IBX5981FE7FCD958 Mengenal Berbagai Jenis Senar Bass!!

Mengenal Berbagai Jenis Senar Bass!!

Guitarsquartz.net -  Senar adalah elemen penting dalam membentuk karakter suara bass. Baik elektrik maupun akustik, senar bass memiliki banyak sekali variasi, mulai dari material, konstruksi, warna dan coating, dan masih banyak lagi.


Mengenal Senar Bass

Ada yang mengatakan semua senar bass sama saja. Bisa jadi ya, karena material yang digunakan mungkin hampir sama. Namun semua produsen senar bass memiliki formulanya masing-masing, ada yang menggunakan material khusus, teknik produksi yang berbeda, ataupun masih mengandalkan produksi handmade.

Diluar sangat banyaknya senar bass dengan berbagai variasinya, kita mencoba untuk mengenal beberapa jenis variasi senar bass yang sudah ada saat ini.

Baca Juga : Tips Untuk Memilih Senar Gitar Elektrik

Bahan Pembuat Senar Bass

Stainless serta nickel adalah yang paling sering ditemukan. Tapi kemudian banyak produsen senar bereksperimen dengan berbagai macam campuran logam yang berbeda-beda....

Tidak setiap senar nickel atau stainless steel memiliki suara serupa, karena faktor teknik produksi dan juga kadang ada material campuran logam lainnya. Tapi pada intinya ada dua bahan utama yang digunakan sebagai kawat senar, yaitu stainless steel dan nickel. Kedua bahan ini memiliki suara treble yang lantang dan modern. Namun dari tingkat kejernihan suara, stainless steel lebih nyaring.

Tapi bukan berarti bahan senar bass hanya sebatas nickel dan stainless steel saja. Optima Strings dari Jerman membuat senar untuk berbagai alat musik, namun bedanya Optima Strings menggunakan lapisan emas 24k pada senar gitar dan bass varian tertentu.
Optima Strings menggunakan lapisan emas 24k pada produk senar buatannya.


Flatwound vs Roundwound vs Half-wound



  • Roundwound : Saat memegang senar bass, maka terasa teksturnya tidak rata alias bergelombang. Senar bass dengan tekstur seperti tadi disebut dengan senar roundwound. Senar roundwound paling banyak ditemukan dan digunakan. Senar dibuat dengan melilitkan kawat pada kawat lainnya yang berdiameter besar. Itulah yang disebut senar roundwound. Suara yang dihasilkan modern, clear, dan punch. 



  • Flatwound : Kemudian ada juga senar flatwound. Senar flatwound sama dengan roundwound cara pembuatannya, namun menggunakan kawat yang sudah dipipihkan terlebih dulu. Senar flatwound menghasilkan sedikit suara gesekan jari karena permukaannya yang lebih halus. Senar flatwound suaranya lebih 'kalem' dan tidak senyaring senar roundwound. 

  • Groundwound/halfwound : Senar ini basicnya adalah roundwound, namun kawatnya dibentuk sehingga tidak setipis flatwound tapi lebih pipih daripada roundwound, Hasilnya adalah senar dengan karakter suara mendekati roundwound tapi dengan feel smooth ala flatwound. 


Contoh senar bass nylon tapewound buatan D'Addario

Tambahan satu lagi,  nylon tapewound. Senar nylon tapewound sama dengan flatwound, tapi tidak menggunakan kawat logam tetapi sebuah benang nylon. Nylon tapewound menghasilkan suara paling mendekati bass upright, untuk main yang vintage2 pas sekali.

Coating 

Hampir setiap perusahaan pembuat senar memiliki varian senar dengan coating atau lapisan tipis pelindung senar. Lapisan ini menjaga agar senar tetap awet dan fresh dalam jangka waktu lebih lama, karena terlindung dari kotoran dan zat asam dari keringat tangan.

Senar dengan coating umumnya identik dengan suara yang berbeda dengan senar biasa tanpa lapisan pelindung. Namun majunya teknologi memungkinkan lapisan coating pada senar hanya pada kisaran nanometer saja, membuatnya terasa tak jauh berbeda dengan senar un-coated.

DR Strings, Cleartone, Elixir, dan hampir semua pembuat senar bass menyertakan line up produk senar bass dengan coating.
Contoh senar bass coated dari DR Strings

Scale Length!

Kenapa saya kasih tanda seru, karena ini sering luput saat kita membeli senar baru. Senar bass biasanya di jual dalam empat macam scale length ; short, medium, long scale, dan extra long scale. Untuk lebih jelasnya bisa cek artikel :  Tiga Macam Scale Length Bass Yang Sering Digunakan .

Kenapa kita harus perhatikan scale length?

Karena jika menggunakan scale length yang tidak sesuai dengan bass kita, maka bisa-bisa senar tidak cukup panjang atau malah terlalu panjang untuk bass. Senar short scale untuk bass dengan scale length 30 inci, medium scale untuk bass dengan scale length 32 inci, long scale untuk 34 inci, dan extra long 35 inci.

Ukuran Senar Bass

Ukuran senar bass bermacam-macam. Intinya, semakin besar ukuran senar bass, maka akan semakin keras tension nya, semakin membutuhkan tenaga saat dimainkan. Ukuran ini bisa kita pertimbangkan jika menggunakan tuning rendah pada bass. Lebih lengkapnya ada di artikel :  Berbagai Jenis Ukuran Senar Bass Untuk Drop Tuning  .

Ada juga pembuat senar bass yang mencantumkan 'light', 'medium', 'heavy' untuk memudahkan mengetahui ukuran senar dalam kemasan.


Ok sampai di sini dulu artikel tentang berbagai jenis senar bass, semoga bisa membantu dalam memilih senar bass yang cocok untuk bass Anda. Sampai jumpa di artikel berikutnya hanya di Guitarsquartz.net !!!
.