IBX5981FE7FCD958 Tips Rekaman Gitar/Bass Super Murah Tanpa Soundcard!!!

Tips Rekaman Gitar/Bass Super Murah Tanpa Soundcard!!!

Guitarsquartz.net-Halo apa kabar pembaca setia Guitarsquartz, sudah lama tidak berjumpa hehehe.. Tips kali ini kita akan mencoba cara merekam  gitar, bass atau instrumen langsung ke laptop atau komputer kita tanpa menggunakan alat apapun, hanya dengan instrumen kita saja. Tidak perlu soundcard atau peralatan tambahan mahal lainnya!!!!


Bagaimana caranya? Pertama-tama kita membutuhkan sebuah adapter dari jack stereo atau TRS ke minijack 3,5mm. Adapter atau konverter ini hanya satu-satunya alat yang kita butuhkan!! Selain kabel gitar standar tentunya. Untuk yang tidak familiar dengan adapter tersebut, dibawah ini kita bisa melihat gambarnya. 


Selain adaptor tersebut kita juga bisa menggunakan kabel aux 3,5mm yang salah satu ujungnya adalah jack TRS. 


Setelah itu kita bisa langsung mulai merekam bass atau gitar kita langsung ke laptop atau komputer. Kita colokkan kabel dari bass langsung ke konverter tadi. Lalu dari konverter kita masukkan ke Mic Input laptop atau komputer. Input mic tersebut bergambar seperti ini....


Untuk komputer, Mic Input dan Headphone Output biasanya sudah terpisah. Sedangkan untuk laptop, biasanya Mic Input dan Headphone Out menjadi satu di colokan TRRS atau minijack yang belang-nya ada tiga. Kita tetap bisa mencolokkan bass ke Mic Input dengan menggunakan alat tambahan seperti ini. Namanya splitter mic headset atau kadang juga disebut combiner. 
UPDATE : Kita bisa juga menggunakan kabel Aux dan konektor RCA female to 1/4" male, seperti ini..
Aux kabel berkualitas akan menghasilkan hasil rekaman yang lebih bagus

Contoh konektor female RCA to male 1/4"


Pasang konektor di salah satu jack RCA, bisa yang merah atau putih, dari konektor tersebut masuk ke output jack bass. DAW biasanya akan langsung men-detect input sebagai mono.




Lalu dari mini jack TRS kita masukkan ke input mic pada splitter/combiner. Setelah itu langkahnya sama.



Nah setelah sudah terpasang, mari kita buka software recording favorit kita. Bisa Adobe Audition, Fruity Loop atau software apapun yang Anda punya. BIla tidak punya software rekaman, bisa mencoba mendownload Audacity sebagai software pemula untuk belajar merekam. Audacity ini gratis dan sudah dilengkapi berbagai efek.

Kita bisa mencoba untuk merekam. Tekan tombol record (titik berwarna merah) dan coba mainkan instrumen Anda. Jika ada suara keluar, maka akan terlihat pada grafik yang ada di software rekaman tersebut.



Tidak Ada Suara??

Oya, jika tidak ada suara keluar maka kita harus mengubah input mic menggunakan driver sound bawaan laptop atau PC kita. Tapi biasanya software tersebut akan langsung mendeteksi jika ada sinyal suara yang masuk. Oya, input pada software sebaiknya disetting ‘Mono’ sesuai dengan sinyal gitar atau bass yang juga mono. 

Jangan lupa mengatur volume input mic. Volume input ini biasanya ditandai dengan gambar mikrofon. Jika instrumen kita memiliki output yang besar seperti instrumen dengan elektronik aktif, maka sebaiknya volume mic input dikurangi. Jika tidak hasil rekaman bisa terdengar ‘pecah’ dan overload. 

Namun jika instrumen kita pasif (tanpa elektronik aktif atau baterai) maka input mic bisa kita naikkan volumenya. Tapi jika terlalu besar biasanya akan menambah noise. Maka kita sesuaikan dengan kebutuhan. 

Disarankan untuk tidak menggunakan efek. Karena efek cenderung memiliki kekuatan sinyal yang besar dan dapat mengurangi kualitas rekaman serta menambah noise.

Untuk rekaman sederhana atau dalam keadaan urgent, rekaman juga bisa dilakukan tanpa soundcard.


Rekaman ini adalah settingan yang paling mudah dan murah yang bisa kita lakukan, tanpa membutuhkan soundcard eksternal atau peralatan lainnya.



Better Tools = Better Result

Memang untuk hasil rekaman terbaik, maka sebaiknya menggunakan soundcard eksternal yang berkualitas, contohnya Focusrite Scarlet. Semakin bagus alat yang kita gunakan maka tentu saja hasil akhirnya akan lebih bagus juga.

Namun tips kali ini bermaksud menunjukkan bahwa dengan keterbatasan pun kita masih bisa melakukan proses rekaman, walaupun hasilnya tentu saja tidak sebagus rekaman profesional. 

Tips rekaman ini sebagai solusi darurat jika kita membutuhkan merekam sesuatu namun tanpa alat rekaman yang memadai. Simak juga artikel berikut ini tentang cara rekaman dengan smartphone. Seperti biasa, selamat bereksperimen dan belajar merekam gitar/bass!!
 
Sampai disini dulu artikel kita tentang Tips Rekaman Gitar/Bass Super Murah Tanpa Soundcard, sampai jumpa lagi diartikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz!!!