IBX5981FE7FCD958 Berbagai Merk Senar Gitar Terbaik

Berbagai Merk Senar Gitar Terbaik

Leave a Comment


Guitarsquartz.net- Senar merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah gitar, baik akustik maupun elektrik. Untuk saat ini kita akan membahas senar gitar elektrik dulu.

Ada berbagai merk yang bisa kita pilih untuk digunakan pada gitar listrik kesayangan kita. Ada sangat banyak senar yang berasal dari beragam pabrik senar di seluruh dunia, jadi disini saya berusaha untuk membuat list atau daftar senar terbaik yang masih bisa ditemui di Indonesia.

Perusahaan Pembuat Senar Gitar
Sebelum sampai ke list, ada baiknya kita berkenalan dengan berbagai produsen senar gitar terbaik yang namanya mungkin tidak asing di telinga Anda. D’addario adalah senar gitar asal Amerika yang paling mudah ditemukan di toko musik. Sayangnya, harga senar ini yang cukup terjangkau membuat sering juga dipalsukan. Jadi pastikan untuk membelinya di toko musik terkemuka yang sudah terjamin.

Selanjutnya ada juga senar dengan merk Elixir. Senar yang memiliki lapisan khusus anti karat ini cukup tenar akhir-akhir ini, meskipun ada yang pro dan kontra soal kualitas suara atau tone yang tidak sama dengan senar biasa. Hal yang subjektif tentu saja, jadi percayakan saja kuping Anda hehe. Jim Dunlop adalah satu nama yang tenar bukan hanya soal senarnya yang berkualitas, namun juga karena berbagai efek gitar dan bass yang dibuatnya.  Lalu ada juga senar dengan merek Rotosound, yang pernah juga dipakai oleh Brian May.

Dibawah ini adalah list beberapa merk senar gitar terbaik yang bisa Anda beli dan temukan dengan cukup mudah.
·         D’addario
·         Jim Dunlop
·         Elixir
·         GHS Strings
·         DR Strings
·         SIT Strings
·         Dean Markley
·         Black Smith
·         La Bella
·         ErniBall
·         Fender
·         Gibson
·         EVH

Tentu saja dengan kemajuan jaman, kita bisa memesan senar dari manapun asal memiliki akun Ebay atau Paypal. Sudah banyak juga yang mengimpor senar dengan berbagai merk yang jarang ditemui di Indonesia.

Senar Buatan Lokal?
Adakah produsen senar dalam negeri? Tentu saja ada. Diantaranya adalah Jxi dan Djabon Strings. Sayangnya dokumentasi tentang pembuat senar gitar lokal belum terlalu banyak, jadi dua nama diatas adalah yang paling sering ditemukan di toko-toko online ataupun medsos.

Senar Gitar Terbaik
Lalu manakah senar terbaik? Hal ini tidak bisa dijawab dengan menyebut satu merk senar tertentu. Belum tentu senar dengan harga yang paling mahal cocok dengan gitar yang Anda miliki. Karena setiap senar gitar memiliki karakter yang berbeda-beda pula. 
Cara mengetahui senar apa yang paling cocok dengan karakter permainan serta instrumen kita, tidak ada cara lain kecuali dengan mencoba berbagai merk senar gitar. Mencoba gitar teman atau musisi lain yang memiliki senar berbeda dengan yang kita pakai juga cukup berguna untuk mengetahui berbagai macam karakter senar yang berbeda.

Ada juga yang mengatakan semua senar gitar sama saja, yang penting adalah skill permainan. Pendapat yang tidak salah juga, namun senar yang tepat akan membuat kita lebih enjoy dan nyaman dalam bermain gitar. Topik seputar memilih senar gitar akan kita bahas di artikel yang lain.
Sampai jumpa di artikel berikutnya.




0 comments: