yang lebih mendalam.

Baik untuk pendengar musik biasa ataupun expert dan penggila musik, sama-sama mengaktifkan dan menggiatkan otak mereka.


Bermain Musik

Image by SeppH from Pixabay


Jika mendengarkan musik adalah berjalan kaki, maka bermain musik dan improvisasi bisa disamakan dengan olah raga dan angkat beban. Bermain musik membutuhkan serangkaian keterampilan sekaligus.

Keterampilan motorik, dibutuhkan saat musisi memainkan alat musik. Pada gitar, keterampilan motorik meliputi banyak sekali bagian. Mulai dari seberapa keras kita memetik senar, dimana kita memetik senar, seberapa kuat vibrato, bending senar sampai nada yang tepat, dan lainnnya.

Memori kita juga diasah, terutama untuk musisi yang harus mengingat banyak lagu dan aransemen. Mungkin kita tidak sadar, tapi jika diingat-ingat kita mungkin hapal lebih dari 100 lagu, atau mungkin juga ratusan lagu yang berbeda??

Keterampilan visual, saat kita melihat partitur, melakukan sight reading (memainkan musik langsung dari partitur), dimana jari tangan dan telinga kita harus mencari dan menemunkan nada dengan tepat sesuai dengan yang tertulis.

Pendengaran, tentunya salah satu yang harus dilatih untuk bermain musik adalah telinga kita. Kita harus dapat mendengarkan dan mengetahui perbedaan berbagai tangga nada, pitch, jenis chord, atau progresi chord secara keseluruhan.

Improvisasi
Namun hal yang menarik ditunjukkan saat improvisasi. Improvisasi adalah memainkan ide lagu on the spot secara spontan.

Saat berimprovisasi, otak menjadi lebih aktif pada bagian skill motorik dan pendengaran menjadi sangat aktif, sedangkan bagian otak yang berhubungan dengan perencanaan serta self-monitoring menjadi tidak terlalu aktif.

Apa maksudnya? Maksudnya adalah saat improvisasi, ide-ide spontan dan kretivitas kita diuji dan dibebaskan dari segala belenggu. Artinya kita harus sedikit 'mengabaikan' otak analitis kita dan membiarkan otak 'intuisi' kita mengambil alih.

Manfaat Musik Di Kehidupan Sehari-hari

Penelitian lebih lanjut membuktikan manfaat musik tidak hanya sebatas keahlian memainkan musik saja. Ternyata melampaui musik dan bisa diterapkan di bidang lainnya yang lebih praktis.

Kemampuan musik mengaktifkan tiga wilayah otak : kemampuan motorik, auditori (suara), dan visual. Latihan musik yang teratur secara memainkan dan perform musik secara rutin menguatkan ketiga fungsi tadi, dan juga mempengaruhi aktivitas hidup kita yang lain.

Jembatan Yang Lebih Baik
Hal ini karena meningkatnya volume dan aktivitas bagian otak yang disebut corpus callosum. Bagian otak ini adalah "jembatan" antara otak kiri dan kanan.

Dengan semakin baiknya kinerja corpus callosum maka otak kiri dan kanan akan semakin cepat dan efisien dalam berbagi informasi. Penyebabnya adalah jaringan saraf yang lebih banyak dan beragam antar kedua belahan otak.


Problem-Solving
Manfaat nyatanya adalah meningkatkan kemampuan problem-solving (pemecahan masalah), baik dalam situasi akademis maupun sosial.

Membuat musik memerlukan pemahaman yang mendalam tentang arti lirik serta kemampuan membuat aransemen, nada, ritmik, dan lain-lain. Oleh sebab itu musisi juga memiliki kemampuan lebih sebagai pelaksana atau pemimpin.

Sebagai pemimpin diperlukan perencanaan, strategi, serta perhatian pada detail. Serta memerlukan pemahaman dan analisis baik emosional maupun kognitif.

Ingatan Yang Lebih Baik
Musisi memiliki ingatan yang baik tentang berbagai lagu dan sound tertentu. Oleh karena itu, musisi memiliki memori yang lebih bagus. Mulai dari membuat memori, menyimpan, dan mengambil kembali memori atau ingatan dengan lebih efisien.

Musisi mengingat lebih baik dengan cara mengkategorikan ingatan tersebut ke dalam beberapa kategori. Misalnya : 'audio', 'konsep', 'lagu jadul', 'lagu patah hati', 'aksesoris gitar', 'lagu dengan bass solo terbaik, 'proyek solo Paul Gilbert', 'sound bass', dan lain-lainnya.

Jadi otak musisi seperti sebuah mesin pencari yang bekerja dengan cepat dan efisien.

Sumber :
How playing an instrument benefits your brain -  Youtube, Ted-Ed
How Does Music Affect Your Brain? -  Youtube, WIRED

Kesimpulan

Image by Free-Photos from Pixabay

Ternyata mendengarkan dan bermain musik memberi banyak manfaat untuk otak kita, lebih luas dari sekedar hobi atau pengisi waktu luang saja.

Tentunya penelitian tentang hubungan antara otak dan musik tidak berhenti, dan sampai saat ini masih terus dilakukan penelitian untuk memahami cara kerja otak manusia.

Tapi untuk kita penggemar musik, yang lebih penting adalah bagaimana musik membantu kita melewati dan menemani hari-hari kita, baik senang atau susah. Dan buat beberapa orang termasuk saya sendiri, musik adalah hal yang pertama kali kita pikirkan saat membuka mata di pagi hari....

Nantikan terus berbagai artikel menarik lainnya seputar tips dan trik, news musik, berbagai chord lagu terbaru, serta aksesoris gitar dan bass hanya di Guitarsquartz.net !!!


Artikel Bermanfaat Lainnya :

Mengenal Sustainer, Gitar Jadi Bersuara Panjang Tanpa Henti!!




0 comments: