IBX5981FE7FCD958 6 Aksesoris Gitar Paling Unik Dan Inovatif

6 Aksesoris Gitar Paling Unik Dan Inovatif

Guitarsquartz.net - Aksesoris musik terutama untuk gitar selalu berkembang dari tahun ke tahun, sejalan dengan perkembangan teknologi dan kemajuan jaman. Kemajuan teknologi juga memungkinkan perbaikan produk yang dulu sudah ada tapi belum sempurna.


Contoh Aksesoris Gitar

Contoh aksesoris gitar paling kita kenal adalah sebuah tuner. Tuner ada yang berbentuk stompbox atau juga yang dijepit di headstock gitar. Tuner cukup penting untuk menjaga tuning gitar. Aksesoris gitar lainnya contohnya pick holder untuk menyimpan pick gitar.


Beberapa aksesoris gitar atau peralatan lain di artikel ini bisa jadi belum pernah anda lihat sebelumya. Padahal aksesoris gitar tersebut cukup unik dan bisa kita gunakan untuk memperluas skill bermusik. Inovasi pada peralatan dan aksesoris gitar ini juga dijamin tidak akan merusak gitar kesayangan Anda.

Mari kita lihat berbagai  aksesoris peralatan gitar yang unik dan inovatif berikut ini!


Gizmotron


Alat ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 70-an, namun karena serangkaian masalah teknis serta reliability maka produksinya sempat dihentikan, Kemudian beberapa tahun lalu Gizmotron berada di bawah kepemilikan baru, dan dengan teknologi saat ini, Gizmotron lebih mudah digunakan dan cukup mudah di pasang pada gitar.

Apa sebenarnya Gizmotron?Alat ini berfungsi seperti E-Bow, dimana senar gitar dapat berbunyi terus menerus seperti pada biola atau cello. Tapi berbeda dengan E Bow atau Sustainer, Gizmotron tidak menggunakan magnet atau sirkuit, hanya part mekanis. Ada 6 tuas untuk menekan gir sampai menyentuh senar dan menghasilkan suara tanpa putus.

Cukup inovatif dan unik! Dengan sedikit efek reverb dan delay, gitar dan Gizmotron bisa memainkan musik-musik ambient..

Gizmotron


 String Butler


Desain headstock 3+3 ala Gibson seringkali menyebabkan tuning fales setelah kita memainkan bending atau vibrato yang agresif. String Butler memperbaiki sudut senar dan nut agar tetap lurus sehingga mengurangi masalah tuning yang kurang stabil.

Jadi jika Gibson, Epiphone, atau gitar lain dengan tipe headstock yang sama, bisa mencoba String Butler untuk menambah performa gitar kesayangan Anda. Pemasangan String Butler tidak merusak cat gitar karena tidak menggunakan sekrup atau baut apapun, hanya memanfaatkan lubang tuner senar 1 dan 6 saja.

String Butler


Tronical Tune


Capek harus membawa banyak gitar dalam satu kali manggung? Biasanya untuk seteman berbeda kita harus bawa gitar cukup banyak juga. Sementara untuk menyetem setiap gitar satu persatu pasti merepotkan.

Dengan Tronical Tune, sistem tuning yang canggih ini memiliki kemampuan menyetem gitar otomatis dan juga dapat menyimpan hingga beberapa tuning pilihan kita. Misalnya untuk setiap lagu membutuhkan tuning berbeda, dapat dilakukan dengan Tronical Tune. Tinggal menekan tombol dan memilih tuning yang kita butuhkan.

Sangat praktis, cepat, dan akurat. Kalau tidak salah mas Stephen Santoso (Musikimia, produser, sound engineer) pasang juga di salah satu gitarnya.


Shadow E Tuner


Masih seputar menjaga tuning, tapi kali ini bukan tuning otomatis. Untuk memperbaiki tuning masih harus kita lakukan sendiri, tapi tidak perlu bawa tuner karena tunernya sudah ada di gitar. (???????)

Shadow E-Tuner ini adalah pickup ring, bukan pickup ring biasa tapi sudah dilengkapi dengan tuner. Dengan memasang, E-Tuner ini kita tidak perlu lagi membawa tuner atau mencari-cari tuner gitar. Dilengkapi dengan lampu LED serta sensor yang cukup sensitif untuk menyetem semua senar.

Shadow Electronics


Hipshot Guitar Xtender



Drop D adalah salah satu trik alternate tuning dalam sejarah pergitaran. Cara menyetemnya cukup mudah, tinggal menurunkan senar E rendah alias senar 6 ke D. Tapi bagaimana jika kita harus berpindah tuning dengan cepat untuk lagu berikutnya?

Maka solusinya adalah Hipshot Guitar Xtender. Dengan memasang Xtender kita dapat menurunkan senar 6 menjadi D atau nada apapun dengan cepat, hanya perlu memindahkan sebuah tuas. Xtender mengganti tuner pada senar 6 dengan alat mekanis untuk mengubah tuning. Dan semua itu dapat dilakukan dengan cepat tanpa perlu menyentuh tuner gitar atau menyetem ulang.

Hipshot Xtender



Baca Juga  :  Tips Mengatur Jarak Senar Pada Gitar Dan Bass

Seymour Duncan Triple Shot


Humbucker saat ini umumnya memiliki 4 kabel konduktor untuk macam-macam pilihan wiring seperti seri, paralel, atau split. Biasanya pilihan wiring tersebut diakses melalui potensio push pull atau switch. Namun bila kita ingin menggunakan berbagai macam pilihan wiring maka harus memasang push pull atau mengebor lubang kecil untuk switch.

Triple Shot memanfaatkan ruang yang ada di pickup ring gitar untuk menaruh dua switch kecil. Dengan switch ini kita bisa melakukan seri, parallel, coil split dan banyak wiring lainnya. Tanpa perlu memasang potensio khusus atau switch.

Seymour Duncan Triple Shot



Ke-6 aksesoris peralatan gitar di atas sangat unik dan inovatif, dan mempermudah musisi dalam melakukan kegiatan bermusiknya. Mungkin masih ada banyak lagi berbagai aksesoris dan peralatan gitar inovatif lainnya yang belum Anda tahu?  Yang jelas berbagai inovasi untuk produk aksesoris dan peralatan gitar terus berkembang setiap tahun. Kira-kira apalagi kejutan para penemu dan inovator untuk dunia gitar??

Nantikan terus berbagai artikel menarik hanya di Guitarsquartz.net!!!