Rahasia Membuat Sound Bass Metal/Rock Dengan DAW!!!

Leave a Comment
Guitarsquartz.net-Kemajuan teknologi ikut juga mempengaruhi dunia musik. Kini musisi dan hobbyist musik memiliki jauh lebih banyak pilihan. Banyak berbagai peralatan baru untuk memenuhi kebutuhan pemain gitar dan bass. Salah satu kemajuan tersebut ada di ranah digital.

Kini dengan hanya berbekal sebuah soundcard/interface dan sebuah DAW, maka kita bisa menghasilkan sound bass bagus dengan cukup mudah.

DAW atau digital audio workstation adalah software yang biasa digunakan untuk merekam maupun membuat musik, contohnya Fruity Loop, Garage Band, dan masih banyak lagi. Dengan software tersebut kita memiliki banyak pilihan untuk suara gitar dan bass. Kali ini kita akan membahas tentang sound bass, khususnya metal dan rock.

Mari kita mulai!!

1.Masukan Kabel Dari Bass Ke Soundcard Atau...
Kabel dari bass masuk ke input instrumen atau Hi-Z soundcard .... Bahkan jika tidak memiliki soundcard sama sekali, bisa melihat tutorial rekaman tanpa soundcard. Kemudian..


2. Buka Software Rekaman Atau DAW 
Artikel kali ini saya menggunakan DAW Reaper.




3. Masukan Track Baru Untuk Merekam




4. Masukan Track Baru Dan Tekan 'Record Armed'
Namun hati-hati, jika track sudah aktif namun kita belum memasukan kabel gitar atau bass akan ada noise keras yang mengganggu. Pastikan semua kabel sudah terpasang sebelum kita menyalakan sebuah track.


5. Rekam Bass Line Sederhana
 Rekamlah sebuah bass line yang simple saja, karena kita akan mencari settingan untuk sound bass metal/rock, tidak perlu terlalu perfect mainnya. Sedikit tips, bila output sound terdengar kasar atau terdistorsi, maka kecilkan volume di bass terutama jika bass kita aktif.


6. Rahasia Membuat Sound Bass Metal Atau Rock
Dalam membuat sound bass yang keren untuk metal, rock atau musik keras, intinya adalah membagi sinyal tadi menjadi dua track, satu untuk low dan satu lagi untuk high.  Track low tetap clean tanpa efek untuk menjaga definisi not, kemudian track high diberi sedikit efek distorsi.

Pertama-tama kita copy dulu track bass yang sudah kita rekam sebelumnya.

Cara copy nya tinggal klik kanan lalu pilih 'copy items'

Lalu agar mudah mengerjakan setiap track bisa kita beri warna atau nama yang berbeda, misalnya 'clean low' dan 'dist high'. Nama nya sendiri terserah kita saja.



Setelah itu track distorsi bisa kita tambahkan plugin simulator amplifier. Disini saya menggunakan Amplifikation Lite buatan Kuassa. Plugin ini sangat rekomen untuk yang baru belajar merekam, selain suaranya yang oke, plugin ini juga gratis heheheh. Tentunya kita bisa menggunakan simulator amplifier apa saja. 






Langkah selanjutnya adalah menggunakan EQ, untuk memotong sedikit frekuensi high dan low, sehingga tersisa frekuensi mid nya saja.

Cukup gunakan EQ bawaan DAW. EQ di Reaper ini ReaEQ (Cockos) ditandai dengan no 1 sampai 4. Seperti biasa, paling kiri frekuensi rendah dan kanan frekuensi yang lebih tinggi. Pada no 1 kita gunakan preset high pass, sedangkan di no 4 gunakan low pass. Berapa frekuensi yang pas, saya sendiri mencarinya dengan mencoba hingga mendapatkan suara yang saya inginkan.  

 Di Amplifikation nya kita setting eq nya, dengan memotong habis bassnya, middle bisa posisi jam 12 atau disesuaikan kebutuhan, sedangkan treble dan presence sebaiknya tidak terlalu banyak agar tidak membuat suara distorsi terlalu tajam.



Beres dengan track Dist Hi, sekarang kita urus yang Clean Low. Karena tadi sudah menyisakan frekuensi midrange di track Dist Hi, sekarang kita harus memotong frekuensi midrange di track clean ini. Kira-kira seperti ini. 





Sekali lagi untuk frekuensi tepatnya saya hanya mengandalkan trial and error sampai ketemu dengan suara yang paling oke. Bisa kita lihat juga saya menambahkan compressor untuk menjaga frekuensi low agar tidak terlalu mendominasi.Compressor ini mengandalkan preset yang sudah ada.


 Terakhir, kita tinggal mengatur level kedua track tersebut. Biasanya track distorsi sedikit lebih rendah levelnya dibanding track clean. Kita juga dapat mengatur eq lebih lanjut jika diperlukan. 

Langkah selanjutnya tinggal memasukan file lagu untuk membuat cover atau rekaman dengan memasukan instrumen lainnya. Selamat bereksperimen!!!

Baca juga berbagai artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz!!! See u in the next article!!


0 comments: