IBX5981FE7FCD958 5 Tips Memilih dan Membeli Pick Gitar dan Bass yang Tepat

5 Tips Memilih dan Membeli Pick Gitar dan Bass yang Tepat

Leave a Comment
Ketika memainkan gitar atau bass, pemain terkadang mengalami cedera atau rasa pegal pada jari yang digunakan untuk memetik senar gitar. Sesekali kulit ujung jari juga mampu berubah keras dan kuku jari jadi menipis karena sering memainkan gitar dan bass yang tanpa pick. Untuk itulah diperlukan pick gitar atau bass yang cocok da tepat sehingga performa bermain dan kualitas suara dari petikan gitar atau bass terdengar jelas dan mantap. 

Berikut tips memilih dan membeli pick gitar dan bass yang tepat

1. Memilih Bahan Pick yang Nyaman
Salah satu tips agar nyaman saat memainkan gitar atau bass adalah dengan memilih bahan pick yang nyaman. Bahan yang nyaman adalah yang mampu menggantikan fungsi jari kuku untuk memetik nada tanpa memberikan rasa sakit.

pick gitar

Bahan pick yang baik tidak terlalu keras juga tidak terlalu lentur. Pick yang terlalu keras cenderung akan membuat tidak nyaman dan bisa menimbulkan jari sakit saat memetik senar gitar dan bass. Selain itu, pick yang keras kadang pick mudah terjatuh saat memainkan gitar dan bisa membuat senar menjadi gampang cacat terkelupas dan bisa cepet putus nada apabila tidak yang benar memainkannya pick nya. Sebaliknya, pick yang terlalu lentur membuat pemain membutuhkan tenaga ekstra agar gitar mampu menghasilkan suara yang sesuai dengan nada yang diinginkan.

2. Memilih Ukuran yang Sesuai
Ukuran pick yang sesuai penting agar jari tidak perlu memegang pick yang terlalu besar maupun kecil. Pick yang terlalu besar menimbulkan resiko pick terselip dan jatuh sedangkan pick yang terlalu kecil akan menimbulkan pemilihan nada yang kurang akurat.

Untuk itu sebaiknya pengguna gitar dan bass memilih pick yang sesuai dengan kenyamanan jari yang biasa digunakan untuk memetik senar gitar atau bass agar nyaman saat bermusik.

3. Memilih Bentuk yang Sesuai
Selain ukuran, pada tips memilih dan membeli pick gitar dan bass yang tepat, bentuk juga perlu menjadi pertimbangan saat akan memilih pick. Berbeda dengan jari yang dapat bergerak dan menentukan bentuk dengan bebas dan sensitif, pick perlu disesuaikan agar pemain masih dapat memainkan gitar atau bass dengan luwes. 

Ada beberapa pilihan bentuk pick gitar seperti bentuk teardrop, segitiga, pentagon, oval dan masih banyak lagi. Bentuk-bentuk tersebut dapat disesuaikan dengan kenyamanan jari atau gaya bermain gitar nya.

4. Tentukan Ketebalan Pick Gitar
Tips memilih dan membeli pick gitar dan bass yang tepat selanjutnya adalah memilih ketebalan pick gitar yang sesuai. Tebal dan tipis pick akan menentukan tingkat kelenturan dan juga pergerakan pick. Pick yang terlalu tebal akan keras dan susah untuk memetik senar tanpa terselip memetik bagian senar lainnya. 

Sedangkan pick gitar yang terlalu tipis akan mudah patah dan juga dapat menghasilkan resonansi yang berlebihan saat tengah memainkan gitar dan bass. Oleh karena itu selalu pilih pick dengan mencoba terlebih dahulu apakah pick terlalu tebal atau tipis untuk kenyamanan.

5. Pilih Harga Pick Sesuai Kebutuhan
Untuk tips terakhir namun tidak kalah penting adalah memilih pick gitar atau bass yang sesuai dengan dana yang dimiliki. Walaupun pick gitar sih murah, tapi harga juga harus tetap diperhitungkan karena beda harga pasti beda kualitas. 

pick gitar custom

Harga tidak selalu menentukan kualitas maka coba mainkan pick dan pilih mana yang paling nyaman dan tepat di genggaman. Karena yang utama adalah bagaimana pick terasa nyaman sehingga pemain dapat memainkan gitar atau bass dengan maksimal dengan suara yang maksimal dan prima. Jika tertarik dengan pick gitar custom, bisa mencoba nya ke jasa pembuatan pick gitar yang bisa di  desain sesuai kebutuhan.

Itulah  beberapa tips memilih dan membeli pick gitar dan bass yang tepat, semoga bermanfaat.



0 comments: