IBX5981FE7FCD958 4 Merek Ukulele Dengan Desain Paling Unik

4 Merek Ukulele Dengan Desain Paling Unik

Leave a Comment
Guitarsquartz.net - Ukulele kembali populer sebagai alat musik setelah beberapa musisi dunia memainkannya. Sebut saja Eddie Vedder, Taylor Swift, hingga Meghan Trainor. Ukurannya yang kecil pun membuatnya semakin mudah dibawa kemana-mana.

Ukulele memiliki beberapa bentuk dan ukuran yang beragam, namun bentuk dasarnya masih sama, seperti gitar, lengkap dengan soundhole, neck serta tuner dan 4 senar. Tapi ada beberapa perusahan pembuat ukulele yang membuat instrumen bersenar tersebut dengan desain yang inovatif dan kadang material yang tidak biasa.

Dengan desain yang unik tersebut, para pembuat ukulele atau luthier ukulele menawarkan sesuatu yang berbeda dibanding ukulele tradisional. Beberapa merek ukulele dibawah ini memiliki desain yang menarik dan inovatif, menjadikan ukulele buatan mereka layak disimak dan juga dibeli, kalau ada budgetnya hehehe...

Oke, langsung saja kita lihat 4 merek ukulele dengan desian paling unik dan inovatif. Lesgow!!


KLOS Carbon Fiber Ukelele


Ukulele biasanya dari kayu kan? Gimana kalo dibuat cari carbon fiber?? Pastinya ukulele tersebut akan jadi sangat kuat dan tahan cuaca, tapi tetap ringan, KLOS, sebuah perusahaan dari yang didirikan Klosowiak bersaudara ini dibuat gara-gara pengalaman buruknya dengan ukulele kayu standar miliknya, yang rusak gegara terkena cuaca.

Sebagai hasilnya, mereka membuat ukulele carbon fiber, mungkin yang pertama di dunia. Carbon fiber adalah material kuat yang biasa digunakan untuk mobil balap F1 atau pesawat terbang.

Tersedia dalam beberapa versi, akustik elektrik maupun standar tanpa pickup. Yang jelas selain kuat dan ringan, KLOS ukulele ini bakal membuat kita terlihat keren di atas panggung hehehe.....

KLOS Uke 


Kala U-Bass Ukulele


Ukulele dibuat dalam berbagai rentang nada, mulai dari tenor, sopran, bariton, dll. Semakin panjang dan besar ukulele maka biasanya jangkauan nadanya makin rendah. Tapi ada juga lho, ukulele yang memang memiliki range atau jangkauan nada seperti bass.

Sebuah merek ukulele bernama Kala membuat U-Bass, ukulele yang memiliki senar khusus sehingga memiliki nada rendah seperti bass. Tersedia dalam bentuk akustik atau juga solid body, 4 senar dan 5 senar, fretted atau fretless! Semua model U-Bass ini sudah memiliki elektronik, jadi bisa dicolok ke amplifier bass.

Cukup praktis buat pemain bass jika harus bepergian tapi gak bisa bawa bas yang besar. Cocok juga buat band ukulele, jadi semua alatnya ukurannya sama, janjian hehehe..

Kala U-Bass



Junkyard Ukulele "The Uke"



Satu lagi ukulele dengan desain unik dan sedikit nyeleneh. Ukulele buatan Junkyard Ukulele ini berbentuk seperti tutup botol minuman, dengan tuner yang berada di bodi ukulele sehingga bisa juga dibilang ini ukulele headless.

Ukulele headless sebenarnya gak terlalu asing di kalangan DIY-ers ukulele di berbagai forum atau Pinterest, tapi desain ala tutup botol ini membuatnya beda dari ukulele lain yang masih 'ada' bentuk khas gitar atau bass..

Bisa akustik atau elektrik, dan juga bisa di custom sesuka hati. Cek langsung di Junkyard Ukulele.



Bohemian Guitars Ukulele




Ukulele ini menggunakan material yang tidak biasa, yaitu kaleng bekas oli. Namun tidak dibiarkan standar kaleng begitu saja, mereka menghias dengan motif dan grafik yang menarik. Selain itu, material kaleng bekas sebagai bodinya juga memiliki karakter suara yang berbeda dari bodi ukulele kayu pada umumnya.

Dibuat oleh Adam dan Shaun Lee, mereka terinspirasi untuk membuat gitar dan bass serta uke dari kaleng ketika menghabiskan masa kecilnya di Johannesburg. Karena terbatasnya material dan akses, musisi disana membuat berbagai macam alat musik dari berbagai bahan bekas.

Bohemian Guitar juga membuat gitar dan bass dari bahan yang sama. Lebih lengkapnya bisa lihat langsung di Bohemian Guitars.


Read More : Tips Memilih Gitar Ukulele


Ok, sampai di sini dulu artikel tentang 4 merek ukulele dengan desain paling unik dan inovatif. Nantikan terus berbagai artikel tips dan trik, news, berbagai chord lagu dan artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz! See you next time!

0 comments: