7 Efek Gitar Termahal Di Dunia

Leave a Comment
Guitarsquartz.net-Apakabar pembaca setia Guitarsquartz? Kali ini membahas salah satu benda yang paling sering dicari dalam forum jual beli alat musik, yaitu efek gitar hehehe. Efek gitar seperti apa yang akan kita bahas kali ini?



Kali ini kita akan membahas efek-efek gitar termahal yang pernah dibuat. Efek gitar memang salah satu alat terpenting dalam perkembangan pergitaran. Apa jadinya Jimmi Hendrix tanpa fuzz?? hehehe..... ya bikin Little Wing. Jimmi adalah salah satu contoh musisi yang mempopulerkan penggunaan efek untuk menambah variasi sound gitar. 

Belum lagi dengan The Edge. Gitaris band U2 memiliki rangkaian efek gitar yang mungkin sebesar lemari baju kita hehehe. Seperti yang terlihat di salah satu film dokumenter, dimana ia menjelaskan rangkaian efeknya yang super rumit. Hal ini adalah bukti lainnya jika efek adalah bagian tak terpisahkan dari sejarah gitar dunia. 

Karena itu mulai muncul pembuat efek gitar butik yang membuat efek dengan parts terbaik dan handmade, karena itu harganya bisa jadi cukup mahal. Apalagi jika efek tersebut memiliki sejarah dan cerita dengan salah satu musisi dunia, maka efek tersebut bakal jadi memorabilia atau barang koleksi yang harganya bakal jauhh lebih mahal lagi. 

Efek yang unik, memiliki nilai sejarah, atau memang dibuat sangat terbatas dengan parts berkualitas no 1, membuat efek-efek gitar tersebut berharga sangat mahal. Tapi tetap diburu para musisi ataupun orang yang hobi musik, yang mampu membelinya tentu saja.

Seperti apakah contoh efek-efek gitar yang berharga luar biasa mahal tersebut? Mari kita lihat berikut ini..



Roland Space Echo RE-201
Sebuah digital delay yang amat legendaris buatan Roland. Berbeda dengan Boss (Boss dan Roland masih satu perusahaan) RE 20 yang berukuran sebesar pedal efek gitar, Space Echo RE 201 berbentuk seperti koper yang cukup besar. 

RE 201 terkenal di jamannya, tahun 70’an hingga akhir 80’an, sebagai unit tape delay yang bisa diandalkan. Beberapa tape delay jaman itu ringkih dan mudah rusak, tapi RE 201 cukup tangguh untuk pemakaian studio dan manggung. Sound delay dan ambient unik yang dihasilkan RE 201 membuat banyak musisi menggunakannya. RE 201 juga masih digunakan oleh musisi saat ini, mulai dari Radiohead hingga Bon Iver. 

Jika ingin membelinya, siapkan dana sekitar 1000 dollar Amerika. Kalau kemahalan, beli multiefek digital aja hehehehe....




Klon Centaur
Mungkin efek ini adalah salah satu yang paling terkenal diantara efek-efek gitar lainnya. Klon Centaur diklaim memiliki karakteristik overdrive seperti amplifier sesungguhnya, dan menghasilkan boost dan drive yang transparan dan tidak mengubah karakter suara gitar. 

Pembuatnya, Bill Finnegan, hanya membuatnya selama 4 tahun mulai dari awal tahun 1990. Ia kemudian berhenti menerima pesanan Klon Centaur karena pembuatan sirkuit efek tersebut sangat menyita waktu dan tenaganya. Bill tidak memiliki karyawan, dan membuat satu persatu Klon Centaur secara handmade. Hanya tersisa ribuan unit Klon Centaur yang ada di pasaran saat ini. 

Sudah banyak orang mencoba membuat tiruan dari efek ini, namun terbukti sulit karena setiap Klon Centaur yang Bill buat, sirkuitnya ditutupi dengan semacam epoxy sehingga tidak mudah menerka part yang digunakan. 

Bill sendiri tidak tergiur dengan tawaran uang dalam jumlah besar untuk kembali membuat Centaur. Sempat membuat efek gitar KTR yang berharga jauh lebih murah, namun lagi-lagi hype dari para gitaris membuat Centaur berharga semakin mahal. Rekor tertinggi untuk sebuah efek gitar Klon Centaur adalah 1000$ US!!!!  Sebagai perbandingan, efek stompbox baru paling mahal sekitar 200’an $ US.

Mendingan beli gitar aja deh.......




Pete Cornish
Efek buatan Inggris ini sudah terkenal sejak jaman classic rock. Pete Cornish adalah seorang pembuat efek gitar yang menjadi langganan para musisi dunia. Mulai dari Brian May hingga David Gilmour sudah merasakan efek racikan Pete Cornish. 

Daftar klien Pete amat panjang dan bisa Anda lihat di website resminya. Pete juga membuat berbagai efek custom sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Produk custom Cornish yang terkenal adalah efek yang menjadi satu dengan pedalboardnya. 

Karena kualitas pembuatan, handmade, serta sejarah panjang dengan legenda musik, efek-efek buatan Cornish berharga sekitar seribu dollar US. 





Boss Era Awal (MIJ)
 Efek stompbox buatan Boss pastinya sudah tidak asing lagi bagi cah gitaris atau basis. Tapi tidak semua efek stompbox Boss sama.  Efek stompbox Boss era awal, sekitar akhir tahun 70’an, masih buatan Jepang. Kemudian akhirnya karena demand yang semakin besar, stompbox Boss dibuat di Taiwan, namun dengan komponen yang sama.
 Tapi para gitaris berpendapat bahwa yang buatan Jepang bersuara “lebih bagus”. Entah karena nilai sejarahnya atau memang kualitasnya, hal ini tidak menghalangi para hobbyist atau musisi untuk membeli Boss Stompbox Made In Japan dengan harga yang cukup tinggi.





Dallas Rangemaster
Efek yang satu ini terkenal pada tahun 60’an, dimana musik rock berbagai genre tumbuh dan berkembang. Dallas Rangemaster adalah efek treble booster yang juga menghasilkan distorsi, dan menjadi ciri khas sound gitar di tahun tersebut. Treble booster digunakan karena pada masa itu  amplifier cenderung bersuara ‘dark’ atau mendem jika di push hingga distorsi.

Dallas Rangemaster digunakan oleh Eric Clapton ketika berada di John Mayall & The Bluesbreakers. Ritchie Blackmore juga dikenal sebagai pengguna setia efek ini. 

Sebenarnya cukup banyak clone atau tiruan Dallas Rangemaster yang berharga murah, karena desain sirkuitnya yang cukup sederhana. Namun jika Anda kebetulan menemukan satu di Ebay atau Reverb.com, dalam kondisi berfungsi dan dokumen lengkap dan berasal dari tahun 60, maka bisa mencapai 2000 hingga 2,500 dolar US!!






Mu-Tron (Musitronic)
Satu lagi perusahaan efek yang terkenal pada tahun 1960’an. Musitronic atau yang dikenal dengan Mu-Tron terkenal dengan berbagai efek phaser, flanger, dan octave. Komponen yang digunakan membuat Mu-Tron menghasilkan suara gitar dan bass menjadi seperti synthesizer, dan merupakan alasan mengapa efek ini banyak dicari. 

Pengguna efek buatan Mu-Tron yang paling terkenal adalah Jerry Garcia dari Gratfeul Dead. Basist funk Bootsy Collins juga salah satu penggemar efek-efek Mu-Tron. Mu-Tron masih membuat efek baru, namun yang jadulnya masih berharga cukup mahal, bisa mencapai 2,500 dolar US.






Dallas Arbiter Fuzz Face
Jimi Hendrix. Fuzz Face. Dua nama tersebut cukup untuk menjelaskan mengapa Fuzz Face begitu melegenda. Masih buatan Dallas juga, Fuzz Face ini terinspirasi dari kerusakan komponen ampli dan speaker gitar yang robek. Suara fuzz yang melengking ini digemari oleh para gitaris yang menginginkan sound vintage, bersama dengan Rangemaster Treble Booster. 

Kemudian tahun 90-an, Dunlop mengambil alih produksi Fuzz Face, hingga sekarang dijual dengan nama Dunlop Fuzz Face. Secara karakter suaranya tidak berbeda dengan Fuzz Face Dallas Arbiter. Dnlop menjual Fuzz Face dengan harga yang relatif terjangkau. Namun jika Kita menemukan Fuzz Face buatan Dallas Arbiter, siapkan sekitar 1,700 dollar US jika dalam kondisi baik dan masih berfungsi.
 
Berbagai efek diatas memang menarik, namun selain memiliki efek yang oke, kita juga tetap harus terus melatih kemampuan kita bermain gitar.  Dan satu lagi, efek-efek diatas bisa saja ternyata tidak sesuai dengan selera atau karakter Anda dalam bermusik. Jika memang berniat membeli salah satu efek diatas, setidaknya kita harus mencobanya dengan gitar dan peralatan yang kita punya. Efek paling murah pun bisa menghasilkan sound terbaik yang Anda inginkan, selama kita dapat mencoba dan mendapatkan setting yang baik. 

Demikianlah artikel kita tentang 7 Efek Gitar Termahal Di Dunia. Nantikan terus berbagai artikel menarik tentang musik hanya di Guitarsquartz.


0 comments: