IBX5981FE7FCD958 Cara Mudah Bermain Ukulele

Cara Mudah Bermain Ukulele

Leave a Comment

Bermain ukulele tidaklah sulit, sama seperti bermain gitar cukup digenjreng saja sudah bisa menghasilkan nada-nada dari senar-senar yang digenjreng tadi. Ukulele tidak perlu dipetik seperti gitar tapi digenjreng saja sudah cukup.

Ukulele hanya memiliki 3 atau 4 senar serta bentuk yang lebih kecil daripada gitar, sehingga mudah untuk dibawa-bawa kemana-mana.

Ukulele sangat popular di negara asalnya “Hawai” karena keunikan bentuk dan suara yang dihasilkan. Sehingga dibutuhkan sedikit keahlian untuk memainkannya. Bentuknya yang kecil menjadikan ukulele menjadi alat musik favorit bagi sebagian orang karena cukup mudah untuk dimainkan.

Bagian-bagian dari ukulele :

  • Bodi
Bagian utama ukulele adalah bodi, pada bodi terdapat lubang suara yang menghasilkan suara dari ukulele tersebut.
  • Neck
Neck adalah bagian panjang yang menyatu dengan bodi, terdapat fretboard untuk memainkan kunci-kunci dasar ukulele.
  • Fret
Setiap fret membagi setiap senar menjadi nada-nada yang berbeda-beda.
  • Headstock
Pada headstock terdapat alat putar untuk mengatur nada-nada pada masing-masing senar ukulele.
  • Senar
Ukulele ada yang memiliki 3 atau 4 senar, masing-masing senar akan menghasilkan nada-nada yang berbeda-beda sesuai dengan urutannya.

Berikut ini langkah-langkah mudah bermain ukulele sebagai berikut :

  1. Memilih ukulele
Ada 4 jenis ukulele yaitu ukulele soprano, ukulele alto, ukulele tenor dan ukulele baritone.
·        Ukulele soprano
Ukulele yang memiliki fret sebanyak 12 sampai 14. Ukulele jenis ini yang paling banyak dimainkan.
·        Ukulele alto
Ukulele jenis ini memiliki bentuk yang lebih besar dari ukulele soprano yang memiliki jumlah fret 15 – 20.
·        Ukulele tenor
Ukulele yang memiliki jumlah fret lebih dari 15 dan menghasilkan suara yang lebih nyaring saat dimainkan.
·        Ukulele baritone
Ukulele ini memiliki bentuk yang lebih besar daripada jenis ukulele-ukulele lainnya dan menghasilkan suara yang sempurna ditambah memiliki jumlah fret lebih dari 19. Ukulele baritone banyak digunakan oleh musisi professional untuk event pertunjukkan besar.
Dengan memiliki salah satu jenis dari ukulele tersebut akan semakin mudah memainkannya. Memiliki ukulele sesuai dengan selera pilihan akan memudahkan bermain setiap saat.


  1. Tuning ukulele
Tuning ukulele dimulai dari senar paling atas bernada G, senar ketiga bernada C, senar kedua bernada E dan senar pertama bernada A. Cara tuning ukulele dengan memutar pada bagian headstock mengencangkan atau mengendurkan senar agar nada-nada yang dihasilkan pada masing-masing senar memiliki nada-nada yang berbeda-beda. Gunakan tuner untuk mencocokkan nada-nada pada masing-masing senar. 

  1. Pilih posisi yang nyaman
Pada saat akan memainkan ukulele pilih posisi tubuh yang nyaman pada saat memegang ukulele sehingga suara yang akan dihasilkan dari ukulele terdengar bagus.

  1. Belajar memainkan kunci dasar
Memainkan kunci dasar menjadi syarat penting dalam memainkan ukulele. Memainkan kunci dasar ukulele sama dengan kunci dasar gitar yaitu dengan memainkan kunci dasar mayor dan minor.



·         Kunci dasar mayor










·         Kunci dasar minor




  1. Mainkan ukulele
Mulailah memainkan ukulele dengan mengenjreng senar-senar ukulele, bisa menggunakan pick supaya suara yang dihasilkan terdengar bagus dan lebih mudah dimainkan.

  1. Berlatih dengan beberapa lagu
Memainkan ukulele dengan memperbanyak koleksi lagu-lagu sehingga permainkan ukulele dari hari ke hari makin lebih baik. Mendengarkan beberapa lagu yang disukai memudahkan dalam meningkatkan permainan ukulele. Berlatihlah secara teratur 15 menit sampai 30 menit perhari untuk memperlancar permainan ukulelenya.



0 comments: