Cabinet Simulator Dan Fungsinya Untuk Live Serta Recording

Leave a Comment
Guitarsquartz.net – Pernah mencoba mencolokkan efek distorsi atau efek apapun langsung ke mixer (direct)? Lalu bagaimana suaranya? Pasti terdengar tajam, tidak enak didengar dan seperti bukan suara gitar. Padahal dipanggung tidak ada ampli, dan penampilan harus tetap jalan terus. Untuk situasi seperti ini kita membutuhkan sebuah cabinet simulator. Dari namanya saja sudah diketahui jika cabinet simulator atau juga dikenal dengan cabsim ini fungsinya sebagai pengganti speaker kabinet gitar. 

Cabinet Simulator by SOFX, Bandung
Mengapa kita membutuhkan cabinet simulator?
Karena meniru jalur sinyal dari gitar sampai ke telinga kita. Ingat-ingat saat berlatih di studio,  kita masuk ke ruangan tempat berlatih, mengeluarkan gitar, dari gitar dicolok ke efek, dari efek ke amplifer, lalu suara keluar tentu saja melalui speaker. Bila kita main di panggung tanpa ampli, hanya dengan membawa efek lalu langsung colok ke mixer suaranya pasti tidak seenak pakai amplifier dengan speaker. Karena itulah kita membutuhkan cabinet simulator agar suara gitar kita menjadi lebih enak didengar.

Cara Menggunakan cabinet simulator
Cabinet simulator selalu diletakkan paling belakang dari seluruh rangkaian efek kita. Lalu output dari cabinet simulator bisa kita colokkan langsung ke input mixer. Kita tinggal menyesuaikan setting pada cabinet simulator sound sesuai dengan kebutuhan kita. Perhatikan perbedaannya, suara gitar kita akan terdengar lebih realistis dan tidak terlalu kasar seperti saat mencolok efek langsung ke mixer.

Knob Pada Cabinet simulator
Cabinet simulator tidak sama antara satu dengan yang lainnya. Cabinet simulator paling sederhana hanya terdiri dari satu knob saja atau kadang hanya switch on off saja. Semakin banyak knob kontrol nya maka kita bisa lebih detail dalam mengatur keluaran sound. Ada juga yang berlabel Top, Sharpness, Bottom, Punch dan lain-lain yang bisa berbeda fungsinya tergantung dari pabrikan pembuatnya.

Selain berguna untuk situasi live tanpa amplifier, cabinet simulator juga berguna untuk kebutuhan recording lho. Khususnya bila kita sedang tidak memiliki software untuk sound amplifier dan speaker.


Cara Menggunakan Cabinet Simulator Untuk Recording

Mirip dengan kita menggunakan cabinet simulator untuk live, nah dari output cabinet simulator masuk ke interface atau soundcard. Dengan begini kita mendapatkan simulasi speaker gitar tanpa harus mengutak-utik software rekaman kita.

Output Cabinet Simulator

Cabinet simulator memiliki jeni output yang berbeda-beda. Paling umum adalah output ¼ inci yang biasanya kita gunakan untuk gitar atau input amplifier. Ada juga yang memiliki output ¼ inci stereo, XLR jack, atau headphone output. Karena itu perhatikan output yang kita gunakan, apakah sesuai dengan cabinet simulator kita.

Cabinet Simulator Dengan Ampli?

Memang tidak ada salahnya jika kita mencolok cabinet simulator ke input ampli, namun jika suaranya menjadi kurang bagus maka jangan diteruskan hehehe. Cabinet simulator sebaiknya digunakan untuk kebutuhan direct ke mixer atau recording saja. Tapi jika ternyata menggunakan cabinet simulator membuat sound gitar menjadi lebih bagus, maka sah-sah saja.

Berbagai Merk Cabinet Simulator
Ada banyak cabinet simulator dari berbagai merk. Biasanya cabinet simulator dibuat juga oleh merk amplifier atau akesoris musik tertentu, misalnya Mesa Boogie. Di bawah ini adalah berbagai merk cabinet simulator terbaik yang bisa kita beli dan dapatkan dengan mudah :
·         Mesa Boogie Cab Clone
·         GFI System Cabzeus
·         Hughes & Kettner Redbox
·         A/DA GCS-3 Guitar Cabinet Simulator
·         Suhr ACE
·         AMT Electronics CN – 1
·         Radial JDX Direct Drive

Bila ternyata kita memiliki budget terbatas, maka bisa bertanya kepada pengrajin efek lokal untuk membuat cabinet simulator dengan harga yang masih terjangkau namun dengan kualitas yang tidak kalah dengan buatan luar negeri. Tergantung dari material casing serta fiturnya, cabinet simulator lokal bisa berharga 350-700 ribu Rupiah. Sekian dulu artikel tentang Cabinet Simulator ini. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya tentang musik hanya di Guitarsquartz.net.


0 comments: