Tips Memilih Gitar Ukulele

Leave a Comment
Guitarsquartz.com- Bagi orang yang awam dengan alat musik, ketika melihat Ukulele pertama kali, ia pasti akan menyebutnya dengan ‘gitar kecil’. Ya, Ukulele memang memiliki bentuk yang mirip dengan gitar pada umumnya. Hal yang membedakan adalah ukurannya yang lebih kecil dari gitar pada umumnya serta dilengkapi hanya dengan 4 senar. Ukulele adalah alat musik yang ditemukan pada tahun 1878 di Hawai yang dibawa oleh salah seorang dari 20.000 imigran dari Portugis dan kemudian menjadi alat musik khas Hawai.

Saat ini ukulele tidak hanya ditemukan di Hawai saja. Di beberapa negara juga dapat ditemukan Ukulele. Di Indonesia sendiri ukulele menjadi salah satu instrumen alat musik Keroncong. Bunyi ‘crong, crong, crong’ yang khas dari Ukulele turut menjadi pelengkap pertunjukan musik Keroncong.
Jika ingin membeli Ukulele, terlebih dahulu kita harus mengetahui jenis-jenis gitar Ukulele agar sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Berikut beberapa jenis gitar Ukulele yang perlu kalian ketahui.
1. Model Soprano
Gitar Ukulele Model Suprano ini adalah Gitar Ukulele yang paling kecil daripada Ukulele yang lain. Tuning Standar dengan ukuran 33 cm (Tala G-C-E-A atau A-D-F#-B). Ukulele ini cocok untuk pemain pemula. Bentuknya yang kecil membuatnya mudah dibawa, ringan sehingga dapat digunakan dimana pun anda suka.
2. Model Concert
Gitar Ukulele yang kedua adalah Model Concert. Ukulele ini memiliki ukuran 38 cm dan lebih besar dari Model Suprano. Ukuran ini adalah yang paling ideal diantara Ukulele lainnya. Tuning Tala (G-C-E-A). Model ini memudahkan jari tangan bergerak lincah diantara senar-senarnya.
3. Model Tenor
Tuning Tala (G-C-E-A atau D-G-B-E) dengan ukuran 43 cm dan Tenor tetap yang menjadi idola para pemain profesional. Hal ini dikarenakan jarak antara fret dan fretboardnya jauh lebih besar sehingga dapat menghasilkan suara yang lebih tebal. Model Ukulele Tenor ini cocok dimainkan secara solo.
4. Model Baritone
Ukulele Model Baritone ini ukurannya sedikit lebih besar dari Model Ukulele Tenor. Tuning Tala (D-G-B-E) dengan ukuran 48 cm dan paling besar diantara Ukulele lainnya. Cocok untuk yang ingin memainkan Ukulele secara instan. Barotone ini memiliki nada yang sama dengan gitar akustik yang memiliki 6 senar, hanya saja pada Ukulele Baritone hanya diambil 4 senar dari nada E dan D.
Tips Memilih Gitar Ukulele Yang Baik
Jika sudah mengetahui jenis-jenis Gitar Ukulele, selanjutnya anda tinggal membeli yang sesuai dengan kebutuhan. Namun, walaupun anda telah mengetahui spesifikasi masing-masing jenis, ada beberapa tips yang perlu anda ketahui sebelum membeli Ukulele baru anda.
  • Pilih ukuran yang pas
Ukulele memiliki banyak jenis dari ukuran yang paling besar (Baritone) hingga ukuran yang paling kecil (Soprano). Jika anda ingin membeli Ukulele, tips yang pertama adalah sesuaikan dengan kebutuhan anda. Jika anda nantinya akan membawa Ukulele yang anda miliki keman-mana, pilih ukuran yang paling kecil. Jika anda akan menggunakannya untuk permainan musik profesinal, pilih ukulele jenis Tenor.
  • Pilih jenis kayu material pembentuknya
Tips kedua adalah memilih material gitar ukulele. Metrial yang biasa digunakan untuk membuat ukulele adalah kayu seperti Akasia, Rosewood, Cedar, Mahoni, Kayu Mangga dan Monkeypod dan Koa. Koa adalah salah satu yang paling sering dipilih untuk menjadi bahan dasar pembuatan Gitar Ukulele. Kayu ini dipilih karena Gitar Ukulele dengan bahan Kayu Koa dapat menghasilkan suara yang indah dan hangat. Inilah sebabnya Ukulele dari bahan kayu Koa di bandrol dengan harga yang mahal dari kayu lainnya. Jika anda ingin Ukulele yang lebih murah dari Kayu Koa namun tetap menghasilkan suara yang indah, anda bisa memilih Ukulele dari kayu Mahoni. Di Indonesia, ukulele dari kayu Mahoni cenderung lebih murah karena kayu ini yang banyak didapatkan.
  • Pilih merek  dengan kualitas terbaik
Tips yang terakhir namun juga penting adalah memilih berdasarkan merek. Merek sangat penting dalam pemilihan ukulele karena merek yang bagus menjanjikan kualitas body dan suara yang bagus pula. Beberapa merek Ukulele yang populer antara lain seperti Mahalo, Kala, Lanikai, Luna, Pono, Kanilea dan Kamaka. Pastikan memilih model terbaik dan sesuai dengan budged yang anda miliki.
Selamat memilih Ukulele kesayangan anda.


0 comments: