IBX5981FE7FCD958 Alat Untuk Menjadikan Laptop/Komputer Sebagai Efek Dan Amplifier

Alat Untuk Menjadikan Laptop/Komputer Sebagai Efek Dan Amplifier

Guitarsquartz.net  - Dulu sempat diramalkan jika dalam beberapa tahun ke depan, efek serta sound gitar akan berbasis software. Saat ini di tahun 2019, semua itu bukan ramalan lagi. Ada berbagai software serta plugin dengan kualitas suara yang cukup mendekati peralatan analog.

Karena itu sangat memungkinkan menggunakan laptop atau komputer sebagai gear gitar dan bass, menggantikan amplifier dan efek konvensional. Beberapa keuntungan menggunakan laptop atau komputer sebagai peralatan utama adalah :

  • Sound Yang Tidak Terbatas. Menggunakan komputer atau laptop serta DAW (Digital Audio Workstation, software untuk rekaman dan mengolah audio seperti FL, Cubase, ProTools, dll) memungkinkan kita menggunakan ratusan plugin berbeda. 
  • Memungkinkan Automasi. Rata-rata DAW sudah memiliki fitur 'automation'. Fitur ini berguna untuk menyalakan atau mematikan efek atau plugin lain tanpa perlu footswitch. 
  • MIDI. Koneksi MIDI memungkinkan untuk berkomunikasi dengan perangkat lain yang menggunakan bahasa MIDI seperti synth, loop, hingga software seperti Ableton. 
Ada kelebihan tentu ada kekurangan. Seperti kita tahu, baik laptop, komputer ataupun smartphone kebanyakan tidak didesain untuk tahan guncangan dan getaran keras, seperti yang mungkin dialami pada situasi panggung. Itu satu masalah, tetapi selama kita mampu menjaga dan berhati-hati dengan peralatan kita maka seharusnya tidak ada masalah. Beberapa kekurangan lainnya adalah :

  • CPU. Dengan laptop kita bisa menggunakan banyak efek dan plugin, namun tentu beban CPU pun bertambah. Beberapa program atau DAW juga kadang memberi beban lebih pada prosesor komputer dalam mode 'live'. Banyak efek atau plugin berat akan mengurangi kecepatan dan kejernihan DAW. 
  • Membutuhkan Casing Khusus. Membawa laptop begitu saja untuk mengganti efek dan amplifier tidak aman, Kita harus membuat case khusus untuk menaruh laptop dan beberapa perangkat pendukung lainnya.
  • Crash. Mimpi terburuk penampil terutama musisi yang menggunakan laptop sebagai efek dan amplifier adalah software yang crash atau berhenti berfungsi. Karena itu perhatikan dengan teliti setiap plugin dan software yang kita gunakan agar tidak terlalu membebani prosesor laptop/komputer/smartphone kita. 

Baca Juga :
7 Plugin Gratis Terbaik Untuk Rekaman!!
Rahasia Membuat Sound Bass Metal/Rock Dengan DAW!!!

Laptop/Komputer + Audio Interface?

Kita sempat membahas tentang membuat cover lagu akustik pada artikel sebelumnya. Menggunakan laptop atau komputer plus soundcard saat rekaman bukan hal yang aneh lagi. Namun menggunakan setting tersebut untuk live bisa cukup merepotkan. Memang masih bisa, tapi akan menimbulkan kerepotan tersendiri...

Namun beberapa alat di bawah ini bisa mengurangi kerumitan setting dan perkabelan, sehingga manggung dan rekaman bisa sedikit lebih sederhana. 

Kira-kira alat apa saja agar laptop dan komputer kita bisa menggantikan sebuah amplifier dan efek? Mari kita lihat beberapa alat yang bisa menjadikan laptop dan komputer kita menjadi sebuah rig lengkap, efek dan amplifier!


Orange OMEC Teleport


Perangkat ini hanya sebesar efek ukuran 1590a (sebesar efek Mooer), namun bisa dijadikan penghubung antara gitar dan laptop atau komputer kita. Dari gitar masuk ke input, kemudian USB kita hubungkan ke input USB, dan kita setting sebagai input dan output  utama pada DAW/ vst host/ software lainnya. Kemudian outputnya kita bisa hubungkan ke mixer ataupun amplifier, Bisa juga sebagai bagian dari pedalboard bersama dengan efek konvensional lain. 

Kelebihan Orange Teleport ini adalah adanya footswitch untuk bypass, sehingga untuk bypass tidak perlu dari laptop. Untuk menghubungkan laptop dengan pedalboard dan efek konvensional, atau sebagai perangkat untuk mengganti seluruh alat kita, Orange OMEC Teleport adalah solusi yang sederhana dan ringkas. 

Sayangnya alat ini masih membutuhkan daya 9 volt dari power supply efek. 


XTONE 


Selain AD/DA converter, XTONE sudah memiliki footswitch yang bisa digunakan untuk mengganti preset atau control change pada DAW/software musik atau aplikasi efek dengan  MIDI melalui USB. Sudah ada juga headphone output, XLR out, serta expression pedal input.  

Berbeda dengan Orange OMEC, XTONE lebih lengkap dari segi fitur. XTONE juga mengklaim memiliki resolusi tinggi yang menjamin suara instrumen tetap bersih dan jelas. Meskipun memiliki colokan 9v, XTONE dapat menggunakan power dari USB. XTONE komptaibel dengan Windows, iOS, Mac, dan beberapa gadget Android. 


Tone Shifter Mega



TS Mega memiliki fitur paling lengkap dari ke alat ini. 8 footswitch untuk preset serta MIDI, headphone output, mic input, serta MIDI in dan out. TS Mega juga kompatibel dengan hampir semua sistem operasi. 

Bisa juga dijadikan controller untuk aplikasi JamUp dan  Bias FX, serta sebagai controller untuk Axe FX, Kemper, Atomic Amps dan juga beberapa settingan custom control untuk perangkat lainnya. 
TS Mega memiliki fitur unik, yaitu sebuah slot untuk meletakkan smartphone atau tablet, jadi sambil mengontrol app atau DAW kita bisa memantau di layar gadget. 

Rekomendasi Software Dan Aplikasi

Untuk kestabilan serta kualitas suara, aplikasi dan plugin buatan Positive Grid dan IK Multimedia sudah menjadi semacam standar industri. Tersedia di berbagai platform, mulai dari aplikasi hingga VST plugin dan plugin untuk ProTools dan DAW lainnya. 

Jadi dengan memiliki laptop/komputer/smartphone, kita sudah bisa membuat alat yang cukup untuk latihan, rekaman, hingga tampil di panggung. Selamat bereksperimen!!
Sampai disini dulu artikelnya, nantikan terus berbagai artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz!