IBX5981FE7FCD958 Tips Menjaga Performa Dan Penampilan Band Agar Tetap Memukau

Tips Menjaga Performa Dan Penampilan Band Agar Tetap Memukau

Leave a Comment

Guitarsquartz.net – Memiliki sebuah band sama seperti merawat tanaman. Harus selalu disiram, diberi nutrisi yang cukup agar selalu terjaga kesehatannya. Band yang hanya asal ngejam dan manggung saja akan kalah dengan band yang selalu menjaga ‘kesehatannya'. 

Sebenarnya cara paling mudah untuk menjaga performa serta penampilan band kita adalah dengan sering latihan band. Semakin sering kita berlatih band bersama, semakin kuat chemistry antar personel dan semakin mahir memainkan lagu-lagu. Terlepas dari tujuan ngeband kita, hanya iseng ataupun sebagai profesi, sebaiknya latihan tetap rutin agar bisa tampil dengan performa terbaik. 

Selain itu latihan secara rutin, ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk selalu menjaga performa dan penampilan band kita agar selalu memukau.

Olah Raga Yang Teratur
Demi menjaga penampilan supaya selalu terlihat segar, ceria dan bertenaga olah raga adalah satu hal penting yang harus dilakukan. Karena dengan berolah raga akan membakar lemak dan menjadikan tubuh kita menjadi lebih bersemangat dan bertenaga untuk menjalani apapun rutinitas kegiatannya. Jadi perlu untuk meluangkan waktu khusus dalam seminggu 2-3 kali olah raga rutin atau minimal 150 menit dalam seminggu itu sudah cukup mewakili untuk meningkatkan performa dan stamina penampilan band kita.

Datang Lebih Awal
Usahakan datang lebih awal, baik saat latihan ataupun ketika ada manggung. Datang latihan tepat waktu dapat memaksimalkan seluruh waktu yang kita punya untuk berlatih dan mempertajam skill kita. Begitu juga saat manggung, datang lebih awal berguna untuk mempersiapkan peralatan serta persiapan mental agar lebih tenang dan rileks. Kedua hal tadi tidak akan bisa kita lakukan jika datang terlalu mepet atau terlambat latihan. Yang terjadi kemudian adalah grogi dan gugup, membuat band kita tidak bisa tampil maksimal dan memukau. 

Sering Manggung
Kita dapat mengenali dengan mudah, mana saja band yang sudah sering manggung dengan band yang baru beberapa kali tampil. Cobalah ikut audisi berbagai acara atau festival musik, mulai dari acara agustusan di RT kita hingga panggung besar dengan sponsor brand ternama. Coba dan rasakan berbagai panggung berbeda, mulai dari yang kecil hingga besar. Semakin kita sering tampil, kita menjadi semakin biasa menghadapi berbagai masalah di panggung dan juga menghadapi audiens yang berbeda-beda.

Servis Alat Musik Teratur
Selain kendaraan atau komputer, alat musik kita juga harus sering mendapat perawatan. Instrumen yang kurang terawat tidak akan membuat kita nyaman memainkan alat musik. Baik itu gitar, bass, keyboard, drum semuanya harus mendapatkan perawatan secara teratur. 

Jika Anda bisa melakukan perbaikan atau servis alat musik sendiri, sangat bagus. Tetapi jika kita tidak memiliki ketrampilan, kita bisa membawanya ke luthier atau pembuat gitar terdekat. Mintalah agar gitar atau bass kita disetting senyaman mungkin. Pastikan elektronik berfungsi sempurna tanpa noise serta neck gitar atau bass dalam keadaan lurus tanpa fret buzz atau suara sumbang di fretnya. Alat musik dengan setting terbaik akan sangat menambah performa band kita. 

Kenali Venue/Soundcheck
Sebuah acara atau festival musik biasanya menyediakan jadwal soundcheck sebelum hari H, namun kadang ada juga acara dimana kita tidak diberi jatah soundcheck. Jika kita tidak termasuk ke dalam band yang kebagian jatah soundcheck, ada baiknya kita datang melihat venue (tempat manggung) minimal sehari sebelum kita tampil. Tujuannya adalah kita bisa mengenal lokasi dan panggung seperti mengetahui tempat colokan listrik, sound dan amplifier yang digunakan, dll. Kita juga bisa memperkirakan kebutuhan ekstra apa saja yang harus dibawa (bila ada), seperti kabel listrik contohnya. 

Jalin Komunikasi Yang Baik Dengan Soundman
Hehehe... memang tidak setiap manggung kita mendapatkan sound yang bagus. Namun kita bisa mengupayakan mendapat sound maksimal setiap tampil, yaitu memiliki peralatan musik berkualitas baik, serta berkomunikasi dengan soundman. Jika kita kebetulan mendapat soundman yang handal dan komunikatif di tempat kita manggung, maka seharusnya tidak ada masalah. Terkadang ada juga soundman yang ketus dan tidak ramah, hehehe. Tapi rata-rata setiap soundman yang saya temui semuanya baik, ramah dan mau membantu. 

Untuk mempermudah komunikasi dengan soundman, sebaiknya kita juga mempelajari sedikit istilah audio, minimal berbagai macam koneksi kabel audio.

Satu hal harus di ingat, kita harus mempercayakan sound kita pada soundman. Sejelek apapun sound kita di panggung, itu adalah yang terbaik yang bisa kita dapat. Karena soundman juga harus memperhitungkan keterbatasan alat, atau misalnya harus mengatasi speaker monitor pecah suaranya oleh band yang tampil sebelum kita hehehe.. Intinya, kita harus komunikatif dan sabar terhadap soundman di venue tempat kita main. 

Yang Paling Penting..... Latihan Rutin
Dari semua tips di atas, mungkin inilah yang paling penting. Semakin sering berlatih, ngejam, ataupun menghabiskan waktu bersama dengan personel band akan semakin meningkatkan chemistry dan skill permainan band kita. Selain melatih lagu yang sudah sering dimainkan, ada baiknya juga untuk berlatih lagu yang belum pernah dimainkan atau lagu dengan kesulitan yang lebih tinggi. Waktu latihan rutin penting juga untuk menjaga dan mempertahankan skill bermusik, dimana hal tersebut adalah ukuran penampilan dan performa musisi. Latihan seminggu sekali selama dua jam jauh lebih berguna dari pada latihan 5 jam sebulan sekali. 

Kesimpulan

Tetap Percaya Diri....
Pada akhirnya, puluhan kali latihan harus dibuktikan diatas panggung. Kadang ada rasa ragu, grogi dan gugup. Apalagi saat tampil setelah band dengan penampilan yang prima dengan sound sempurna, dengan alat musik yang mungkin berharga 10 kali lipat harga alat kita. Tapi kita tidak boleh sedikitpun gentar atau gugup, karena kita sudah berlatih dan naik panggung berkali-kali untuk meningkatkan penampilan dan performa band kita. Kita harus yakin dan percaya pada kemampuan kita sendiri, bahwa band kita tidak kalah secara skill dan performa, walau dengan alat terbatas sekalipun. Jika kita sudah latihan dengan tekun dan displin, maka kita tidak boleh gentar dengan band manapun yang sepanggung dengan kita. 

Ok, demikianlah beberapa tips untuk menjaga agar penampilan band kita tetap memukau. Nantikan terus berbagai macam artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz.


0 comments: