Tips Rekaman Yang Baik Yang Harus Diketahui

Leave a Comment

Guitarsquartz.net - Impian pertama bagi semua musisi baik itu penyanyi solo atau band adalah bisa rekaman dan hasil nya enak didengarkan. Untuk menghasilkan suatu karya musik yang bagus dan berkualitas memang tidak mudah, semua perlu proses dan persiapan yang matang. Kali ini saya akan berbagi tips rekaman yang baik dan hal apa saja yang harus diperhatikan.

Berikut ini saya ulaskan beberapa tips rekaman yang baik yang harus diketahui:

Posisi MIC harus tetap dari awal sampai akhir
Pada saat mau mulai take vocal usahakan posisi MIC nya harus tetap dan usakan tidak berubah2 dalam satu take di track yang sama misalnya untuk vocal jangan sampai di lirik baris pertama, kedua dan reff posisi mic nya berubah. Jadi posisinya harus lurus sama MIC! kalau misalnya posisi awalnya MIC nya ditetapkan lurus, ya sampai akhir juga harus lurus supaya hasil soundnya stabil. Kenapa harus tetep atau lurus posisi MIC nya? karena akan memudahkan proses mixing nantinya. Catatan: Sebelum take vocal, pilihlah MIC yang tepat sesuai dengan karakter suara vocal anda.

Tegas saat memainkan alat instrumennya
Usahakan hindari memetik gitar atau bas atau memukul drum terlalu pelan, karena jika memetik gitar terlalu pelan output kedengaran kecil dan gain nya kurang keluar, soundnya juga kedengeran lembek dan berpengaruh terhadap dengan hasil akhir, apalagi jika kamu bermain genre musik rock, metal, punk memetik gitarnya harus tegas baik itu permainan untuk rhythem atau solo.

Jangan mengajak orang atau temen yang tidak ada fungsinya saat rekaman
kebiasaan band saat rekaman biasa suka mengajak orang atau teman-temannya supaya keliatan keren wah dan menunjukan ego nya kalau band kita akan rekaman. Tapi disini coba kamu berfikir kembali apa keuntungannya jika saya bawa orang atau teman yang tidak ada fungsi saat rekaman? Jadi menurut pengalaman pribadi, kamu cukup bawa personil saja, manager, dan kru kalau ada itu saja sudah cukup. Kenapa? supaya kamu bisa lebih fokus dan menghindari bercanda yang akan menghabiskan waktu dan menghabiskan sift rekaman. Kecuali jika band kamu mau manggung baru bawa orang atau temen- temennya untuk mensupport band kamu.

Materi dan komposisi musik harus sudah terkonsep sedari awal
Sedari awal pastikan komposisi musik aransement dan semua materi isian semuanya harus sudah terkonsep. Kenapa harus terkonsep? supaya hasilnya tidak asal-asalan. Soalnya kalau belum terkonsep dan mencari-cari aransement materi distudio akan menghabiskan waktu dan tenaga dan waktu sift rekaman dan harus menambah sift rekaman lagi tentu keluar uang juga. Ya kalau hasilnya hasil akhir juga bakal kurang maksimal

Harus fokus dan konsentrasi penuh saat rekaman
Disaat rekaman usahakan untuk selalu konsentrasi dan fokus, usahakan menghindari bercanda dengan yang lain saat rekaman dan harus benar-benar diperhatikan apa yang dimainkan. Jika kamu tidak konsentrasi dan fokus nanti pas hasil rekaman akan ketahuan hasilnya yang tidak sesuai harapan dan tidak bisa dirubah lagi dan jika kalau mau merubahnya ya harus dibayar lagi sift rekamannya. Cape Deh!

Hindari part instrument yang belum bisa dimainkan atau dikuasai
Sangat ditekan untuk menghindari isian permainan part yang belum bisa dimainkan. Misalnya nada vocal yang terlalu tinggi, atau isian gitar yang terlalu cepat dan ribet atau belum bisa main rapi. Kenapa harus dihindari? karena efek nya akan menghabiskan waktu sift rekaman juga buat mengulang-ulang isian part yang masih belum dikuasai itu. Jadi ini penting harus di hindari ya!

Dilarang cerewet kepada operator rekaman
Disaat kamu sudah memulai sesi take vocal atau gitar usahakan untuk jangan terlalu cerewet sama si operator recordingnya atau sok mengajarkan. Karena bisa membuat operatornya bisa kesa dan mempengaruhi moodnya. Usahakan kamu harus menjaga komunikasi yang baik dengan operator, karena hasil akhir ada ditangan operatornya. Disini perlu ditekankan komukasi yang tepat sasaran supaya hasil maksimal.

Harus mensupport dan memotivasi sesama personil saat rekaman
Pada saat teman atau personil band kita take vocal atau gitar diusahakan harus saling mensupport dan memotivasinya. Hindari marah - marah atau menganggap remeh temen personil jika nge take nya salah. Jika itu terjadi akan mempengaruhi personil yang lainnya juga jadi kurang fokus dan grogi. Jadi berikankan dukungan motivasi supaya nge take nya berhasil.

Lakukan selalu stem gitar atau bas disetiap sesi rekaman
Disetiap sesi take rekaman baik itu intro, reff, atau akhir lagu usahakan untuk selalu menstem atau men tuning kembali alat musik nya supaya tidak false dan menghasilkan rekaman yang maksimal

Pilih senar yang tepat saat rekaman sesuai dengan genre yang dimainkan
Sebelum rekaman harus sudah dipersiapkan senar gitar yang tepat sesuai dengan genre musik yang kamu mainkan. Hindari memakai senar yang tipis kalau main musik yang Drop tuningnya rendah misalnya drop C atau Drop B. Karena jika senar tipis dimainkan di Drop rendah hasilnya akan sember dan hasilnya nadanya keliatan fals dan tidak stabil. Jadi kalau mau main di Drop tuning rendah usahakan pakai senar yang tebal ukuran 0.64 untuk hasil yang baik dan maksimail

Sekian tips untuk rekaman atau recording dari saya semoga bermanfaat. Terima kasih


0 comments: