IBX5981FE7FCD958 Cara Mudah Menyetem Ukulele Kesayanganmu

Cara Mudah Menyetem Ukulele Kesayanganmu

Leave a Comment




Saat ini memiliki ukulele sama rasanya seperti memiliki gitar. Ukulele sudah bisa dimiliki dengan harga sangat terjangkau. Namun terkadang saat dimainkan suara dari ukulele terdengar fals atau sumbang sehingga mengganggu saat dimainkan.

Ada cara mudah untuk menyetem ukulele kesayangan agar saat dimainkan performa suara yang dihasilkan menjadi prima.

            A.  Menyetem ukulele secara manual

1.     Sentuh senar nomor 1 dengan cara menarik ke depan dan ke belakang yang bertujuan agar senar tidak terlalu kendur atau terlalu tegang. Lakukan sambil memutar pengatur senarnya. Gunakan feeling atau perasaan saat dilakukan menarik atau memutar senarnya.



2.      Lakukan hal yang sama terhadap senar nomor 2, tekan senar nomor 2 pada posisi fret nomor 5 kemudian bunyikan senar nomor 2 sambil menyesuaikan nada suara yang dihasilkan dari senar nomor 1. Lakukan secara berulang sampai nada senar nomor 1 dan nomor 2 memiliki nada yang sama sambil memutar pengatur senar dengan hati-hati.



3.  Tekan senar nomor 3 dengan menekan fret nomor 4, atur suara senar nomor 3 dengan membunyikan senar nomor 3 sesuaikan nadanya dengan senar nomor 2. Proses sinkronisasi nada senar 3 dengan senar nomor 2 sambil memutar senar dengan hati-hati, gunakan feeling atau perasaan sehingga suara yang dihasilkan dari senar nomor 3 dan nomor 2 sama.



4.    Untuk mengatur nada dari senar nomor 4 cukup menekan fret nomor 5 kemudian atur nada yang dihasilkan senar nomor 4 dengan nomor 3. Proses penyesuaian nadanya sama dengan senar-senar yang lain sambil memutar senar agar dihasilkan keluaran nada yang sama antara senar nomor 3 dan nomor 4.


BMenyetem ukulele secara manual dengan nada standar
Sentuh masing-masing senar dengan menyesuaikan dengan nada-nada suara yang dihasilkan masing-masing senar sebagai berikut :
·         Senar nomor 1 menghasilkan suara nada A
·         Senar nomor 2 menghasilkan suara nada E
·         Senar nomor 3 menghasilkan suara nada C
·         Senar nomor 4 menghasilkan suara nada G




Proses penyeteman ukulele bisa dilakukan menggunakan alat instrumen seperti dengan piano, tuner  digital atau aplikasi-aplikasi yang bisa diunduh atau diinstall di perangkat pintar atau gadget.

Bila ingin menggunakan alat instruen seperti piano atau keyboard, cukup menekan tuts piano atau keyboard kemudian sesuaikan nada piano atau keyboard dengan masing-masing senar ukulele sampai dihasilkan nada-nada yang sama,, lakukan sinkronisasi ini sambil memutar tiap-tiap senar yang akan distem pada ukulele.




Pengoperasian tuner digital cukup menyalakan tuner ini, kemudian lakukan penyesuaian nada antara ukulele dengan tuner digital. Nada-nada dari tiap-tiap senar dimainkan sampai diperoleh nada yang sama seperti yang ada di tampilan display tuner digital. Lakukan secara berulang-ulang sampai diperoleh nada yang sama di masing-masing senar ukulele.




Beberapa hal yang harus dilakukan setelah dilakukan penyeteman ukulele sebagai berikut :

· Perubahan suhu ruangan baik didalam dan diluar sangat mempengaruhi penyetemanukulele.
·    Jika penyeteman ukulele berubah karena pengaruh kualitas senar atau perubahan suhu lakukan penyeteman ulang.
·    Proses penyeteman ukulele usahakan kondisi senar dalam posisi kencang atau tidak kendur. Jangan menarik senar terlalu kencang yang berakibat senar ukulele putus.
·    Sesuaikan tinggi rendahnya nada-nada suara ukulele dengan kebiasaan cara bermainnya sehingga penyeteman selalu terdengar harmonis.
·      Gunakan pelembab udara untuk menjaga hasil penyeteman ukulele.









0 comments: