IBX5981FE7FCD958 5 Efek Boss Jadul Yang Masih Dicari Dan Digunakan !!

5 Efek Boss Jadul Yang Masih Dicari Dan Digunakan !!

Leave a Comment
Guitarsquartz.net -  Efek pedal Boss adalah salah satu brand yang mengawali tren 'stompbox', efek gitar dan bass yang berukuran kecil dan bisa dipasangkan dengan efek lainnya sesuai kebutuhan. Nama Boss juga identik dengan kualitas dan ketahanan efek sampai bertahun-tahun.


Efek Jadul Tapi Masih Dicari

Perusahaan pembuat efek tidak melakukan update dan pembaruan pada semua line-up efek mereka. Bisa jadi beberapa efek kurang laku atau tidak memberikan keuntungan dari segi ekonomi.

Atau bisa juga karena suara dari efek tersebut tidak masuk tren atau 'tenggelam' ditutupi berbagai jenis musik lain yang sedang populer saat itu.

Boss sempat membuat beberapa efek yang sangat disukai gitaris pada tahun 80-an atau awal Boss berdiri. Efek-efek tersebut ikut memberi ciri khas dan warna pada musik-musik jadul yang kita dengar.

Sayangnya beberapa efek tersebut kemudian di stop produksinya atau istilahnya 'discontinued' karena beberapa alasan tadi. Tapi ternyata kecintaan musisi terutama gitaris pada efek-efek jadul tidak berhenti.

Beberapa efek Boss yang dimaksud adalah : Boss HM-2, OC-2, DM-2, DC-2, dan SG-1. Kelima efek ini sudah tidak diproduksi lagi namun karakter suaranya sangat disukai dan disenangi gitaris. Karena itu harga jual efek-efek tadi naik dan menjadi cukup mahal.

Kelima efek tadi juga masih terus digunakan di studio rekaman dunia  dan di pedalboard gitaris sampai sekarang. Karakter suara yang unik tidak bisa tergantikan dengan efek baru yang lebih canggih rupanya..


Ditiru Tapi Tetap Tak Sama

Pembuat efek seperti Behringer dan TC Electronic juga membuat beberapa 'clone' atau interpretasi mereka pada pedal efek Boss klasik.

Behringer seperti kita tahu membuat beberapa efek yang 'terinspirasi' dari efek-efek legend di atas, sedangkan TC Electronic baru saja mulai membuat berbagai efek stompbox berbasis berbagai efek jadul salah satunya Boss.

Tapi bagi tone chaser sejati, efek tersebut tidak sama dengan keluaran Boss asli, dan lebih memilih berburu di marketplace online untuk mendapat efek Boss jadul yang otentik hingga ke nomor seri dan tahun pembuatannya. Dan tidak segan menghabiskan cukup banyak uang untuk itu.

Lima Efek Boss Legendaris Itu..

Tentu ada banyak efek Boss lain yang cukup legend dan pantas masuk list ini, tapi efek-efek ini masih bisa ditemukan dan yang paling penting masih digunakan untuk proses rekaman.

Mari kita lihat lebih dalam penjelasan masing-masing efek !

Boss HM-2 


Pada awalnya Boss HM-2 dibuat dan dipasarkan di tahun 80-an awal. HM-2 memiliki kalimat jualan 'memiliki suara seperti ampli Marshall stack' untuk menarik hati para gitaris metal kala itu.

Sayangnya taktik marketing Boss gagal, dan juga karena HM-2 sama sekali tidak terdengar seperti ampli Marshall sungguhan.  HM-2 hanya dibuat sampai tahun '91 sebelum akhirnya berhenti diproduksi.

HM-2 pun mulai dilupakan orang hingga sebuah band metal Swedia bernama Entombed menggunakan HM-2 dalam album Left Hand Path (1990). Suara gitar dalam di album tersebut sangat khas dan tajam, media musik menyebutnya 'buzz saw tone'.

HM-2 kemudian digunakan oleh band-band metal Swedia lainnya seperti Carnage dan Dismember. Efek ini pun menjadi elemen penting untuk mendapatkan suara gitar yang disebut sebagai  'Swedish Death Metal Tone'

Pengaruh suara gitar metal ala Swedia tadi pun menyebar ke berbagai band metal saat ini. Berpadu dengan teknologi rekaman modern, HM-2 telah menjadi senjata rahasia para produser rekaman metal untuk suara gitar yang heavy dan menggigit.

Sayangnya HM-2 semakin jarang ditemukan. Karena itu jika Anda punya satu, jangan buru-buru dijual.

Boss OC-2


Boss sebenarnya sudah mengupdate OC-2, yaitu BOSS OC-3. Walaupun OC-3 memiliki fitur yang lebih lengkap, nyatanya masih banyak juga yang ingin menggunakan OC-2.

Ada yang berpendapat bahwa OC-2 memiliki kualitas suara dan tracking not yang lebih presisi dibanding OC-3. Tapi tidak sedikit juga yang mengatakan tidak ada perbedaan jauh diantara kedua efek tersebut.

Terlepas dari kedua perbedaan pendapat tersebut, yang jelas OC-2 masih banyak dicari dan diperebutkan sampai saat ini. Terutama oleh pemain bass.

Bassist menyukai karakter suara oktaf yang seperti synthesizer. Terdengar tebal dan solid layaknya keyboard synth aseli.

OC-2 juga mantap digabungkan dengan berbagai efek seperti fuzz dan distorsi untuk suara synth yang lebih tebal lagi.

Salah satu pengguna OC-2 adalah session bass legend Tim Levebvre. Ia dikenal menggabungkan beerbagai efek dengan OC-2 untuk mendapatkan suara synth bass yang unik.


Boss DM-2


Boss DM-2 adalah analog delay yang dibuat Boss mulai tahun 1981. Berbeda dengan kebanyakan delay jaman sekarang, DM-2 menggunakan komponen chip 'BBD'. Hasilnya adalah suara delay yang lebih warm dan soft. DM-2 juga bisa menghasilkan efek unik bila knob rate-nya  yang diputar sampai maksimal.

Sayangnya DM-2 hanya diproduksi sampai 1983, sebelum kemudian digantikan oleh DM-3 yang tidak begitu disukai. DM-2 tetap menjadi standar untuk suara analog delay yang kaya karakter dan warm.

DM-2 asli buatan '81 kini semakin jarang ditemukan. Tapi mungkin kita bisa menemukan beberapa di marketplace online seperti Reverb.com . Dan mungkin harganya bakal cukup mahal juga.

Untuk yang ingin merasakan DM-2, Boss juga membuat updatenya bernama  DM-2w Waza Craft, semacam DM-2 versi modern dengan 2 pilihan karakter suara.


Boss DC-2


Efek ini adalah efek chorus yang terkenal buatan Boss. Tapi bukan efek chorus biasa. Chorus yang dihasilkan sangat jernih dan wide, seperti ada sedikit flanger dan reverb.

Sesuai namanya, memainkan gitar elektrik lewat DC-2 membuat gitar terdengar lebih 'besar' dan 'mewah', dan juga memberikan ketebalan pada suara gitar. Efek chorus yang terlalu berlebihan dapat membuat suara gitar menjadi kabur dan samar

DC-2 juga memiliki kontrol yang unik, tidak seperti efek chorus lainnya. Hanya ada 4 tombol tekan, tanpa knob putar atau volume output. Layout yang sangat sederhana dengan suara yang unik, menjadikan DC-2 favorit gitaris saat rekaman.

DC-2 masih bisa ditemukan dengan mudah di berbagai marketplace online, hanya saja harganya juga sudah mahal dan jarang yang dalam kondisi lengkap.

Tapi seperti DM-2, Boss juga mengeluarkan DC-2w Waza Craft untuk yang ingin merasakan DC-2 versi modern.


Boss SG-1


Mungkin efek yang paling jarang ditemukan dan paling mahal dalam list ini, Boss Slow Gear-1 atau SG-1.

Boss SG-1 sederhana nya adalah efek volume swell, atau seperti kita menggunakan pedal volume secara perlahan untuk mendapatkan efek seperti biola. Boss SG-1 hanya memiliki 2 knob kontrol, yaitu Sens dan Attack.

Sebenarnya efek sejenis volume swell atau envelope volume bisa kita temukan di berbagai multi efek digital. Belakangan TC Electronic membuat efek bernama Auto Swell yang sejatinya terinspirasi dari Boss SG-1.

SG-1 sering dipasangkan dengan efek reverb atau modulasi untuk mendapatkan efek suara yang dramatis dan cinematic. 

Efek sejenis SG-1 mungkin sudah cukup banyak di pasaran. Tapi SG-1 menjadi yang paling jarang dan mahal karena memang paling tua dan memiliki nilai historis sebagai salah satu efek stompbox pertama buatan Boss.


Ok sampai disini dulu artikel singkat kita, semoga bermanfaat bagi para pembaca Guitarsquartz.net ! Jangan lupa nantikan terus berbagai artikel menarik seperti news musik, tips dan trik, berbagai chord lagu terbaru, berbagai aksesoris gitar dan bass, serta artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz.net !!

Artikel Rekomendasi Lainnya : 




0 comments: