Memahami Scale Length Pada Bass dan Gitar

Leave a Comment
Guitarsquartz.net-Saat kita pertama kali membeli gitar atau bass dan melihat manualnya, mungkin kita pernah membaca kata kata ‘scale length’. Apakah yang dimaksud dengan scale length serta pengaruhnya pada gitar atau bass kita?


Apakah Scale Length?
Secara sederhana, scale length merupakan perkiraan jarak senar dari  nut hingga bridge. Scale length biasanya dinyatakan dalam satuan inci. Penjelasan lain untuk scale length adalah panjang senar yang bergetar untuk menghasilkan suara.

Scale Length Pada Gitar dan Bass
Berbagai instrumen bersenar memiliki scale length yang berbeda-beda. Khusus untuk gitar dan bass, ada beberapa istilah tentang ukuran scale length yang perlu kita ketahui.

  • Scale Length Gitar
Dunia gitar didominasi oleh dua merek besar, yaitu Fender dan Gibson. Fender memiliki scale length 25,5 inci dan Gibson 24,75 inci. Sehingga orang kadang menyebutnya ‘Fender scale length’ atau ‘Gibson scale length’. Namun selain kedua scale length diatas, ada juga sebutan ‘short scale’ untuk gitar dengan scale length yang lebih pendek daripada Gibson. Contohnya adalah Fender Mustang atau Duo- Sonic dengan scale length 24 inci. 

Selain itu ada juga jenis gitar baritone, yaitu gitar yang didesain khusus untuk tuning rendah. Gitar baritone biasanya memiliki scale length mulai dari 26 inci ke atas. Contohnya adalah Ibanez RGD.

  • Scale Length Bass
Bass memiliki beberapa istilah untuk scale length. Beberapa diantaranya adalah long scale, medium scale, serta super long scale/extra long scale. 

Long scale adalah scale length yang paling sering digunakan untuk bass, yaitu 34 inci. Contoh bass yang menggunakan long scale adalah Fender Jazz Bass dan Precision, Gibson Thunderbird, dan sebagian besar bass yang kita temukan di toko musik. 

Medium scale memiliki scale length 32 inci, cukup jarang ditemukan kecuali untuk merek tertentu atau bass custom. Contoh bass dengan scale length 32 inci adalah Fender Stu Hamm Urge Bass atau Ibanez GAXB150. 

Kemudian short scale. Bass dengan scale length ini contohnya adalah Fender Mustang Bass atau Epiphone EB-0. Salah satu bass short scale paling terkenal adalah Hofner Violin Bass yang digunakan Paul McCartney. 

Terakhir adalah extra long scale/ super long scale. Bass dengan scale length ini contohnya adalah Ibanez BTB atau bass-bass buatan MTD. 


Cara Mencari Scale Length Pada Gitar Dan Bass 
Caranya cukup mudah. Ambil meteran atau penggaris panjang, ukurlah mulai dari nut hingga ke saddle gitar/bass. Dari situ kita dapat mengetahui perkiraan scale length gitar atau bass tersebut. 



Pengaruh Scale Length Pada Suara Bass Dan Gitar?
Ok, disini saya berusaha untuk tidak terlalu memperdebatkan suara yang dihasilkan scale length tertentu, karena ada banyak faktor yang mempengaruhi suara gitar dan bass, mulai dari kayu serta elektronik yang terpasang, serta signal chain dari gitar/bass ke amplifier. Pastinya memang ada pengaruh sebuah scale length pada suara gitar, tapi jujur saya masih harus banyak belajar untuk itu. 

Yang jelas, pengaruh sebuah scale length adalah pada tension atau tegangan senar, serta jangkauan jari kita. Instrumen dengan scale length panjang berarti memiliki jarak fret yang juga lebih jauh daripada instrumen yang memiliki scale length lebih pendek. Contohnya adalah bass Ibanez BTB serta Hofner Violin.


Bagaimana Dengan Multi-Scale Atau Fan Fret?
Multi-scale memiliki scale length yang berbeda untuk setiap senar, biasanya senar dengan tuning tertinggi memiliki scale length yang lebih pendek, kemudian secara prgresif senar dengan tuning paling rendah biasanya memiliki scale length yang lebih panjang. 

Tujuan digunakannya multiscale adalah untuk menyeimbangkan tension senar, sehingga lebih mudah dimainkan dan setiap senar memiliki artikulasi yang lebih jelas. Untuk lebih jelasnya bisa membaca artikel MengenalFan Fret Pada Gitar dan Bass.


Memilih Scale Length Yang Tepat
Jangkauan fret yang  jauh pada gitar dengan scale length panjang mungkin akan membuat player berjari tangan kecil kesulitan ketika stretch fingering. Sebaliknya player dengan tangan yang besar mungkin lebih suka dengan scale length panjang karena pas di tangan. Scale length yang panjang juga akan memiliki tension atau tegangan senar yang lebih besar, cocok bila Anda adalah player yang memetik senar dengan keras.

Selebihanya tidak ada aturan khusus soal memilih scale length yang tepat. Jika Anda menemukan sebuah gitar yang enak dimainkan, terlepas dari scale length-nya, maka tidak ada masalah.

Demikian artikel tentang memahami scale length pada bass dan gitar, semoga dapat menambah pengetahuan Anda. Nantikan terus berbagai artikel menarik tentang musik hanya di Guitarsquartz.


0 comments: