IBX5981FE7FCD958 Tips Dan Trik Membuat Cover Lagu Akustik Paling Mudah

Tips Dan Trik Membuat Cover Lagu Akustik Paling Mudah

Guitarsquartz.net - Cover lagu sekarang sangat mudah dilakukan. Hanya dengan kamera video serta skill bermusik kita, kini sudah bisa membuat sendiri video cover lagu akustik untuk di unggah ke berbagai media sosial pilihan kita.

unsplash-logoNick Karvounis
Berbagai alat dan software pendukung pun tersedia dalam banyak variasi. Ragam alat musik dan aksesorisnya kini sudah banyak tersedia di berbagai toko fisik maupun online. Namun dengan berbagai macam pilihan alat, manakah yang harus kita gunakan untuk membuat cover lagu akustik?

Mari kita lihat apa saja yang harus kita siapkan dan apa saja trik untuk membuat cover lagu akustik dengan cara yang paling mudah dan sederhana.

Baca Juga
5 Peralatan Yang Dibutuhkan Saat Membuat Cover Lagu

Soundcard/Audio Interface. Soundcard atau audio interface adalah alat perantara antara software rekaman, laptop/komputer, dengan alat musik Anda. Kini sudah banyak soundcard atau audio interface yang dijual dengan harga dibawah satu juta Rupiah dan memiliki kualitas yang baik. Kita bisa memilih buatan Behringer, ISK, atau merek lainnya.

Disarankan untuk memilih soundcard/audio interface yang memiliki minimal 2 input, sehingga kita bisa merekam 2 jalur audio sekaligus (gitar dan vokal).

Kamera. Action cam atau kamera video handycam bisa kita gunakan. Untuk handycam atau kamera perekam dengan mic yang baik bisa menangkap detail suara vokal dan gitar dengan cukup jelas. Action cam sebaliknya bisa jadi memiliki mic yang kurang sensitif untuk vokal gitar.

Kabel Instrumen Dan Mic. Kabel diusahakan minimal yang berspek low capacitance. Karena berpengaruh dalam hasil rekaman yang lebih bersih. Pastikan juga kabel memiliki shielding yang baik untuk menangkal noise. Informasi mengenai spek kabel instrumen bisa kita lihat pada label yang tertera pada produk pembungkus kabel tersebut.

Usahakan kabel ini terpisah dan khusus untuk keperluan merekam saja, tidak untuk digunakan live atau panggung.

Kabel microphone juga disarankan untuk yang sudah memiliki shielding dan berkualitas baik. Jika ragu kita dapat membandingkan 2 atau lebih merek kabel untuk akhirnya memutuskan mana yang akan kita gunakan untuk recording.

Microphone. Microphone diusahakan menggunakan yang berkualitas. Untuk yang satu ini kita harus membandingkan atau mendengarkan beberapa review di internet atau Youtube, untuk mencari yang harganya terjangkau dan bersuara jernih, terutama untuk vokal.

Bisa juga kita membeli micropohone untuk gitar akustik, bila gitar yang kita punya belum memiliki preamp atau pickup akustik.

Software Rekaman. Sekarang sudah banyak software rekaman gratis atau berbayar untuk keperluan rekaman di laptop atau komputer. Dari yang gratis seperti Audacity atau Reaper (tersedia juga versi berbayar dengan harga terjangkau untuk fitur lebih lengkap), dan beberapa software rekaman lain juga umumnya menyediakan versi trial yang bisa kita coba.

Laptop/Komputer/Gadget. Kita bisa menggunakan laptop/komputer/ atau smartphone untuk merekam dan juga sebagai host untuk software rekaman kita. Pastikan agar segala software yang kita gunakan untuk rekaman sesuai dengan spek gadget yang kita punya.

Gitar Akustik/Ukulele/Instrumen Lainnya. Usahakan menggunakan instrumen akustik yang sudah dilengkapi dengan preamp dan pickup internal. Untuk gitar akustik tanpa pickup dan preamp bisa menggunakan pickup tempel atau pickup eksternal. Pastikan senar gitar masih dalam keadaan fresh dan masih nyaring serta jernih.


Tips Dan Trik Merekam Vokal Dan Gitar Untuk Cover Lagu Akustik

Hanya Menggunakan Kamera/Smartphone Saja. Jika kita memiliki kamera video atau smartphone dengan microphone internal yang bagus, maka hanya dengan itu saja kita sudah bisa membuat video cover lagu akustik. Tapi merekam dengan dua sumber terpisah lebih disarankan untuk hasil suara yang lebih jernih.

Kamera Video + Laptop Dan Soundcard. Kamera hanya merekam video saja, sedangkan suara kita rekam ke laptop atau komputer. Membutuhkan sedikit editing tapi kita bisa mendapatkan suara yang lebih jelas dan bisa di edit nantinya.

Merekam Gitar Dari Pickup Dan Todong Microphone. Untuk menangkap suara gitar sesungguhnya, selain dari pickup gitar kita bisa menggunakan microphone untuk mengambil suara gitar. Semakin bagus microphone yang kita gunakan semakin bagus pula suara gitar yang kita dapatkan. Memang trik ini cukup mewah untuk recording cover lagu sederhana, tapi jika Anda memiliki budget serta waktu, mengapa tidak?

Gunakan Suara Dari Microphone Internal Kamera. Selain suara vokal dan gitar yang masuk ke ssoundcard, kita bisa menambahkan sumber suara ketiga dari microphone kamera atau smartphone. Tujuannya untuk menambah gema alami ruangan. Cara ini bisa kita gunakan untuk ruang yang memiliki gema atau reverb alami yang bagus. Jadi nanti rekaman gitar akan semakin lebar dan kaya hasilnya.

Editing Video. Untuk video sendiri sebaiknya sederhana saja, karena fokus kita pada musiknya. Namun tentu tetap memperhatikan estetika serta kaidah fotografi dan videografi. Saya sendiri meminta tolong pada teman atau jasa edit video agar hasilnya lebih maksimal.

Editing Suara. Kita harus menguasai setidaknya software yang kita gunakan dan laptop atau komputer yang kita pakai. Sebaiknya tidak terlalu over edit, agar kita bisa mengasah dan mengeksplor kemampuan bermusik kita hehe.

Kita bisa saja menambahkan beberapa efek ringan seperti kompresi atau sedikit reverb. Biasanya efek-efek ini sudah ada di dalam bawaan software rekaman yang kita gunakan. Cukup gunakan preset yang ada saja, tidak perlu terlalu jauh.

Ok, sampai disini saja dulu artikel tentang tips dan trik cover lagu akustik, sampai bertemu lagi diartikel selanjutnya. Dan selamat tahun baru 2019!!!