IBX5981FE7FCD958 Tips Rekaman Gitar Yang Simpel dan Berkualitas Dengan Smartphone

Tips Rekaman Gitar Yang Simpel dan Berkualitas Dengan Smartphone

Leave a Comment


GuitarSquartz.net – Halo apa kabar pembaca setia Guitarsquartz, semoga Anda selalu dalam keadaan sehat dan baik. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas rekaman gitar sederhana dengan smartphone, baik android atau Apple.

Kalau dulu rekaman mobile harus menggunakan kaset dan alat perekam yang berukuran cukup besar, kini sudah tidak perlu lagi. Kecanggihan teknologi memungkinkan kita untuk berlatih dan merekam ide gitar dimana saja, hanya dengan modal sebuah smartphone dan gitar. Kini rekaman gitar menjadi jauh lebih simpel dan hasil rekamannya pun bisa disetarakan dengan home recordi. Namun ada berbagai tips dan trik menarik untuk semakin memaksimalkan rekaman gitar dengan smartphone. Seperti tips dan triknya? Mari kita lihat di bawah ini....

Interface
Interface digunakan untuk menghubungkan gitar kita dengan input smartphone. Contohnya Joyo Iplug, iCON Iplug G. Ada beberapa Interface yang harus menggunakan software resminya, seperti iRig misalnya. Namun untuk sebagaian besar aplikasi rekaman tidak membutuhkan Interface khusus, umumnya untuk smartphone Android. Namun untuk iRig memang diwajibkan kita untuk menggunakan Interface khusus yang sudah disediakan.
Untuk harga sendiri, berbagai inter face ini berkisar mulai dari 200 ribu hingga jutaan Rupiah, kita tinggal menyesuaikan dengan budget saja h eheheh. Yang jelas harga tidak berbohong hehehe.

Kabel Harus Bagus
Gunakanlah kabel yang berkualitas. Karena direkam langsung ke smartphone kita, maka detail permainan kita sangat jelas terdengar. Kabel yang baik juga berpengaruh pada hasil akhir rekaman kita nantinya. Carilah kabel berkualitas dengan kapasitansi yang rendah, seperti pada kabel-kabel buatan Planet Waves, Mogami atau Dimarzio. Tentu ada banyak merk lainnya, pastikan dulu kabel tersebut memiliki kapasitansi rendah. Kabel jenis ini cenderung lebih clear dan jelas suaranya.


Headset/Headphone Over-Ear
Kita bisa menggunakan berbagai jenis headphone atau headset,  tapi akan lebih baik menggunakan headphone yang memiliki desain over ear atau menutup daun telinga. Tujuannya agar kita lebih fokus melakukan rekaman dan mampu memonitor seandainya sound gitar kita membutuhkan perbaikan. Gunakan juga headphone atau headset yang memiliki flat response, maksudnya adalah headphone tersebut bersuara netral dan tidak menambah bass atau frekuensi lainnya. Hal tersebut agar memudahkan kita bila nanti membutuhkan editing lebih lanjut pada rekaman kita.

Matikan Aplikasi Lain
Latency atau keterlambatan sinyal dari gitar ke smartphone memang bisa terjadi. Umumnya setiap aplikasi rekaman memiliki setting latency. Jika kita memilih latency ‘extra low’ atau ‘low’, maka telinga kita tidak akan terlalu mendeteksi keterlambatan suara. Tapi dengan setingan tersebut bisa dipastikan kerja CPU smartphone kita akan meningkat,  dan mungkin akan sedikit mengurangi kenyamanan bila suatu saat aplikasi tersebut mengalami crash. Untuk mengurangi risiko crash, kita bisa mematikan koneksi data dan menutup aplikasi lain.

Aplikasi Rekaman
Ada cukup banyak aplikasi rekaman yang bisa kita gunakan. Mulai dari iRig, Positive Grid, Amplitube, dan lain-lain. Ketiga aplikasi di atas kebetulan merupakan aplikasi berbayar. Ada banyak juga aplikasi gratis, walaupun tentu saja kualitas suaranya kalah superior dibandingkan ketiga aplikasi tadi. Tapi sekali lagi lebih direkomendasikan untuk menggunakan aplikasi rekaman berbayar karena memiliki fitur lebih lengkap serta kualitas suara yang baik. 

Demikian Tips rekaman gitar yang simple dan berkualitas dengan smartphone, simak terus berbagai artikel menarik  seputar musik hanya di Guitarsquartz.net



0 komentar: