Memahami IR (Impulse Response) Untuk Recording Dan Live!

Leave a Comment
Guitarsquartz.net- IR atau impulse response adalah teknologi terbaru yang semakin memudahkan gitaris atau bassist dalam mencari dan menemukan tone yang mantap. IR akan membuat sound gitar dan bass semakin realistis dan tajam, baik untuk rekaman atau tampil live.

Apa Itu IR (Impulse Response)?
IR, secara singkat adalah sebuah simulasi sebuah speaker kabinet. Namun bukan dalam sirkuit analog, melainkan dalam file digital. Tapi IR tidak sesederhana simulasi kabinet saja, karena didalam sebuah IR tersimpan informasi tidak hanya kabinet, tapi juga ruangan serta pantulan suara yang masuk kembali ke dalam speaker kabinet.

IR dikemas berupa file audio digital (.wav) yang mengandung simulasi kabinet serta ruangan, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.
contoh file IR

Menggunakan IR Dalam Recording
IR ditempatkan setelah simulator amplifier dalam  urutan plugin. IR akan membuat suara clean maupun overdrive menjadi lebih realistis dan tidak sekasar sound direct yang sering kita rasakan jika recording direct ke komputer atau laptop.
Penempatan IR Loader pada software rekaman

Agar bisa menggunakan IR, kita harus menggunakan IR loader terlebih dahulu. Banyak IR loader yang bisa kita download gratis dari internet.

Beberapa simulator amplifier seperti Kuassa Amplifikation Lite sudah memiliki built in IR loader didalamnya, sehingga kita tidak perlu menggunakan IR loader lagi.



Menggunakan IR Untuk Situasi Live
IR juga bisa digunakan untuk sound direct gitar dan bass agar tidak terlalu steril dan kering. Kita harus menggunakan IR loader dalam bentuk stompbox. Contohnya adalah Mooer Radar, Two Notes Torpedo C. A. B. , atau AMT Pangea.



Kelebihan Dan Kekurangan IR Dibanding Cabinet Simulator Analog

Kelebihan
Impulse Response memiliki beberapa kelebihan dibandingkan cabinet simulator analog dalam bentuk pedal atau stompbox. Diantaranya adalah kita mendapatkan simulasi akurat tidak hanya speaker namun juga posisi mike serta ruangan dengan lebih akurat dan tajam.

Kini banyak perusahaan audio juga mengkhususkan diri dalam membuat IR yang berkualitas. Namun banyak juga IR yang bisa kita download gratis, asal rajin mencari di internet hehe. Dengan banyaknya impulse response yang tersedia, kita bisa memilih berbagai IR untuk berbagai lagu yang berbeda atau bahkan IR yang berbeda untuk setiap part lagu.

Kekurangan
Kekurangan IR atau impulse response, terutama untuk live dengan penggunaan stompbox IR loader,  adalah adanya sedikit delay atau pengurangan kualitas suara. Beberapa IR memiliki resolusi besar yang membutuhkan lebih banyak processing dan mungkin saja dapat mengurangi keakuratan impluse response yang kita gunakan. Namun selama kita memasukkan IR yang sesuai dengan spesifikasi IR loader maka tidak akan ada masalah.

Karena suara yang dihasilkan IR sedikit lebih tajam dan jelas, ada juga yang kurang menyukai penggunaan IR untuk live karena suaranya kurang 'vintage', dan lebih memilih menggunakan cabinet simulator seperti Palmer atau Radial Engineering JDX Direct Drive  Hal ini sebenarnya hanya masalah taste dan selera saja.


Demikian artikel kita tentang Memahami IR (Impulse Response) Untuk Recording Dan Live, semoga dapat menambah pengetahuan kita tentang IR dan penggunaannya baik untuk recording maupun tampil live. Nantikan terus berbagai artikel menarik lainnya hanya di Guitarsquartz.

0 comments: