IBX5981FE7FCD958 Tips Menggabungkan Efek Overdrive Dan Distorsi

Tips Menggabungkan Efek Overdrive Dan Distorsi

Guitarsquartz.net - Efek distorsi dan overdrive tampaknya adalah efek wajib setiap pemain gitar elektrik. Ada berbagai cara untuk mencapai tone dan sound overdrive atau distorsi yang diinginkan, salah satunya dengan menggabungkan overdrive.

unsplash-logoThiago Barletta

Menggabungkan efek distorsi dan overdrive akan menghasilkan sound drive yang berbeda, sehingga dapat menambah variasi sound untuk setiap lagu. Efek overdrive menghasilkan suara yang smooth dan masih agak kalem, sedangkan distorsi lebih kasar dan biasa digunakan untuk solo atau ritem. Variasi sound dalam permainan gitar dibutuhkan untuk menambah dinamik pada permainan gitar.

Lalu bagaimana cara menggabungkan keduanya agar mendapat suara yang kita inginkan?

Baca Juga : Perbedaan Efek Overdrive, Fuzz, Distorsi, dan Booster


Distorsi <<<< Overdrive



Menempatkan overdrive ke distorsi sering dilakukan oleh gitaris rock atau metal untuk mendapat sound ritem. Urutannya, dari output overdrive masuk ke input efek distorsi. 

Dengan urutan ini, kita mendapatkan sound gitar rock yang tebal. Tapi sebaiknya settingan gain tidak terlalu besar, karena akan mendapat dorongan dari overdrive nantinya. Selain itu juga perhatikan setinggan 'low' pada overdrive agar tidak terlalu besar. Untuk efek overdrive yang tidak memiliki 'low', bisa membuka sedikit tombol 'tone'. 


Overdrive <<<<< Distorsi


Distorsi ke overdrive akan membuat sound lead atau solo gitar lebih menonjol. Biasanya efek distorsi memiliki gain yang lebih besar daripada overdrive, karena itu perhatikan perbedaan volume supaya tidak terlalu jauh bila kedua efek digabungkan. 

Disarankan untuk menggunakan efek distorsi dan overdrive yang memiliki ekualiser, agar dapat membentuk sound dengan lebih presisi. 




Ada satu cara lagi untuk menambah variasi sound selain menggunakan efek overdrive dan distorsi. Caranya dengan menambah sebuah efek booster. Pedal boost, (EP booster, MXR Micro Amp, dst) hanya menambah keras volume tanpa memberikan perbedaan suara tertentu.

 Menempatkan booster sebelum dan setelah efek distorsi atau overdrive bakal memberi efek suara yang berbeda juga. 



Overdrive/Distorsi <<<<< Booster


Menempatkan booster sebelum overdrive akan menambah gain atau disebut juga "gain boost", tanpa menambah volume secara signifikan. Sound yang terdengar akan lebih "kotor" dan sustain lebih panjang. Terkadang juga ada sedikit tambahan frekuensi low (tergantung dari efek boost yang kita gunakan). 

Menempatkan booster sebelum overdrive berguna jika kita menggunakan overdrive sebagai clean boost (ala Stevie Ray, tombol gain ditutup habis tapi level dibuka penuh), untuk mendapatkan sound lead atau solo gitar. 

Sedangkan booster ke distorsi akan membuat suara distorsi semakin kental dan "crunchy". Cocok buat sound ritem atau solo classic rock hingga heavy metal. 

Bisa juga membuat amplifire single channel menjadi dua atau tiga channel. Amplifier kita setting clean, lalu kita tambah overdrive/distorsi dan sebuah efek booster. Dengan begitu kita sudah memiliki tiga sound utama, yaitu clean, overdrive, serta lead.


Booster <<<<<< Overdrive/Distorsi



Menempatkan booster setelah efek overdrive atau distorsi akan menambah volume dengan perbedaan cukup besar, tergantung setting knob pada booster. Walaupun menambah volume, tetapi sound secara keseluruhan tidak berubah. 

Settingan seperti ini digunakan jika kita tidak ingin perubahan tone terlalu drastis untuk sound lead atau solo gitar. Jadi tidak terlalu banyak variasi suara, namun hanya tambahan volume untuk permainan single note misalnya. 

Settingan ini juga berguna jika kita senang dengan karakter asli suara gitar, dan hanya ingin tambahan volume saja untuk part tertentu dalam sebuah lagu. 


Tips Menggabungkan Efek Overdrive Dan Distorsi

Selain beberapa tips diatas, ada beberapa tips tambahan dibawah ini untuk menggabungkan efek overdrive dan distorsi. 

  • Semua tips di atas, diasumsikan channel amplifier pada posisi "CLEAN", alias tanpa distorsi. Jika kita memiliki amplifier lebih dari satu channel, maka settingan efek pun harus disesuaikan juga.
  • Urutan efek diatas yang menjadi ukurannya adalah suara yang dihasilkan, karena itu jika merasa urutan efek terbalik tapi suaranya sesuai yang kita inginkan, maka tidak ada masalah.
  • Setiap efek overdrive dan distorsi memiliki keunikannya masing-masing. Karena itu mungkin ada beberapa efek overdrive dan distorsi yang tidak dapat digabungkan. Misalnya, kualitas suara berkurang, noise, berisik, dan lainnya. 
  • Gunakan power supply berkualitas untuk mengurangi noise ! Apalagi jika kita menggunakan dua atau lebih efek overdrive dan distorsi yang notabene rawan noise. 
  • Noise gate juga bisa digunakan untuk noise yang semakin minimal. Tapi terlalu banyak noise gate juga kemungkinan bakal mengurangi kualitas suara. 
  • Banyak efek overdrive dan distorsi bakal akan memperkeras suara petikan kecil sekalipun, Karena itu teknik tangan kanan dan kiri juga harus diperhatikan agar tidak terlalu banyak finger noise.
Ok, sampai disini dulu tips dan trik kita, semoga bermanfaat dalam pencarian sound kita. Nantikan terus berbagai artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz.