Tips Untuk Memilih Senar Gitar Elektrik

Leave a Comment

Guitarsquartz.net- Jika pada artikel sebelumnya kita mengenal berbagai macam senar gitar terbaik, sekarang saatnya untuk mengenal senar gitar elektrik apa saja yang cocok untuk gitar kesayangan Anda. Senar, baik untuk bass maupun gitar, akustik atau elektrik, adalah tema yang cukup menarik untuk dibahas. Karakter suara yang dihasilkan sebuah senar amat dipengaruhi oleh teknik pembuatan serta jenis material yang dipakai. Selain itu ukuran senar yang berbeda-beda akan mempengaruhi tension atau tegangan senar. 

Begitu banyak faktor dalam pembuatan sebuah senar, dan tidak akan cukup dibahas dalam satu artikel saja, hehe. Namun mari kita lihat beberapa tips yang bisa membantu kita untuk memilih senar gitar elektrik yang tepat, sesuai dengan karakter permainan dan gitar Anda.

Ukuran
Ukuran senar gitar atau bass elektrik dinyatakan dalam seperseribu inci. Jadi jika kita membeli senar berukuran 09-42, maksudnya adalah mulai dari ukuran 0,009 inci dari senar terkecil hingga ukuran 0,042 inci (senar terbesar/E rendah). Sekedar untuk menambah pengetahuan kita saja.

Lalu apa pengaruh dari ukuran-ukuran tersebut? Seperti yang sempat dibahas pada paragraf sebelumnya, ukuran senar akan mempengaruhi tension atau seberapa tegang senar tersebut. 

Contohnya, senar dengan ukuran 11-52 akan terasa lebih sulit dimainkan dibandingkan senar 09-42 misalnya. 

Para pembuat senar menyediakan senar gitar elektrik dengan berbagai ukuran untuk memenuhi kebutuhan pemain gitar yang bermacam-macam. Ada yang menyukai senar kecil agar lebih ringan dimainkan serta memudahkan bending, ada juga yang menginginkan senar besar untuk kebutuhan down-tune atau seteman rendah (lebih rendah dari seteman, E A D G B E).

Ukuran senar yang paling sering digunakan adalah 10-46. Ukuran ini bisa dijadikan acuan dalam pemilihan senar gitar Anda. Bila terasa terlalu keras, Anda bisa mengganti senar dengan ukuran 09-42. Jika ukuran 10-46 terasa terlalu slack atau longgar, kita tinggal menaikkan ukuran senar.
Seperti yang Anda lihat, membahas ukuran senar pun bisa menjadi materi artikel tersendiri hehehe. 

Untuk detailnya, mari kita lanjut ke poin berikutnya. 

Bahan
Ada dua bahan utama sebagai material senar, yaitu stainless steel dan nickel. Karaktersitik kedua bahan senar gitar ini berbeda. Senar stainless steel memiliki ciri khas suara gitar yang bright (banyak treble nya) sedikit lebih lantang dari pada nickel. Nickel sendiri memiliki suara yang balance dan tidak terlalu bright seperti stainless. 

Senar yang dibuat dari stainless cenderung sedikit lebih awet, sesuai dengan namanya, dibuat dari baja antikarat. Nickel memang tidak memiliki umur pakai seperti stainless, tapi senar nickel adalah yang paling sering digunakan.

Secara harga senar stainless memang lebih mahal. Namun senar ini cukup disukai para musisi rock dan metal karena mampu menghasilkan suara yang lebih agresif. Nickel, lebih sering digunakan untuk pop, rock, alternative dan lain-lain.

Tapi seperti yang pernah saya bahas di artikel sebelumnya, biarkan telinga Anda yang memutuskan. Banyak juga musisi pop yang menggunakan senar stainless, dan sebaliknya. Bebaslah bereksperimen, ini musik, bukan ilmu pasti!!


Flatwound/Roundwound

Mari kita coba menjelaskannya dengan mudah. Secara konstruksinya, senar terdiri dari satu core (inti) kawat yang dililit/dibungkus dengan kawat lainnya. Jadilah sebuah senar gitar hehehe. Ada dua jenis bentuk kawat yang digunakan, round dan flat. 

Tipe lilitan roundwound adalah yang paling sering kita gunakan dan paling banyak tersedia. Karakter suaranya, kita semua sudah tahu. Senar gitar yang Anda pakai sekarang kemungkinan besar adalah roundwound.

Tipe lilitan flatwound menghasilkan suara lebih mellow, lebih kalem dengan kadar treble yang jauh lebih sedikit dibandingkan roundwound. Senar ini cukup jarang ditemukan. Biasanya digunakan untuk gitar hollowbody, terutama untuk genre jazz yang membutuhkan suara yang warm (sedikit treblenya) dan mengejar karakter vintage.

Flatwound juga lebih halus untuk melakukan slide, karena bentuk permukaan senarnya yang rata, tidak bertekstur seperti roundwound.

Sekadar untuk menambah informasi saja, beberapa perusahaan pembuat senar gitar juga menawarkan tipe halfwound/halfround. Senar jenis ini memiliki tekstur halus flatwound namun dengan suara yang mendekati roundwound yang bright dan clear.  

Ada juga tipe nylon tapewound, yang menggunakan kawat lilitan dari nilon untuk suara yang lebih vintage dan mellow. Kedua tipe senar tadi biasanya untuk bass sih hehehe. 

Masih kuat?? OK, lanjut!!

Coating
Perkembangan musik sejalan dengan perkembangan teknologi. Saat ini banyak kemajuan teknologi kita rasakan juga dampaknya pada aksesoris musik. Contohnya, senar gitar elektrik.

Senar gitar memiliki masa pakai paling lama satu minggu, dengan kondisi dimainkan setiap hari, sering dibawa manggung dan terekspos kelembapan. Penelitian juga sudah membuktikan, ada beberapa orang yang senarnya cenderung  mati (tumpul suaranya, karatan) senarnya lebih cepat dibandingkan orang lain karena kadar asam pada keringatnya lebih tinggi. 

Karena itu dikembangkanlah teknologi coating atau lapisan tipis pada permukaan senar untuk mencegah dan memperlambat proses korosi (karat) pada senar. Dan karena kecanggihan teknologi pula, senar dengan coating antikarat suaranya tidak jauh berbeda dengan senar tanpa lapisan apapun. Senar ini bisa tahan beberapa kali lipat lebih lama dibanding senar biasa.

Tapi harganya juga lebih mahal, bisa dua tiga kali lipat harga senar gitar elektrik konvensional.  Contoh senar dengan coating adalah Elixir, DR String yang tipe Neon, Black Beauties, dan Red Devils. Sudah banyak pembuat senar dengan teknologi coatingnya masing-masing.

Semoga beberapa tips memilih senar gitar elektrik diatas dapat memberikan gambaran saat Anda ingin membeli atau mencoba senar baru. Tips diatas juga tidak saklek atau kaku. Selama Anda cocok dengan senar pilihan Anda, itulah yang terpenting.

Dan juga jangan takut bereksperimen, bebaskan imajinasi dan kreasi, selama waktu dan budgetnya masih ada, hehehehe......
Teruskan bermain gitar, dan tunggu berbagai artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz. Sampai jumpa.




0 comments: